...
mandi
5-min read

5 Waktu Beserta Urutan Mandi yang Baik dan Benar

mandi

Apakah kamu tahu urutan dan waktu yang baik untuk mandi? yuk, simak selengkapnya di sini.

Mandi dan melakukan perawatan tubuh adalah kegiatan sehari-hari yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Meskipun sering dianggap sepele karena dilakukan oleh semua orang setiap hari.

Kegiatan ini juga merupakan rutinitas membersihkan tubuh dari kotoran dan bakteri. Sebagian besar orang di Indonesia biasanya mandi 1–2 kali sehari, yaitu di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan pada sore atau malam hari setelah menjalani sehari penuh aktivitas.

Lalu, kapan waktu yang baik dan bagaimana urutannya mandi yang benar? Simak selengkapnya di sini.

Info wajib baca: 10 Cara Mengatasi Kekenyangan yang Ampuh, Apa Saja?

Waktu yang Baik untuk Mandi

mandi
Source: cicidesi

Setiap negara memiliki tradisi khususnya soal waktu terbaik untuk mandi. Sebagai contoh, di Indonesia, kebanyakan orang memilih waktu terbaiknya di pagi hari.

Beberapa orang percaya bahwa mandi di malam hari dapat memiliki dampak buruk dan membahayakan kesehatan. Tetapi, apakah pandangan ini benar? Faktanya, banyak ahli berpendapat bahwa terdapat waktu-waktu tertentu di malam hari yang dapat efektif digunakan untuk mandi.

Jadi, kapan waktu mandi yang dianggap baik untuk kesehatan? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lihat penjelasannya dalam artikel ini.

1. Saat pagi hari

Mandi di pagi hari dianggap sebagai waktu yang terbaik. Ini disebabkan oleh fakta bahwa setelah tidur semalaman, tubuh dapat mengeluarkan banyak keringat akibat suhu kamar yang terlalu lembap atau kering.

Oleh karena itu, melakukan aktivitas ini di pagi hari dapat membersihkan sisa-sisa keringat yang menempel pada kulit, memberikan kesegaran. Serta mempersiapkan tubuh untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

2. Siang hari

Selanjutnya, mandi di waktu siang tidak disarankan oleh beberapa ahli. Meskipun demikian, mandi di siang hari dianggap dapat meningkatkan mood dan membersihkan kuman serta debu yang menempel pada tubuh sejak pagi.

Hanya saja, kegiatan mandi di siang hari dapat mengganggu aktivitas lainnya dan dianggap kurang efisien dari segi waktu. Terlebih lagi, di siang hari tubuh akan kembali terpapar oleh banyak kuman dan kotoran saat melakukan aktivitas hingga sore.

3. Malam hari

Malam hari dianggap sebagai waktu yang baik untuk mandi setelah pagi hari. Salah satu keuntungan mandi pada malam hari adalah meningkatkan kenyamanan tidur karena tubuh menjadi bersih.

Selain itu, mandi malam juga dapat meningkatkan suhu kulit. Jika kamu tidak ingin tidur dengan kondisi rambut basah, disarankan untuk mandi di sore hari atau beberapa jam sebelum waktu tidur malam.

Namun, durasi mandi malam perlu diperhatikan, karena mandi terlalu lama dapat berpotensi membahayakan tubuh. Sebaiknya, waktu maksimal mandi malam dengan air hangat adalah sekitar 10 hingga 15 menit.

Melebihi durasi waktu tersebut dapat membuat tubuh terpapar suhu panas terlalu lama. Serta meningkatkan suhu tubuh secara berlebihan.

Info wajib baca: 10 Jenis Makanan Sehat untuk Jantung Ini Wajib Kamu Konsumsi

4. Setelah berolahraga

Waktu terbaik untuk mandi selanjutnya adalah setelah berolahraga. Namun, penting untuk diingat bahwa mandi langsung setelah berolahraga sebaiknya dihindari.

Sebaiknya, berikan jeda waktu sekitar 20 menit setelah kamu selesai berolahraga sebelum mandi, agar tubuh memiliki waktu untuk pulih. Mandi setelah berolahraga membantu membersihkan tubuh dari kuman, bakteri, dan jamur yang menempel akibat keringat.

Jika kamu tidak mandi setelah berolahraga, kulit dan rambut berisiko terkena infeksi jamur dan kuman. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi.

5. Setiap kamu merasa stres

Waktu yang baik selanjutnya adalah ketika kamu sedang sangat stres. Menggunakan air dingin atau panas dapat memberikan efek penyegaran dan menenangkan tubuh.

Mandi untuk meredakan stres dapat dilakukan kapan saja, termasuk di siang hari. Sekali-kali mengubah rutinitas ini mempunyai manfaat yakni dapat mengundang suasana hati yang baik.

Namun, perlu diingat bahwa mandi terlalu lama dan terlalu sering dapat berisiko bagi tubuh. Jika melakukan aktivitas ini lebih dari dua atau tiga kali sehari, kulit bisa kering karena kehilangan kelembabannya, setiap kali mandi dan air mengering dari kulit, kelembaban kulit pun dapat hilang bersamaan.

Ini Urutan Mandi yang Benar

mandi
Source: fimela

Dengan urutan yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit mengalami bruntusan dan jerawat, terutama di area dahi dan punggung. Hal ini biasanya terjadi jika urutannya dimulai dengan menggunakan sabun badan sebelum melakukan keramas.

Dalam urutan seperti ini, residu dari produk perawatan rambut, seperti sampo atau kondisioner, dapat mengisi dan menyumbat pori-pori kulit pada akhirnya dapat memicu peradangan dan timbulnya jerawat. Untuk menghindari masalah tersebut, yuk cari tahu urutan mandi yang benar seperti berikut ini:

1. Sesuaikan suhu air kamu

Sebelum kamu mandi, pastikan untuk menyesuaikan suhu air terlebih dahulu. Jika kamu biasa dan merasa nyaman mandi dengan air dingin, itu tidak masalah.

Namun, jika kamu ingin mandi dengan air hangat, pastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu panas, karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Pilihan yang paling aman adalah menggunakan air dengan suhu suam-suam kuku.

Penting juga untuk menghindari mandi yang terlalu lama. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering.

2. Keramas terlebih dahulu

Siapa di antara kalian yang lebih suka menggunakan sabun badan sebelum sampo? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, urutan ini dapat menjadi penyebab timbulnya bruntusan dan jerawat di dahi serta punggung.

Oleh karena itu, mulailah dengan keramas terlebih dahulu dan gunakan sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala kamu. Misalnya, jika kamu memiliki masalah ketombe, pilihlah sampo yang dibuat khusus untuk masalah tersebut, seperti yang mengandung ketoconazole.

Saat keramas, pastikan untuk menggosok kulit kepala secara perlahan. Dan juga pastikan kamu menggosok rambut hingga ujung garis agar membersihkan dengan maksimal.

3. Sabuni seluruh badan

Setelah selesai keramas, langkah berikutnya adalah membersihkan tubuh dengan sabun, dimulai dari leher, punggung, tangan, selangkangan, hingga kaki. Jangan lupa membersihkan area belakang kuping dan sela-sela jari tangan serta kaki menggunakan sabun.

Pilihlah jenis sabun badan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kamu dapat membersihkan tubuh hanya dengan tangan atau menggunakan waslap. Namun, jika kamu memilih waslap, pastikan alat tersebut bersih.

4. Sikat gigi

Disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Jika kamu melakukan aktivitas ini di pagi atau malam hari, proses menyikat gigi dapat dilakukan setelah selesai menggunakan sabun.

Sikat seluruh permukaan gigi selama dua menit. Setelah itu, kamu dapat menggunakan mouthwash untuk membersihkan gigi secara maksimal.

Info wajib baca: 5 Cara Balikin Mood Cewek yang Lagi Bad Mood, Jangan Sampai Salah Langkah!

5. Cuci muka

Seperti halnya sikat gigi, mencuci wajah setiap kali mandi tidak diperlukan. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam sebelum tidur atau setelah beraktivitas yang membuat berkeringat.

Jika memilih untuk mencuci wajah, disarankan untuk melakukannya sebagai langkah terakhir. Mencuci wajah pada tahap akhir akan membantu menghilangkan residu sampo atau pasta gigi yang mungkin masih tersisa di kulit wajah.

Dengan cara ini, risiko munculnya bruntusan dan jerawat dapat diminimalisir. Gunakan sabun cuci muka yang lembut, bebas alkohol, dan pewangi, sesuai dengan jenis kulit.

Sebelum mencuci wajah, lakukan double cleansing menggunakan micellar water, cleansing balm, atau oil cleanser. Setelah itu keringkan tubuh dengan handuk bersih.

Untuk mengeringkan wajah, hindari menggunakan handuk yang sama untuk tubuh; gunakan tisu agar bakteri dari handuk tidak berpindah ke wajah. Selanjutnya, gunakan lotion atau pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.


Nah, itu dia pembahasan mengenai waktu dan urutan mandi yang baik. Gimana, apakah kamu sudah pernah melakukan cara-cara dan waktu yang di atas? Yuk, coba kasih tahu di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare