...
makanan terbuat dari kedelai
5-min read

15 Makanan yang Terbuat dari Kedelai, Enak dan Sehat

makanan terbuat dari kedelai

Makanan dari kedelai yang bisa kamu konsumsi!

Kedelai telah menjadi salah satu makanan yang populer di berbagai belahan dunia. Nggak hanya enak, tapi juga kaya akan nutrisi dan mengandung protein nabati yang tinggi.

Jenis kacang-kacangan ini telah menjadi bahan makanan utama bagi jutaan orang yang mengikuti diet vegetarian atau vegan. Selain itu, produk kedelai juga diminati oleh orang-orang yang ingin mengganti sumber protein hewani dengan pilihan yang lebih sehat.

Ragam Makanan yang Terbuat dari Kedelai

Source: Unsplash.com

Yuk, nikmai kelezatan dan manfaat kesehatan dari kedelai! Berikut ini berbagai ragam makanan yang terbuat dari kedelai yang bisa kamu nikmati untuk meningkatkan kesehatan dan kelezatan hidangan kamu.

Info wajib baca: Pedas Menggoda! Ini 6 Makanan Khas Lombok yang Bikin Nagih

1. Makanan yang terbuat dari kedelai, tahu

Tahu, atau sering juga disebut sebagai tofu, adalah produk kedelai yang paling terkenal. Proses pembuatannya melibatkan penggumpalan susu kedelai dan pemadatan menjadi blok padat.

Tahu memiliki tekstur yang lembut dan menyerap rasa dari bumbu atau saus yang digunakan saat memasaknya. Jenis makanan ini dapat digunakan dalam berbagai hidangan seperti tumis, sup, kari, dan hidangan panggang.

2. Tempe

Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang dibuat dari biji kedelai yang difermentasi oleh jamur Rhizopus oligosporus. Selama proses fermentasi, biji kedelai mengalami perubahan tekstur dan rasa, dan menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Tempe mengandung probiotik alami yang baik untuk pencernaan dan merupakan sumber protein yang sangat baik.

3. Susu kedelai

Lanjut, susu kedelai adalah alternatif yang populer untuk susu hewani, terutama bagi orang yang intoleran laktosa atau mengikuti pola makan tanpa produk susu. Susu kedelai mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, dan vitamin D.

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai campuran dalam makanan atau minuman lain.

4. Miso

Kalau untuk pilihan ini, termasu olahan populer. Miso adalah pasta yang dibuat dari fermentasi kedelai, gandum, atau beras dengan garam dan jamur Aspergillus oryzae.

Miso sering digunakan sebagai bahan dalam sup, saus, dan hidangan Jepang lainnya. Rasanya yang kaya dan gurih membuatnya menjadi bumbu favorit di banyak hidangan.

5. Makanan yang terbuat dari kedelai, kecap

Kecap kedelai adalah bumbu khas Asia yang terbuat dari kedelai, garam, dan gula. Biasanya digunakan untuk memberi rasa pada hidangan seperti tumisan, nasi goreng, dan berbagai sajian lainnya.

Kecap kedelai datang dalam berbagai varian, termasuk kecap asin dan manis, serta menjadi elemen penting dalam masakan Asia.

6. Susu kedelai fermentasi

Mirip dengan yoghurt, susu kedelai fermentasi adalah produk hasil fermentasi susu kedelai dengan bakteri probiotik. Produk ini mengandung bakteri baik yang menguntungkan kesehatan pencernaan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Edamame

Edamame adalah kedelai muda yang masih berada dalam polongnya. Biasanya direbus dan diberi garam, edamame menjadi camilan sehat yang tinggi serat, protein, dan vitamin. Cocok sebagai camilan atau tambahan dalam salad.

Info wajib baca: Makanan yang Aman Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat | Hindari Jeroan dan Makanan Manis

Ragam Makanan yang Terbuat dari Kedelai

8. Kue kering

Jangan meremehkan potensi kedelai dalam pembuatan kue kering. Dengan tepung kedelai sebagai salah satu bahan utama, kamu dapat menciptakan kue kering yang lezat dengan manfaat tambahan dari protein nabati.

9. Burger kedelai

Burger kedelai adalah alternatif vegan yang populer bagi mereka yang mencari pengganti burger daging. Dengan tekstur yang mirip dengan burger daging, produk ini dapat dinikmati oleh siapa saja, nggak hanya vegetarian atau vegan.

10. Makanan terbuat dari kedelai, Kripik

Kripik kedelai merupakan camilan renyah yang dibuat dari adonan berbasis kedelai yang digoreng hingga kering. Camilan ini sering diberi bumbu beragam, seperti pedas, manis, atau gurih, sehingga cocok sebagai teman menikmati waktu santai atau acara bersama teman dan keluarga.

11. Sup krim

Jenis sup krim kedelai adalah hidangan lezat dengan tekstur yang kental dan kaya rasa. Sup ini umumnya dibuat dari susu kedelai, sayuran, dan rempah-rempah yang memberikan citarasa yang nikmat. Sup krim kedelai sangat cocok dinikmati pada hari-hari dingin atau sebagai hidangan pembuka dalam makan malam.

12. Selai

Selai kedelai merupakan alternatif yang lezat dan sehat bagi mereka yang ingin menghindari selai kacang atau selai berbasis susu hewani. Nikmati selai kedelai di atas roti, kue, atau campuran dalam smoothie untuk memperkaya cita rasa dan manfaat gizi.

13. Nasi

Bosan dengan nasi biasa? Coba nasi kedelai dibuat dari kedelai yang direndam, dihaluskan, dan kemudian dicetak menjadi bentuk butiran mirip nasi. Nasi ini cocok bagi mereka yang menghindari konsumsi gluten atau menginginkan variasi dalam konsumsi nasi.

14. Beragam camilan

Tersedia berbagai macam makanan ringan atau snack yang terbuat dari kedelai, seperti kacang kedelai panggang, keripik kedelai, atau camilan kacang kedelai yang beraneka rasa.

15. Makanan terbuat dari kedelai, pasta

Pasta kedelai adalah alternatif sehat bagi pasta terbuat dari gandum. Pasta ini memiliki rasa lembut dan kaya protein, sehingga cocok bagi orang yang ingin menciptakan hidangan pasta yang lebih bergizi.


Ragam makanan yang terbuat dari kedelai sangatlah beragam dan lezat. Kedelai menawarkan alternatif yang sehat bagi orang-orang yang ingin menggantikan produk susu hewani dengan sumber protein nabati.

Mulai dari hidangan utama hingga camilan dan hidangan penutup, pilihan makanan dari kedelai dapat dinikmati oleh siapa saja yang ingin menjaga kesehatan dan menciptakan variasi dalam menu sehari-hari. Jadi, mari mulai mengeksplorasi kelezatan kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan kita!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare