...
Cara mengobati kucing flu
5-min read

8 Cara Mengobati Kucing Flu Biar Nggak Tambah Parah

Cara mengobati kucing flu

Kucing kamu flu? Coba beberapa cara mengatasi kucing flu yang wajib kamu ketahui.

Seperti halnya manusia, kucing juga dapat mengalami flu. Namun, berbeda dari flu pada manusia yang disebabkan oleh virus influenza, flu pada kucing biasanya disebabkan oleh infeksi Feline calicivirus (FCV) dan Feline herpesvirus type 1 (FHV-1).

Selain itu, flu kucing juga dapat disebabkan oleh infeksi virus H1N1, yaitu varian virus influenza yang dapat menjangkiti manusia dan hewan. Selain itu, efek samping dari bakteri atau alergi juga dapat memicu flu atau bersin pada kucing.

Gejala flu pada kucing mencakup bersin, mata dan hidung berair, demam, batuk, sakit tenggorokan, sariawan, kehilangan suara, sesak napas, hingga penurunan nafsu makan. Jika tidak diobati, flu pada kucing dapat menyebabkan kerusakan mata, radang paru-paru, bahkan kematian.

Kucing yang rentan terkena flu adalah yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti anak kucing dan kucing tua. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengobati flu pada kucing.

Info wajib baca: 10 Cara Mengatasi Kekenyangan yang Ampuh, Apa Saja?

Cara Mengobati Kucing Flu

Cara mengobati kucing flu
Source: berita99.co

Agar anabulmu cepat kembali sehat, yuk, simak cara mengobati flu pada kucing di bawah ini!

1. Beri obat-obatan pada kucing

Jika kucing menunjukkan gejala flu, segera bawa ke dokter hewan agar kamu dapat mengetahui penyebab flu tersebut dan dokter dapat menyarankan penanganan yang sesuai.

Berhubung virus umumnya menjadi penyebab flu kucing, maka pengobatan yang diresepkan dokter hewan cenderung bertujuan untuk meredakan gejala, bukan mengatasi virus langsung, ya. Salah satu obat yang mungkin diresepkan adalah antibiotik untuk melawan infeksi bakteri.

Virus flu dapat merusak lapisan hidung dan saluran pernapasan kucing, memungkinkan infeksi bakteri masuk dan menimbulkan risiko komplikasi seperti pneumonia. Selain itu, dokter mungkin memberikan obat antipiretik untuk mengurangi demam.

Selain itu akan diresepkan juga obat pengencer lendir jika kucing mengalami kesulitan bernapas. Obat tetes mata juga dapat diberikan untuk mengatasi iritasi mata akibat flu kucing.

2. Beri kucing kamu ruangan khusus

Saat kucing terjangkit flu, stres dapat memperburuk kondisi. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, termasuk memisahkan kucing flu dari anabul lainnya selama proses pemulihan yang memerlukan waktu sekitar dua minggu.

Memberikan ruangan sendiri tersebut bertujuan mengurangi risiko penularan flu ke kucing yang sehat dan membantu kucing pulih tanpa risiko terinfeksi virus dari kucing lain. Selain ruangan, tempat tidur, mangkuk makanan, dan tempat buang air kucing juga harus dibersihkan secara terpisah.

Info wajib baca: 7 Cara Mengatasi WC Mampet, Bisa Pakai Botol Plastik Bekas!

3. Jangan memandikan kucing

Sebaiknya kamu menghindari memandikan kucing ketika sedang flu. Hal tersebut dilakukan agar bulu kucing tetap kering dan menjaga suhu tubuhnya.

Jika memang harus dibersihkan, kamu bisa menggunakan kain yang lembap. Lalu, usap secara perlahan di area bulu yang kotor.

4. Jemur kucing di bawah sinar matahari

Cara alami mengobati kucing adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Aktivitas tersebut bisa membunuh bakteri yang menyebabkan flu di bulunya. Sebaiknya jemur kucing kamu setiap pagi selama 10-15 menit di bawah sinah matahari untuk mencegah dehidrasi.

5. Penuhi asupan minuman dan makanan

Cara mengobati kucing flu
Source: Tokopedia

Peradangan pada area hidung, tenggorokan, dan mulut dapat menyebabkan kucing yang mengalami flu kehilangan kemampuan mencium dan merasakan makanan. Dampaknya, kucing mengurangi asupan makanan dan minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi dan kurang nutrisi.

Oleh karena itu, untuk mengobati kucing yang mengalami flu dengan cara alami, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan makan dan minumnya terpenuhi. Berikan makanan beraroma kuat, seperti ikan sarden, ayam panggang, atau tuna.

Pastikan juga untuk mencampurkan air ke dalam makanannya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Jika diperlukan, kamu bisa menyuapi kucing yang mungkin sedang tidak mau makan.

6. Usap hidung dan matanya

Jangan lupa membersihkan kotoran dari mata dan hidung kucing dengan lembut menggunakan kapas yang dibasahi air hangat atau air garam. Tindakan ini dapat membuat kucing bernapas lebih lega serta membantu mereka merasakan aroma makanan.

Sebelum membersihkan hidung dan mata kucing, pastikan tanganmu sudah dicuci bersih, karena virus penyebab flu juga dapat menular melalui tangan yang terkontaminasi.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Kamu Coba, Salah Satunya Sambal Ikan Roa

7. Keluarkan ingus kucing

Tumpukan lendir tebal di hidung dapat menyebabkan kucing mengalami pilek dan kesulitan bernapas. Untuk membantu mengeluarkan lendir dan melancarkan pernapasannya, memberikan terapi uap hangat kepada kucing bisa menjadi solusi.

Cara ini dapat dijalankan dengan membawa kucing ke dalam kamar mandi, menutup pintu, dan menghidupkan pancuran air panas hingga kamar mandi dipenuhi uap. Kucing dibiarkan berada di dalam kamar mandi beruap selama 10–15 menit.

Terapi uap hangat ini dapat diulang sebanyak 1–3 kali sehari dan disarankan untuk mendampingi kucing agar tidak merasa stres atau cemas. Selain itu, untuk mempercepat proses pemulihan, pemberian obat pilek kucing juga dapat menjadi opsi yang membantu.

8. Berikan madu

Cara mengobati kucing flu
Source: republika

Cara lainnya adalah memberikan kucing yang sedang flu madu. Madu, tuh, selain bermanfaat untuk manusia, juga dapat menjadi obat alami untuk meredakan gejala flu pada kucing.

Berikan madu pada kucing setiap 4 jam sekali, baik secara langsung atau dicampur dengan air minum. Pastikan dosis madu tidak terlalu banyak karena umumnya kucing tidak suka dengan aroma madu yang terlalu manis.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara mengobati kucing flu yang baik dan benar. Gimana, apakah kamu sudah pernah melakukan cara-cara yang di atas? Yuk, coba kasih tahu di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare