...
perpustakaan bandung
5-min read

8 Perpustakaan di Bandung dengan Koleksi Lengkap dan Kekinian, Nyaman untuk Skripsian

perpustakaan bandung

Cari buku jangan lupa datang ke berbagai perpustakaan di Bandung ini yang punya koleksi lengkap!

Perpustakaan merupakan pusat pengetahuan dan wadah intelektualitas memegang peran krusial dalam membentuk masyarakat yang cerdas dan berbudaya. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, perpustakaan di Bandung tetap menjadi tempat yang penting untuk mengakses informasi, merenung, dan menggali ilmu pengetahuan.

Maka dari itu, Kostmin akan membawamu untuk menjelajahi keberagaman perpustakaan di Bandung, memahami sejarahnya, dan menelusuri berbagai fasilitas serta layanan yang ditawarkan. Untuk kamu yang sedang skripsian atau hanya sekadar ingin membaca, perpustakaan-perpustakaan ini sangat cocok untukmu.

Info Wajib Baca: 4 Rekomendasi Kost Putri Dekat Kampus UPI di Bandung | Punya Fasilitas Lengkap Harga 1 Jutaan

Rekomendasi Perpustakaan di Bandung

Kalau kamu sedang berada di Bandung atau memang memilih tinggal di kost Bandung sambil melanjutkan pendidikan di Kota Kembang tersebut, ada rekomendasi perpustakaan yang bisa kamu jadikan tempat mencari referensi ilmu pengetahuanmu. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Bandung

perpustakaan bandung
Source: issu.com

Perpustakaan milik pemerintah ini berlokasi di Jalan P. Seram Luwuk Banggao No.2, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung. Tak hanya memiliki koleksi buku ilmiah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Bandung juga memiliki koleksi buku fiksi yang bisa kamu baca di tempat maupun kamu pinjam.

Perpustakaan ini buka hari Senin sampai Jum’at mulai dari pukul 08.00 pagi sampai 15.00 sore. Untuk hari Sabtu, perpustakaan buka dari pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang. Sedangkan pada hari Minggu atau hari libur nasional, Dispusip tidak beroperasi.

Mengutip dari laman resmi Dispusip, sejak tahun 2018 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengubah nama menjadi Dinas Arsip dan Perpustakaan. Perubahan nama ini ada dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 15 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, dan namanya pun berubah menjadi nama yang dipakai sekarang.

2. Perpustakaan Gasibu

Source: SCRAPTERRA

Perpustakaan Gasibu merupakan perpustakaan yang dibangun atas kerjasama DISPUSIPDA Provinsi Jawa Barat dengan Bank BJB. Mengutip dari Jurnal UPI, Perpustakaan Gasibu menjadi satu-satunya perpustakaan yang didirikan DISPUSIPDA di ruang publik Kota Bandung. Adapun harapan dari didirikannya Perpustakaan Gasibu yakni agar masyarakat lebih dekat dengan perpustakaan.

Ingin berkunjung ke Perpustakaan Gasibu? Alamat lengkapnya berada di Jl. Majapahit, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Memiliki waktu buka yang singkat, perpustakaan ini buka dari jam 8 pagi sampai 12 siang. Meskipun begitu, Perpustakaan Gasibu tetap melayani pengunjung yang ingin membaca buku di tempat ini setiap hari, termasuk hari Minggu.

3. Pitimoss Fun Library

Source: Pemkot Bandung

Sebagai taman bacaan terbesar di Kota Bandung, Pitimoss menyediakan koleksi yang lengkap, dari buku fiksi hingga non-fiksi. Pitimoss Fun Library juga selalu menambahkan koleksi buku mereka dari berbagai penerbit Tanah Air untuk menambah koleksi mereka. Tak hanya membaca di tempat, kamu juga bisa meminjam koleksi buku milik Pitimoss Fun Library, lho!

Saat ini Pitimoss menyediakan berbagai bacaan seperti komik, bacaan fiksi, non-fiksi, pop science, ensiklopedi, dan majalah. Untuk meminjam buku, kamu hanya perlu membayar 5 ribu rupiah. Pitimoss Fun Library berlokasi di Jalan Banda No.12-S, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam operasioanl setiap hari pukul 09.00 hingga 20.00.

Info Wajib Baca: Ciwalk, Destinasi Wisata Belanja di Bandung Wajib Kunjung | Bukan Hanya Toko Baju

4. Bima Microlibrary

perpustakaan bandung
Source: archdaily.com

Bima Microlibrary terletak di Jalan Bima No.103, Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Mengutip dari laman resmi Binus University, Perancangan perpustakaan ini memanfaatkan bahan-bahan daur ulang. Adapun 2.000 ember plastik digunakan untuk membangun dinding perpustakaan ini. Keunikan dari desain microlibrary ini adalah dindingnya yang membentuk kode biner.

Ingin berkunjung? Bima Microlibrary ini buka setiap hari mulai dari 08.30 pagi hingga 17.00 sore. Namun, kekurangan dari perpustakaan ini gedungnya yang tidak seluas perpustakaan lainnya di Bandung. Meskipun begitu, Bima Microlibrary memiliki bangunan yang estetik karena gedungnya dirancang oleh arsitek dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

5. Tobucil & Klabs

perpustakaan bandung
Source: jawapos.com

Perpustakaan kekinian ini berlokasi di Jalan Aceh No.56, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Tobucil & Klabs merupakan ruang komunitas yang dikelola secara mandiri sejak 2 Mei 2001.

Tobucil & Klabs berkomitmen untuk mendukung gerakan literasi di tingkat lokal melalui aktivitas yang berbasis pada aktivitas sehari-hari, seperti membaca, menulis, apresiasi, dan pengembangan hobi. Cocok buat kamu yang berminat terhadap literasi!

Tak hanya koleksi buku yang diterbitkan oleh penerbit Tanah Air, kamu juga bisa membaca buku terjemahan, baik fiksi maupun non-fiksi, lho! Tempat berkumpulnya Jurnalis Muda ini tak hanya untuk membaca buku, di Tobucil & Klabs biasanya ada event menarik yang diadakan dan bisa kamu ikuti jika tertarik.

Info Wajib Baca: Pilihan Kost Bandung Jawa Barat di Bawah 1 Juta Buat Pejuang Rantau | Hemat dan Lengkap!

6. Kineruku

Source: kineruku.com

Kalau kamu lagi nyari rekomendasi perpustakaan di Bandung yang jauh dari keramaian, cobain datang ke Kineruku. Tempat ini menyediakan banyak referensi buku, musik, dan film lho. Nggak heran ya, perpustakaan ini sering banget jadi tempat kumpul komunitas pecinta buku, workshop, sampe acara musik.

Selain punya koleksi buku yang oke banget, Kineruku juga menghadirkan makanan dan minuman buat temenin kamu saat baca buku. Ditambah suasana di sini yang tenang banget, cocok banget buat kamu yang butuh konsentrasi penuh.

Mampir saja ke alamatnya di Jalan Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung jika kamu ingin ‘menghilang’ sejenak dari kesibukan dan hiruk-pikuk.

7. Bandung Creative Hub

Source: adbang.bandung.go.id

Perpustakaan nyaman di Bandung yang juga nggak boleh kamu lewatkan adalah Bandung Creative Hub. Gedung setinggi enam lantai ini bakal jadi surganya para kreator di Kota Bandung. Gedung warna-warni dengan arsitektur unik ini dibangun sebagai tempat berkembangnya kreativitas, tempat belajar, dan juga lab untuk industri kreatif.

Bandung Creative Hub pertama kali dibuka tanggal 28 Desember 2017. Nah di gedung ini, ada perpustakaan yang bisa jadi tempat asik untuk dikunjungi, tempatnya nyaman banget, dan koleksi bukunya juga selalu up-to-date.

Nggak hanya itu, Bandung Creative Hub juga menyediakan fasilitas lain yang bisa kamu manfaatin, seperti ruang pameran, ruang nonton film, studio musik, studio rekaman, hingga beberapa ruang workshop yang sudah dilengkapi oleh peralatan sub-sektor animasi, fashion, dan fotografi.

Seru banget, kan? Kunjungi Bandung Creative Hub yang beralamat di Jalan Laswi No.7, Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat ini.

8. Perpustakaan Museum Asia Afrika

Source: itikkecil.com

Terakhir, ada Perpustakaan Museum Asia Afrika yang berlokasi sangat dekat dengan Museum Asia Afrika. Koleksi di sini fokus banget sama yang ada di museum, jadi isinya seputar sejarah, politik, budaya, dan sosial.

Nggak hanya itu, ada juga koran dan majalah terbaru yang ngeliput berita terkini. Lokasi persisnya ada di Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Bandung, Jawa Barat.

Perpustakaan ini buka dari hari Selasa sampai Kamis pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Nah, kalau hari Jumat, beroperasi mulai dari pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Kalau Sabtu dan Minggu, bukanya mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung datang ke sini!

Updated by Faniditya R.


Itulah beberapa rekomendasi perpustakaan di Bandung yang tidak hanya memiliki koleksi lengkap, namun juga tempat yang kekinian dan nyaman untuk kamu belajar maupun skripsian. Sudah pernah berkunjung ke salah satu tempatnya? Atau kamu punya rekomendasi lainnya? Yuk, tambahkan di kolom komentar di bawah, ya!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog! Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah?

Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Bandung Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare