...
penyebab ketiak basah
5-min read

Catat! Ini 6 Penyebab Ketiak Basah serta Cara Mengatasinya

penyebab ketiak basah

Apa penyebab ketiak basah ketika sedang beraktivitas? Temukan jawabannya di sini!

Seringkah ketiak kamu basah setelah aktivitas? Hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi beberapa orang. Bahkan keluar keringat di ketiak dapat menurunkan kepercayaan diri kamu juga, lho.

Jika seseorang mengalami keringat berlebihan, mereka mungkin mengalami hiperhidrosis, yang ditunjukkan dengan banyak keringat di seluruh tubuh, bukan hanya di ketiak. Berikut ini ada beberapa penyababnya serta cara mengatasinya. Yuk, baca sampai habis!

Info wajib baca: 10 Khasiat Daun Putri Malu untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan sebagai Obat Kuat, lho!

Penyebab Ketiak Basah

Source: Alodokter

Ketiak basah adalah hal yang umum terjadi pada sebagian besar orang, terutama setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan keringat. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi medis di mana kelenjar keringat terlalu aktif dan menghasilkan keringat berlebih. Kondisi ini dapat memengaruhi seluruh tubuh atau hanya area tertentu, seperti ketiak.

Meskipun penyebab pasti hiperhidrosis belum sepenuhnya dipahami, beberapa faktor yang dapat berperan dalam munculnya kondisi ini meliputi faktor genetik, perubahan hormonal, dan gangguan sistem saraf. Hiperhidrosis bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang, sehingga perlu penanganan khusus.

2. Obesitas

Obesitas adalah faktor lain yang dapat memengaruhi tingkat keringat seseorang. Orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki lebih banyak kelenjar keringat dan menghasilkan lebih banyak keringat.

Ini disebabkan oleh jumlah jaringan lemak yang lebih besar pada orang dengan obesitas, yang berfungsi sebagai sumber panas tubuh. Kondisi ini dapat membuat mereka lebih rentan mengalami ketiak basah.

3. Makanan dan minuman tertentu

Ternyata, apa yang kamu makan dan minum juga dapat memengaruhi tingkat keringat kamu lho. Beberapa makanan dan minuman tertentu, seperti makanan pedas, kopi, dan alkohol, dapat merangsang produksi keringat.

Hal ini terjadi karena makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh. Alhasil, mengakibatkan respons dari kelenjar keringat untuk mengeluarkan lebih banyak keringat sebagai cara tubuh untuk mendinginkan diri.

4. Stres dan kecemasan

Kondisi emosional seperti stres dan kecemasan juga dapat menjadi pemicu ketiak basah. Saat seseorang mengalami stres atau kecemasan, tubuh mereka melepaskan hormon kortisol dan adrenalin.

Hormon-hormon ini dapat meningkatkan suhu tubuh dan memicu produksi keringat sebagai respons tubuh terhadap situasi stres. Oleh karena itu, orang yang sering mengalami stres dan kecemasan mungkin lebih rentan terhadap ketiak basah.

5. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan keringat berlebih. Misalnya, hipertiroidisme, sebuah kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif, dapat meningkatkan suhu tubuh dan memicu produksi keringat yang berlebihan.

Selain itu, diabetes dan menopause juga dapat berkontribusi pada ketiak basah. Bahkan, stres dan rasa kecemasan juga termasuk salah satunya.

6. Obat-obatan tertentu

Tak hanya kondisi medis, beberapa obat-obatan juga dapat menjadi penyebab ketiak basah. Beberapa jenis obat, seperti antidepresan, obat penurun tekanan darah, dan obat pereda nyeri, dapat memiliki efek samping berupa peningkatan produksi keringat.

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut dan mengalami ketiak basah yang berlebihan, konsultasikan dengan dokter kamu untuk mencari alternatif yang lebih cocok. Hal tersebut agar tidak menimbulkan keadaan yang lebih parah.

Info wajib baca: Mengenal 8 Karakter Penting dalam Film Spirited Away, Siapa Favorit Kamu?

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Source: DokterSehat

Jika kamu merasa bahwa ketiak basah mengganggu kenyamanan atau kepercayaan diri kamu, ada beberapa langkah yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan deodoran atau anti-perspirant

Anti-perspirant adalah produk yang dirancang khusus untuk mengurangi produksi keringat. Mereka mengandung bahan-bahan seperti aluminium yang dapat membantu menyumbat pori-pori kulit dan mengurangi jumlah keringat yang diproduksi.

Selain itu, Deodoran yang dapat membantu menutupi bau badan tanpa mengurangi produksi keringat. Pilih produk yang cocok untuk kamu dan gunakan secara teratur.

2. Kenakan pakaian yang tepat

Pilihan pakaian juga dapat memengaruhi tingkat ketiak basah. Kenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun atau linen.

Pakaian yang longgar dapat membantu ventilasi dan mencegah penumpukan keringat di daerah ketiak. Jadi, sesuaikanlah dengan baju serta aktifitas yang akan kamu kerjakan.

3. Hindari makanan dan minuman pemicu keringat

Jika kamu tahu bahwa makanan atau minuman tertentu dapat memicu keringat berlebih, usahakan untuk menghindarinya atau mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih sedikit. Ini termasuk makanan pedas, kopi, dan alkohol.

Mengurangi konsumsi makanan dan minuman ini dapat membantu mengurangi ketiak basah. Cobalah untuk menguranginya agar tidak menimbulkan keringat yang berlebih.

4. Cukur bulu ketiak secara teratur

Cukur bulu ketiak secara teratur dapat membantu mengurangi ketiak basah. Bulu ketiak dapat menjebak keringat dan bakteri, sehingga menyebabkan ketiak basah dan bau badan.

Dengan mencukur bulu ketiak, kamu dapat menjaga daerah tersebut tetap kering dan lebih mudah menjaga kebersihannya. Selain itu, dapat membuat kamu nyaman ketika kamu lagi merasa kepanasan atau kegerahan.

5. Mandi secara teratur

Mandi secara teratur adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan dan mengurangi risiko ketiak basah. Gunakan sabun antibakteri saat mandi untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.

Selain itu, pastikan untuk mengeringkan daerah ketiak dengan baik setelah mandi untuk mencegah penumpukan keringat. Bisa dikeringkan menggunakan kipas angin atau hair dryer.

6. Kelola stres dan kecemasan

Jika stres dan kecemasan menjadi penyebab ketiak basah kamu, penting untuk mengelola kedua faktor ini dengan baik. Terapi relaksasi, meditasi, atau konseling psikologis dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang kamu alami.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi keringat yang akan datang pada ketiak kamu. Selain itu, akan membuat kamu nyaman.


Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ketiak yang basah. Jika kamu ada yang mengalami hal seperti itu, bisa langsung coba diterapkan, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare