...
menu sarapan pagi simple
5-min read

Menu Sarapan Pagi Simpel tapi Tetap Sehat dan Lezat Buat Anak Kost!

menu sarapan pagi simple

Anak kost jangan sampai lupa sarapan, coba resep menu sarapan pagi simpel untukmu, yuk!

Meskipun tugas dan pekerjaan menumpuk, jangan sampai terlewatkan untuk memberi asupan makanan yang sehat pada tubuh kita. Menu sarapan pagi simpel namun tetap lezat dan bergizi bisa menjadi solusi bagi kamu sebagai anak kost yang sibuk.

Yuk, simak ide-ide makanan anak kost simpel buat sarapan di bawah ini untuk menemukan inspirasi menu sarapan pagi yang cocok buatmu!

Apa Manfaat Sarapan Buat Tubuh Kita?

Banyak banget orang yang menyepelekan dan sering kali melewatkan kegiatan sarapan di pagi hari, padahal sarapan itu penting, lho, buat kita! Mengonsumsi sarapan juga bisa kasih beberapa manfaat buat tubuh kita, apa aja, sih, manfaatnya?

1. Sumber energi

Sarapan memberikan sumber energi yang penting untuk memulai hari. Setelah melewati periode tidur malam yang panjang tanpa asupan makanan, sarapan membantu mengisi ulang glikogen (cadangan energi) di otot dan hati, serta memberikan glukosa sebagai bahan bakar untuk otak.

2. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Makan sarapan yang seimbang dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, dan kinerja kognitif. Ini berarti kamu akan lebih fokus dan efektif dalam melakukan tugas sehari-hari, terutama yang membutuhkan pemikiran kompleks.

3. Meningkatkan mood

Sarapan yang sehat dapat memengaruhi suasana hati positif. Konsumsi makanan bergizi di pagi hari dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati, dan dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

4. Membantu pengaturan berat badan

menu sarapan pagi simple
Source: MSNBC News

Meskipun mungkin terdengar kontradiktif, sarapan yang sehat sebenarnya dapat membantu dalam mengatur berat badan. Dengan sarapan, kamu cenderung merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan camilan tinggi kalori di antara waktu makan.

5. Menyediakan nutrisi penting

Sarapan yang sehat dan seimbang dapat memberikan nutrisi penting seperti serat, vitamin, mineral, dan protein. Ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan mendukung fungsi tubuh yang optimal.

6. Meningkatkan metabolisme

Sarapan yang sehat dapat meningkatkan tingkat metabolisme basal, yaitu jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat istirahat. Dengan memulai hari dengan sarapan yang baik,nih, tentunya membantu tubuhmu bekerja secara efisien dan membakar kalori lebih efektif.

7. Meningkatkan kebiasaan makan sehat

Memulai hari dengan sarapan yang sehat membantu membentuk kebiasaan makan sehat secara keseluruhan. Orang yang rutin sarapan cenderung lebih sadar akan pola makan mereka dan cenderung membuat pilihan makanan yang lebih baik sepanjang hari.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori untuk Memulai Hari Penuh Energi

Ide Menu Sarapan Pagi Simpel dan Lezat untuk Anak Kost

menu sarapan pagi simple
Source: iNews.id

Kalau buat menu sarapan pagi, pasti orang maunya yang bisa dibikin dengan cepet, tapi tetep enak dan sehat! Nah, ini Kostmin ada beberapa ide menu sarapan pagi simpel yang bisa dibikin dengan cepat, tapi tetep lezat dan sehat buat anak kost!

Cuma punya telur? Cobain ide masakan ini!

Hah? Cuma ada telur? Nggak apa-apa, kamu tetep bisa bikin menu sarapan yang simple tapi tetap enak pakai bahan yang satu ini! Ini dia tiga ide menu sarapan simple dengan telur yang bisa kamu coba.

1. Orak arik telur

Ini jadi ide masakan yang paling gampang buat kamu bikin jadi sarapan sehari-hari! Pasti udah nggak asing sama orak-arik telur, kan? Kamu cuma perlu aduk-aduk telur di dalam wajan antilengket. Kalo merasa terlalu polos, bisa ditambahin sayuran, tomat, atau kentang biar kenyang!

2. Omelet nasi

Masih ada nasi? Kamu bisa bikin ide menu sarapan omelet nasi berikut ini. Kamu bisa bikin nasi goreng simpel dengan campuran bawang putih dan bawang bombai yang ditumis hingga harum. Setelah itu, masukkan bumbu serbaguna nasi goreng ataupun bumbu penyedap rasa, kemudian aduk hingga rata. Kamu juga bisa tambahkan saus tomat.

Nasi yang sudah matang kamu sisihkan dulu ke dalam mangkuk. Lanjutkan untuk bikin telur dadar dan ketika telurnya sudah setengah matang, tuang kembali nasi goreng simpel tadi di atasnya sampai terlur matang. Kalo sudah tinggal diangkat dan letakkan di piring, terus dimakan, deh!

3. Omelet mi

Nggak punya nasi tapi punya nya mi? Tenang, resep ini juga bisa kamu bikin dengan mudah dan cepat buat sarapan!

Kamu cuma perlu rebus mi seperti biasa sampai setengah matang, lalu setelah itu, angkat, tiriskan, dan masukan ke dalam mangkuk, lalu campurkan dengan telur. Aduk bersama dengan bumbu mi yang sudah disediakan sampai merata.

Setelah itu, panaskan wajan, lalu taruh campuran telur dan mi tadi di atas wajan, masak sampai matang. Simpel banget, kan?

Info wajib baca: Yuk, Coba Resep Makanan Anak Kost yang Mudah Dibuat Ini!

Kreasi roti buat sarapan biar nggak mi terus!

Punya roti? Nah, kamu bisa bikin roti bakar buat sarapan. Kamu bisa bakar masing-masing dua lembar roti, atau taruh meses di atas roti dan tutup dengan lembaran roti lainnya, terus dibakar. Kalau udah matang, tinggal dibagi dua deh. Dijamin enak banget buat sarapan!

Kreasi roti lainnya kamu bisa bikin sandwich yang simple dengan menaruh abon di antara dua lembaran roti, atau bisa juga bikin jadi sandwich telur. Kamu tinggal bikin telur ceplok, terus selipin diantara dua lembar roti. Gampang!

Kalau mau lebih sehat lagi, kamu bisa ganti roti biasanya dengan roti gandum dan bikin kreasi roti gandum untuk sarapan kayak di atas!

Sarapan smoothies dan sereal bisa buat kamu yang lagi diet!

Lagi diet? Nggak mau makan berat? Kamu bisa bikin smoothies sebagai menu sarapan simple kamu! Tinggal blender campuran buah yang mau dijadikan smoothies dengan es dan susu. Atau mau lebih gampang lagi? Beli aja!

Kalau smoothies masih kurang, kamu bisa sarapan pakai sereal! Kamu bisa bikin sereal sendiri di rumah, atau beli sereal yang udah sekaligus disediain mangkok sekali pakai, sendok, sama susu bubuk di dalamnya. Tinggal menyeduhnya saja, deh.


Nah, itu tadi beberapa ide menu sarapan pagi simple yang bisa para anak kost buat dengan mudah, cepat, dan tetap sehat! Kamu paling suka yang mana, nih?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Bandung Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Semarang Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare