...
resep tahu tempe bacem
5-min read

Resep Tahu Tempe Bacem yang Mudah, Bisa Bikin Sendiri!

resep tahu tempe bacem

Kalau kamu suka makanan manis, simak resep tahu tempe bacem yang mudah di bawah ini, yuk.

Hampir semua orang di Indonesia pasti udah nggak asing sama makanan yang satu ini. Bahkan mungkin banyak juga dari kamu yang menyukai makanan berikut dan mau coba buat? Ini dia resep tahu tempe bacem yang mudah dan praktis untukmu!

Banyak resep makanan yang bisa kita bikin sendiri di rumah, mulai dari resep pepes tahu kemangi, sampai makanan ringan yang mudah dibuat. Resep tahu tempe bacem ini juga nggak kalah menarik buat diintip!

Ada dua resep yang bakal Kostmin kasih ke kamu kali ini. Yang pertama resep tahu tempe bacem yang seperti biasa, yang kedua resep tahu tempe bacem tanpa air kelapa dan juga minyak! Kalau penasaran, langsung cek sampai habis, ya. Jangan sampai kelewatan!

Resep Tahu Tempe Bacem

resep tahu tempe bacem
Source: Hipwee

Yang pertama kita bakal intip resep tahu tempe bacem yang biasa kita jumpai dan makan! Kalau udah siap, kita langsung mulai bikin sama-sama aja, yuk!

Bahan

Sebelum bikin tahu tempe bacem yang enak, pastinya harus ada bahan-bahan yang kamu persiapkan dulu, dong. Bahan-bahan untuk membuat tahu tempe bacem ini di antaranya:

  • 300 gram tempe, potong setebal 1cm
  • 200 gram tahu cina, potong 4 bagian
  • 500 ml air kelapa muda
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm kecap manis Bango
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 1 sdm air
  • Minyak goreng, untuk menumis dan menggoreng

Bumbu halus

Kalau tadi adalah beberapa bahan untuk membuat secara keseluruhan, berikut ini ada bahan-bahan untuk membuat bumbu halus yang bakalan kamu pakai untuk bikin tahu tempe bacem ini. Di antaranya:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri disangrai
  • 1/2 sdt ketumbar

Cara membuat:

Nah, setelah tadi kita liat bahan-bahan yang diperlukan juga bumbu halus yang bakal dipakai, sekarang waktunya memasak semua bahan tersebut jadi tahu tempe bacem yang enak dan bikin ketagihan! Langsung simak sampai habis, ya.

  1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Masukkan air kelapa, gula merah, air asam jawa, garam, dan kecap manis, aduk rata.
  2. Masukkan tahu dan tempe. Masak di atas api sedang hingga mendidih. Lalu angkat.
  3. Diamkan selama 1-2 jam hingga bumbu bacem meresap.
  4. Masak di atas api kecil hingga larutan bumbu habis meresap ke dalam tempe dan tahu. Angkat.
  5. Panaskan minyak, goreng tempe dan tahu hingga berwarna kecokelatan.
  6. Kalau sudah berwarna kecokelatan, kamu bisa angkat, lalu sajikan.

Info wajib baca: Simak 4 Resep Olahan Ikan Kembung yang Cocok untuk Anak Kost Juga

Resep Tahu Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa dan Minyak

resep tahu tempe bacem
Source: Mama Adeeva (YouTube)

Nah, kalau resep yang satu ini cocok buat kamu para pencinta tahu tempe bacem, tapi mau mengurangi asupan lemak. Soalnya, resep berikut ini bisa kamu buat tanpa menggunakan minyak dan air kelapa, tapi tetep enak! Penasaran? Cus, langsung intip resepnya!

Bahan

Untuk membuat resep yang satu ini, bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan kurang lebih sama dengan resep tahu tempe bacem seperti biasanya, cuma ada dua bahan yang dikurangi, kok.

  • 10 potong tempe
  • 10 potong tahu
  • 2 sdm gula merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

Udah dapet bahan-bahannya? Udah siapin alat? Sekarang saatnya kita simak cara bikin tahu tempe bacemnya berikut ini!

  1. Sangrai bawang putih dan ketumbar, lalu ulek sampai halus. 
  2. Masukkan bumbu halus tadi ke dalam panci beserta semua bumbu utuh.
  3. Tuang air secukupnya dan masukkan tahu serta tempe, aduk rata.
  4. Rebus atau ungkep hingga matang dan air menyusut, sesekali tahu dan tempe dibalik agar bumbu meresap merata dan bumbu nggak gosong di dasar.
  5. Tes rasa, kalau udah pas dan sesuai selera, matikan api.
  6. Siapkan Teflon atau wajang antilengket, lalu panggang sebentar tahu dan tempe tadi sampai agak kering.
  7. Angkat, dan tahu tempe bacem kamu siap disajikan, deh!

Info wajib baca: Wajib Coba! Resep Vla Puding yang Lezat dan Praktis untuk Dibuat di Rumah

Kenalan Sedikit Sama Tahu Tempe Bacem

resep tahu tempe bacem
Source: Urban Jabar

Tahu tempe bacem adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri atas tahu dan tempe yang dimasak dengan bumbu bacem. “Bacem” dalam bahasa Jawa berarti direndam atau direbus dalam bumbu khusus yang menghasilkan cita rasa manis dan gurih.

Tahu tempe bacem biasanya disajikan sebagai lauk atau hidangan pendamping nasi. Rasanya yang manis, gurih, dan sedikit pedas menjadikannya cocok untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat.

Hidangan ini juga sering dihidangkan dalam acara-acara spesial atau sebagai hidangan sehari-hari di rumah makan tradisional. Tahu tempe bacem merupakan hidangan yang populer di Indonesia karena kombinasi yang lezat antara tahu dan tempe lalu berpadu dengan bumbu bacem yang khas.

Selain memberikan kelezatan pada hidangan, tahu tempe bacem juga memberikan nutrisi baik karena kaya akan protein dari tahu dan tempe serta berbagai rempah-rempah yang digunakan dalam bumbunya.

Dengan cita rasa yang khas dan mudah dalam penyajiannya, tahu tempe bacem merupakan salah satu hidangan yang dapat dinikmati oleh banyak orang dan menjadi bagian dari kekayaan kuliner Indonesia.


Nah, itu tadi dua resep tahu tempe bacem yang pastinya mudah dibuat dan bikin kamu mau nyobain lagi! Siapa yang udah pernah coba bikin tahu tempe bacem sendiri di rumah? Tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare