...
minuman khas aceh
5-min read

Terkenal dengan Kopinya, Ini 8 Minuman Khas Aceh Lainnya yang Menyegarkan!

minuman khas aceh

Kopi Gayo merupakan salah satu minuman khas Aceh yang paling terkenal

Aceh merupakan salah satu provinsi di bagian barat Indonesia yang mempunyai kekayaan luar biasa. Selain pemandangan alamnya yang memukau, Aceh juga menawarkan sejuta rasa melalui minuman-minuman khasnya yang unik dan menggoda selera. 

Nah, salah satu minuman yang terkenal dari Aceh dan menjadi ciri khas daerah ini adalah kopi. Bahkan, kopi Aceh juga sudah terkenal dengan kualitasnya yang sudah mendunia, lho.

Namun begitu, kopi bukanlah satu-satunya minuman khas Aceh yang bisa kamu coba. Ada sejumlah minuman lainnya yang pasti nggak kalah menggoda dan menyegarkan. Yuk, simak rekomendasi lengkapnya di artikel ini. Simak sampai habis, ya!

Daftar Minuman Khas Aceh

Source: Caping.co.id

Mencicipi minuman khas Aceh pastinya bakal bikin kamu puas banget karena banyaknya menu yang bisa dipilih. Berikut di antaranya:

1. Teh Tarik

Minuman ini pastinya sudah nggak asing lagi di telinga kita. Terbuat dari teh, gula, dan susu kental manis yang dicampur dengan sangat khas, kombinasi ini menciptakan rasa yang manis dan menyegarkan.

Cara pembuatan teh tarik Aceh pun sangat unik yaitu dengan menuangkan bahan-bahan dari satu gelas ke gelas lain secara bolak-balik. Proses ini menciptakan busa atau krema yang memberikan sensasi lembut ketika kita menikmatinya.

Rasanya yang nikmat pun akan semakin sempurna jika disandingkan dengan beragam kudapan khas Aceh yang mengenyangkan.

Info wajib baca: Rumah Adat Aceh: Makna, Ciri Khas, dan Gambar Bangunannya

2. Kopi Gayo, minuman khas Aceh paling populer

Kopi Gayo, merupakan minuman jenis kopi-kopian yang telah mendunia dan nggak boleh kamu lewatkan. Minuman ini terbuat dari biji kopi yang tumbuh di dataran tinggi Gayo, Aceh.

Biji kopi Gayo telah ada sejak jaman pendudukan Belanda, dan sekarang menjadi salah satu kopi terkenal di Indonesia. Kamu dapat menemukan berbagai kedai kopi yang menjual Kopi Gayo di Aceh. Mencicipi kekhasan kopi ini, akan membuat Anda lebih mendekatkan diri pada tradisi dan budaya Aceh.

3. Kopi Sanger

Kopi Sanger menjadi salah satu legenda dalam dunia kopi Aceh selain Kopi Gayo. Minuman ini terbuat dari campuran kopi hitam, susu kental manis, dan gula yang diseduh dengan air panas.

Proses penyajiannya pun masih mengikuti cara tradisional dengan menggunakan saringan berbentuk kerucut. Bagi pecinta kopi, mencicipi Kopi Sanger adalah pengalaman yang menghubungkan kamu dengan akar tradisi kopi Aceh.

4. Le Boh Timon, minuman khas Aceh yang menyegarkan

Tak hanya kopi dan teh, ada juga minuman khas Aceh yang menyegarkan. Le Boh Timon adalah minuman tradisional Aceh berupa es serut dengan bahan dasar mentimun, air, gula pasir, madu, dan es batu.

Kombinasi ini menciptakan rasa yang manis serta segar, sangat cocok untuk dinikmati selama bulan suci Ramadhan. Minuman ini menjadi sajian takjil yang menyegarkan dan memuaskan dahaga selama berbuka puasa di Aceh.

5. Ie Seureubet, minuman khas Aceh kaya rempah-rempah

Ie Seureubet adalah salah satu minuman khas Aceh yang unik. Minuman ini dibuat dari beragam rempah-rempah khas Aceh seperti lada, kayu manis, jahe, dan berbagai bumbu lainnya.

Campuran rempah-rempah ini memberikan rasa hangat yang cocok untuk dinikmati di berbagai kesempatan. Rasa sedikit pedas dan segarnya, bersama dengan aroma rempah-rempah yang khas, membuat minuman ini menjadi hidangan yang unik dan lezat saat berkunjung ke Aceh.

6. Kupi Khop

minuman khas aceh
Source: IndoTimes

Kupi Khop adalah minuman yang menggabungkan cita rasa kopi dengan cara penyajian yang unik. Terbuat dari campuran kopi robusta dan gula, dan terkadang tambahan susu, Kupi Khop disajikan dengan gelas terbalik yang diletakkan di atas piring.

Cara penyajiannya yang unik menciptakan pengalaman tersendiri saat kamu menikmati secangkir Kupi Khop. Menikmatinya dengan sedotan akan semakin memperkuat nuansa khasnya.

Info wajib baca: Kelezatan Makanan Khas Aceh yang Unik dan Wajib Coba

7. Susu Jahe, minuman khas Aceh yang menghangatkan

Susu jahe adalah minuman yang populer di seluruh Nusantara, termasuk Aceh. Terbuat dari susu segar yang dimasak bersama jahe menjadikan minuman ini sebagai salah satu yang sempurna untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin atau musim hujan.

Aroma jahe yang khas dan kuat memberikan tambahan nikmat pada minuman ini. Saat ini, susu jahe juga tersedia dalam bentuk instan yang praktis.

8. Es Tebu

Nama lain minuman ini adalah Le Tubr. Es Tebu sangat mudah ditemukan di Aceh, baik di tempat makan maupun di pedagang kaki lima.

Minuman ini tidak hanya segar tapi juga sehat, dan tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan rasa yang segar dan menyehatkan, Es Tebu adalah minuman yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Aceh.


Itulah beragam minuman khas Aceh yang nikmat dan menyegarkan. Jika kamu berencana untuk berwisata ke Aceh, jangan lupa mencicipi minuman-minuman ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Kira-kira, kamu tertarik untuk mencoba yang mana, nih? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare