...
manfaat lari malam
5-min read

10 Manfaat Lari Malam Hari untuk Kesehatan Tubuh | Bikin Tidur Makin Berkualitas!

manfaat lari malam

Lari malam menjadi aktivitas yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Lari merupakan salah satu olahraga sederhana yang banyak digemari masyarakat. Bermanfaat untuk melatih kardiovaskular, lari menjadi jenis olahraga paling cocok untuk kamu yang ingin melatih daya tahan tubuh.

Namun, ada salah satu variasi lari yang saat ini sedang populer dan juga banyak diminati yaitu lari malam. Nah, lari malam sering dianggap sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin berolahraga tanpa khawatir terik matahari dan atau hiruk-pikuk aktivitas sehari-hari.

Nggak hanya sekadar memberikan kenyamanan dalam berolahraga, lari malam hari juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, lho. Yuk, cari tahu manfaat lari malam yang menakjubkan bagi kesehatan dan kebugaran di artikel ini. Simak sampai habis, ya!

Manfaat Lari Malam untuk Kesehatan

manfaat lari malam
Source: Pinhome

Lari malam menjadi alternatif bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya pada saat pagi atau siang hari. Berikut ini sejumlah manfaat lari malam hari untuk tubuh:

1. Menyegarkan pikiran setelah sehari penuh aktivitas

Setelah menjalani rutinitas sepanjang hari, lari malam bisa menjadi cara yang efektif untuk me-reset pikiranmu. Rasa sejuk dan tenang di malam hari dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati.

Latihan fisik ini juga merangsang pelepasan endorfin, hormon yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Manfaat lari malam untuk menurunkan suhu tubuh

Salah satu manfaat berlari di malam hari adalah suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan siang hari. Suhu yang lebih dingin dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi dan kelelahan, karena tubuh tidak harus bekerja keras untuk mendinginkan diri.

Info wajib baca: Olahraga Meninggikan Badan 15 cm dalam 1 Minggu, Apa Saja?

Namun begitu, penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terlepas dari suhu udara. Hal ini akan membuat cairan dalam tubuhmu selalu tercukupi.

3. Manfaat lari malam untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Lari malam adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Aktivitas kardio seperti lari dapat meningkatkan denyut jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

4. Manfaat lari malam untuk menurunkan risiko penyakit kronis

Lari malam secara konsisten dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Ini terjadi karena lari membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengontrol berat badan, dan memelihara kesehatan pembuluh darah.

5. Manfaat lari malam untuk membakar kalori lebih efektif

Jika tujuanmu adalah menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat, lari malam bisa menjadi pilihan yang bagus. Meskipun kalori yang terbakar tergantung pada berbagai faktor, lari pada waktu yang lebih dingin dapat membantu tubuh bekerja lebih efisien dalam membakar kalori.

6. Manfaat lari malam untuk meningkatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga, termasuk lari, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan membantu kamu merasa lebih lelah di malam hari.

Namun, usahakan untuk menyelesaikan latihan kamu beberapa jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu untuk kembali tenang, ya.

7. Mengurangi risiko osteoporosis

Source: orami

Lari malam membantu membangun kekuatan tulang yang dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari. Saat kamu berlari, tekanan yang diterapkan pada tulang dapat merangsang pembentukan jaringan tulang baru.

8. Manfaat lari malam untuk meningkatkan ketahanan tubuh

Latihan lari secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu tubuh menjadi lebih baik dalam melawan infeksi dan penyakit.

Namun, pastikan kamu memberikan tubuh cukup istirahat dan nutrisi yang tepat untuk mendukung sistem kekebalanmu.

Info wajib baca: Turunin Berat Badan Tanpa Perlu Berkeringat? Simak Tips Diet Tanpa Olahraga Berikut!

9. Meningkatkan fleksibilitas

Lari malam yang teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot. Ini dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan rentang gerakan saat berolahraga atau dalam aktivitas sehari-hari.

10. Manfaat lari malam untuk menyediakan waktu pribadi

Lari malam juga bisa menjadi waktu pribadi yang berharga. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk merenung, merencanakan, atau hanya menikmati kedamaian dan ketenangan di malam hari.

Lari malam memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Dari meningkatkan kesehatan jantung hingga memberikan waktu pribadi yang berharga, aktivitas ini bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

Tetap perhatikan keselamatan kamu, gunakan perlengkapan yang sesuai, dan nikmati setiap langkah di bawah bintang-bintang. Ingatlah untuk selalu mendengarkan tubuh dan jika kaki merasa pegal selama berhari-hari setelah lari malam, berkonsultasilah dengan profesional medis untuk mendapatkan pertolongan.


Nah, itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari lari di malam hari. Apakah kamu sering melakukan kegiatan ini juga? Yuk, sharing pengalaman kamu rutin melakukan lari malam hari di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare