...
makanan khas Majalengka
5-min read

8 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka yang Menggoyang Lidah

makanan khas Majalengka

Berada di Jawa Barat, Majalengka juga mempunyai makanan khas yang nggak kalah menarik, lho!

Bagi kamu yang doyan makan, Indonesia adalah surganya kuliner menarik. Pasalnya, tiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang unik dengan cita rasa khas.

Nah, jika kamu bingung mau mencicipi kuliner apa lagi, coba saja aneka makanan khas Majalengka ini. Terletak di provinsi Jawa Barat, Majalengka memiliki beragam makanan khas yang menggugah selera dan menyajikan cita rasa unik.

Nah, penasaran dengan apa saja makanan khas dari Majalengka? Simak terus artikel ini untuk mengungkap beberapa makanan khas Majalengka yang patut dicoba dan menjadi kebanggaan warga kota ini!

Rekomendasi Makanan Khas Majalengka

Kuliner Majalengka banyak berasal dari jenis makanan tradisional. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Jalakotek

makanan khas majalengka
Source: Tastemade

Jalakotek adalah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan aci yang digoreng. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi camilan favorit di Majalengka. 

Jika dilihat sekilas, makanan khas Majalengka ini terlihat mirip dengan pastel. Hanya saja, isiannya bukanlah wortel, kentang, atau bihun, melainkan aci dan tahu. Jalakotek biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

2. Makanan khas Majalengka: Oncom Goreng

Oncom merupakan makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi ampas kedelai atau bahan pangan lainnya. Di Majalengka, oncom sering diolah menjadi hidangan goreng yang gurih.

Berbeda dari oncom goreng biasanya yang disajikan dalam potongan besar, makanan khas Majalengka ini mempunyai ukuran lebih kecil yang diberi bumbu khusus dan taburan bawang goreng. Oncom goreng biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lauk-pauk lainnya, seperti sayur-sayuran atau ikan.

Info wajib baca: Makanan Khas Maluku yang Lezat dan Enak, Yuk Intip di Sini!

3. Ampas Kecap

Source: Cookpad

Ampas kecap adalah hidangan yang terbuat dari ampas kedelai yang didapat dari sisa olahan kecap manis. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang digemari di Majalengka.

Makanan satu ini juga biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau bisa juga dimakan sebagai camilan. Jika tertarik mencobanya, kamu bisa dengan mudah menemukannya di warung makan sekitar Majalengka.

4. Gula Cakar

Satu lagi makanan manis khas Majalengka, yaitu gula cakar. Nah, gula cakar adalah makanan manis yang terbuat dari campuran gula dan soda yang dibentuk menjadi persegi. Warnanya pun berbeda dari gula pada umumnya karena berwarna merah muda.

Selain itu, gula cakar sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Majalengka yang unik. Biasanya, wisatawan menjadikan gula ini sebagai campuran saat membuat teh atau kopi

5. Makanan khas Majaengka: Tutut

makanan khas Majalengka
Source: tribunpriangan.com

Apa kamu sudah tahu jenis makanan ini? Memiliki nama yang unik karena mirip suara kereta api, tutut ternyata dikenal sebagai salah satu makanan favorit di Majalengka, lho.

Tutut adalah makanan khas Majalengka yang berupa keong atau kerang sawah kecil yang disajikan dengan bumbu pedas. Rasanya yang segar dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang digemari. Tutut biasanya diolah dengan cara direbus lalu disajikan dengan nasi hangat.

6. Kalua Jeruk

Merasa asing dengan nama makanan satu ini? Tenang, nggak cuma kamu saja, kok! Sebab, kalua jeruk adalah salah satu kuliner Majalengka yang kini mulai sulit ditemukan.

Info wajib baca: 10 Makanan yang Terbuat dari Singkong, Enak dan Wajib Kamu Coba!

Sesuai namanya, makanan ini menggunakan bahan dasar jeruk, atau lebih tepatnya jeruk bali. Rasanya pun manis karena diberi campuran gula merah atau gula pasir. Teksturnya pun sangat unik karena agak keras di bagian luar, namun lembut di dalam.

7. Makanan khas Majalengka: Emping Melinjo

Source: Kompas.com

Emping melinjo adalah camilan khas dari biji melinjo yang dikeringkan dan digoreng. Emping melinjo memiliki rasa yang renyah dan gurih, sehingga sering dijadikan sebagai teman makan nasi atau dimakan sebagai camilan.

Menemukan camilan ini di Majalengka juga pastinya mudah banget. Sebab, emping melinjo banyak diproduksi di industri rumahan sehingga kamu bisa mendapatkan makanan ini di banyak penjual makanan.

8. Katel

Katel adalah makanan tradisional yang terbuat dari kacang kedelai muda yang diolah dengan bumbu rempah-rempah khas. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama, dan rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuatnya menjadi hidangan menggugah selera.


Itulah beberapa contoh makanan khas Majalengka yang menggoyang lidah dan patut kamu coba. Ketika mengunjungi daerah ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan-makanan yang unik ini, ya!

Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Atau kamu punya rekomendasi makanan lain yang berasal dari daerah ini? Coba share di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare