...
manfaat makan tempe mentah
5-min read

5 Manfaat Makan Tempe Mentah, Apakah Berbahaya bagi Tubuh?

manfaat makan tempe mentah

Apakah makan tempe mentah memiliki manfaat?

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Selama proses fermentasi, kedelai diikat menjadi satu dalam bentuk yang hampir mirip kue, sehingga terlihat seperti nugget.

Tempe kaya akan vitamin dan mineral, serta protein dan serat. Bahan makanan ini merupakan pilihan protein yang fleksibel bagi para vegan dan dapat membantu memberikan makanan yang berbeda jika kamu bosan dengan tahu.

Faktanya, dibandingkan satu sama lain, tempe lebih unggul dalam hal serat dan protein. Tempe juga jauh lebih mudah dicerna daripada tahu dalam jangka panjang.

Kalau kamu masih asing dengan tempe, makanan ini sangat mirip dengan tahu. Perbedaan utama antara tempe dan tahu adalah cara pembuatannya. Tempe juga mengandung prebiotik yang bermanfaat.

Info wajib baca: Nggak Hanya Tempe Mendoan, Cicipi Juga 7 Makanan Khas Banyumas Ini!

Manfaat Makan Tempe Mentah bagi Tubuh

Source: Unsplash.com

Konon, salah satu hal terbaik dari tahu adalah kamu bisa memakannya mentah. Nggak ada yang menyangkal manfaat kesehatan atau rasa tempe yang lezat.

Namun, ada perbedaan pendapat yang sangat ramai tentang apakah tempe dapat dikonsumsi mentah atau nggak. Tapi bisakah kamu makan tempe mentah?

Tempe adalah bahan yang sangat berguna yang dapat digunakan dan disajikan dengan berbagai cara dan dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan.

Tapi, amankah makan tempe mentah? Nggak masalah untuk memakannya mentah. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapati ketika makan tempe mentah.

1. Manfaat makan tempe mentah, sumber probiotik alami

Tempe mentah termasuk dalam makanan hasil fermentasi alami yang kaya akan kandungan probiotik. Mikroorganisme bersifat baik ini dapat membantu kamu menjaga keseimbangan mikroflora dalam sistem pencernaan tubuh.

Klau kamu memakannya dalam kondisi belum dimasak secara rutin, dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, kesehatan usus, dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Namun, sebelum kamu ingin mencoba memakannya secara mentah, pastikan kualitas dan kesegaran tempat dalam keadaan baik untuk dikonsumsi.

2. Tingkatkan kesehatan pencernaan

Mengomsi tempe mentah juga berpengaruh pada peningkatan kesehatan pencernaan dalam tubuh. Tempe yang belum dimasak masih memiliki banyak kandungan serat.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga fungsi normal sistem pencernaan tubuh, hingga membantu kamu mencegah sembelit. Serat dalam bahan makanan satu ini dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Pentingan banget untuk kesehatan saluran pencernaan tubuh, lho!

Info wajib baca: Resep Tahu Tempe Bacem yang Mudah, Bisa Bikin Sendiri!

3. Manfaat makan tempe mentah, kaya akan antioksidan

Tempe mentah mengandung senyawa antioksidan, termasuk isoflavon dan saponin, yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Antioksidan berperan dalam mencegah kerusakan sel dan dapat memberikan efek perlindungan terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

4. Kaya sumber nutrisi

Tempe mentah merupakan bahan dengan kandungan nutrisi yang melimpah karena semua komponen gizi dalam kedelai utuh tetap terjaga dengan baik.

Jenis tempe mentah mengandung protein nabati, serat, vitamin B kompleks, asam amino esensial, serta mineral seperti zat besi dan kalsium, ditambah dengan kandungan antioksidan.

5. Manfaat makan tempe mentah, baik untuk kesehatan jantung

Mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, mengonsumsi tempe mentah dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.

Tempe mentah mengandung asam lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), sehingga mendukung keseimbangan lipid dalam tubuh.


Nah, itulah beberapa manfaat makan tempe mentah bagi tubuh. Eits tapi ingat, jangan keseringan mengonsumsinya dalam bentuk belum dimasak, ya.

Soalnya nih, mengonsumsi tempe mentah akan memberikan efek samping pada tubuh, seperti keracunan makanan, risiko kanker hati, sampai memicu alergi.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare