...
cara mengatasi kekenyangan
5-min read

10 Cara Mengatasi Kekenyangan yang Ampuh, Apa Saja?

cara mengatasi kekenyangan

Ternyata begini cara mengatasi kekenyangan yang dijamin betul dan ampuh.

Apakah kamu pernah merasa kekenyangan yang luar biasa setelah makan besar? Pasti semua orang pernah mengalaminya. Untuk itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kekenyangan yang benar dan baik agar perut tidak berontak.

Konsumsi makanan yang berlebihan tidak hanya membuat kamu kekenyangan, tetapi juga dapat menyebabkan mual dan kembung serta meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan stroke. Maka dari itu, mulai dari sekarang kamu harus bisa mengontrol pola makan kamu, tuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, yuk, simak informasinya di bawah ini hingga selesai. Dijamin informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Info wajib baca: Kenali Pergaulan Tidak Sehat yang Wajib Kamu Ketahui, Para Orang Tua Harus Tahu

Cara Mengatasi Kekenyangan setelah Makan

Salah satu cara untuk mengatasi kekenyangan adalah sadar diri dulu bahwa kamu telah makan terlalu banyak. Selain itu, diperlukan tindakan tertentu untuk membantu sistem pencernaan kamu bekerja lebih baik dalam mengolah makananmu dengan lebih baik.

Nah, berikut ini ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan:

1. Berjalan santai

cara mengatasi kekenyangan
Source: Alodokter

Berjalan santai adalah salah satu cara mengatasi kekenyangan. Ini dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik, mengurangi gas dalam perut, dan mengontrol gula darah.

Namun, jangan jalan terlalu jauh, ya. Soalnya darah akan mengalir ke kaki, bukan ke lambung, di mana hal itu justru dapat memperlambat pencernaan pada makanan.

2. Cara mengatasi kekenyangan: Jangan berbaring

Setelah makan, kamu mungkin merasa ngantuk dan ingin berbaring atau tidur karena merasa kekenyangan. Ini mungkin tampak menyenangkan, tetapi berbaring setelah makan justru akan memperlambat pencernaan kamu.

Selain itu, berbaring saat kekenyangan juga dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Karena itu, tetaplah duduk tegak sampai makanan kamu masuk ke perut dan diproses.

3. Melonggarkan pakaian

cara mengatasi kekenyangan
Source: Bhinneka

Ketika kenyang, kamu mungkin mengalami perut kembung dan rasa sangat penuh di perut. Nah, untuk mengatasinya, kamu dapat melonggarkan ikat pinggang dan membuka kancing celana atau pakaian yang menekan perutmu.

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan rasa kembung karena membatasi pergerakan gas di perut dan menghambat proses pencernaan makanan. Oleh karena itu, pakaian yang lebih longgar akan membantu kamu merasa lebih nyaman dan tidak kembung.

4. Minum air putih

Salah satu cara untuk mengatasi kekenyangan adalah dengan minum air putih secara perlahan. Untuk mencegah sembelit dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air putih juga dapat membantu tubuh mengeluarkan garam yang berlebihan dari makanan.

5. Cara mengatasi kekenyangan: Konsumsi yoghurt

Mengonsumsi yoghurt atau makanan yang mengandung probiotik lainnya adalah cara selanjutnya untuk mengatasi kekenyangan. Konsumsi makanan probiotik dapat membantu pencernaan kamu bekerja lebih baik, meredakan mulas setelah makan berlebihan, dan mengurangi jumlah gas dalam perut.

Info wajib baca: 7 Tempat Destinasi Wisata Temanggung yang Lagi Hits, Wajib Kunjungi Pas Liburan

6. Minum teh herbal

cara mengatasi kekenyangan
Source: Antaranews.com

Salah satu cara untuk mengatasi kekenyangan adalah dengan minum teh herbal seperti peppermint, chamomile, dan jahe. Ini karena jenis teh tersebut dapat membantu sistem pencernaan kamu dalam mengolah makanan dengan lebih baik, mengurangi gas, dan meredakan kembung. Namun, reaksi setiap orang berbeda-beda terhadap teh herbal ini, ya.

7. Konsumsi antasida

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan antasida yang dijual bebas untuk mengurangi gejala kekenyangan, seperti rasa terbakar di dada dan perut, perut penuh, dan kembung. Antasida dapat membantu mengatasi perut begah dan masalah pencernaan yang terkait dengan masalah kekenyangan.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet kunyah dan cair. Kamu juga dapat mengambil antasida hanya satu jam setelah makan, tetapi ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan, tuh.

8. Lakukan pijatan

Pijatan pada perut dari kiri ke kanan dapat membantu pencernaan lebih baik, ini dapat mengurangi kembung secara efektif. Caranya: usap ke atas dari pangkal perut ke arah tulang rusuk dengan tangan secara merata, lalu letakkan telapak tangan di punggung dan gerakkan tangan turun ke depan melewati pinggul, lalu ke sisi panggul, dan menuju selangkangan.

9. Cara mengatasi kekenyangan: Pakai kantung air panas

Kantung air panas dapat membuat perut terasa hangat. Kamu juga dapat menggunakan bantalan pemanas microwave untuk meredakannya. Efek panas ini dapat membantu otot-otot di usus relaks dan selanjutnya memungkinkan gas yang terperangkap tadi ke luar dari usus.

10. Hindari menelan udara

Udara di dalam perut berasal dari dua sumber. Pertama adalah gas yang diproduksi oleh bakteri di usus, sementara gas kedua adalah udara tertelan saat kamu makan atau minum, misalnya ketika mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti soda.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara mengatasi kekenyangan yang baik dan benar. Gimana, apakah kamu sudah pernah melakukan cara-cara yang di atas? Yuk, coba kasih tahu di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare