...
prospek kerja manajemen
5-min read

Prospek Kerja Lulusan Studi Manajemen, Banyak Jenis Profesi yang Dapat Dipilih!

prospek kerja manajemen

Ternyata prospek kerja lulusan Manajemen itu cerah dan menjanjikan. Cari tahu bareng, yuk!

Kamu lulusan studi Manajemen yang sedang merencanakan karir? Kalau iya, prospek kerja Manajemen sangat luas dan banyak profesi yang dapat kamu pilih, lho.

Apabila saat ini kamu sedang menjalani perkuliahan di program studi Manajemen, maka tak perlu khawatir dalam menentukan pekerjaan setelah lulus nanti. Pasalnya, terdapat berbagai jenis profesi atau pekerjaan yang bisa diisi oleh lulusan-lulusan studi Manajemen.

Profesi-profesi yang dapat diisi oleh lulusan studi Manajemen, seperti akuntan, staf keuangan, konsultan bisnis, rekruter, dan bahkan manajer atau pimpinan. Profesi-profesi tersebut tentunya sudah terpapar selama berkuliah di bidang Manajemen.

Beberapa mata kuliah di program studi Manajemen seperti Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Keuangan, Pemasaran, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan, Perilaku Konsumen, sampai Manajemen Risiko, dapat menjadi bekalmu untuk menempati profesi-profesi yang sebelumnya telah disebutkan.

Daripada makin penasaran dengan prospek kerja lulusan studi Manajemen, yuk, langsung aja cek penjelasan mengenai program studi Manajemen dan prospek lulusannya di bawah ini.

Info wajib baca: Wajib Tahu! Ini Pengertian, Aturan, dan Jenis Jenis Pemutusan Hubungan Kerja

Mengenal Program Studi Manajemen

prospek kerja manajemen
Source: ReadSpeaker

Kamu sedang menjalani kuliah di Manajemen atau baru mau masuk program studi yang satu ini? Simak sekilas tentang program studi Manajemen di bawah ini.

Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana caranya menata, mengelola, merancang, serta membagi tugas untuk mencapai tujuan atau target dari perusahaan.

Pada umumnya, mahasiswa program studi Manajemen mempelajari tentang bagaimana cara memahami dan menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai suatu tujuan. Adapun mata kuliah (matkul) di semester pertama dan kedua masih berupa matkul umum seperti Agama, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan, dan Pengantar Bisnis.

Setelah itu, di semester tiga dan seterusnya akan mempelajari Etika Bisnis, Manajemen Keuangan, Etika Bisnis, Manajemen Keuangan, Metode Penelitian, Perilaku Konsumen, Manajemen Risiko, dan lain-lain.

Kemudian, di pertengahan masa kuliah mahasiswa akan memilih peminatan atau konsentrasi sesuai keinginan seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Operasional, Manajemen Bisnis, Manajemen Perbankan, dan lain-lain.

Semua ilmu tersebut adalah bagian dari mata kuliah Manajemen yang pada dasarnya diperuntukkan agar mahasiswanya dapat mengaplikasikan keilmuan tersebut secara langsung, baik teori maupun praktik.

Jadi, program studi Manajemen atau ilmu Manajemen mempelajari tentang bagaimana cara atau metode yang dipakai untuk mengelola perusahaan atau organisasi agar lebih baik dan maju.

Prospek Kerja Manajemen dan Jenis-jenis Profesi yang Dapat Dipilih

Prospek kerja yang luas dan menjanjikan membuat lulusan Manajemen mudah dilirik oleh perusahaan besar. Apa saja profesi-profesi yang tersedia? Simak lengkapnya di bawah ini.

1. Prospek kerja manajemen, Staf operasional

prospek kerja manajemen
Source: Freepik

Untuk menempati posisi staf operasional ini biasanya didominasi oleh lulusan peminatan manajemen operasional. Pada peminatan ini fokus terhadap produksi barang, jasa, hingga sistem.

Tugas yang akan dilakukan dalam profesi ini yaitu memastikan faktor produksi di suatu perusahaan atau organisasi tidak terbuang percuma. Sehingga barang atau jasa yang dihasilkan bisa maksimal

2. Konsultan bisnis

Konsultan bisnis
Source: Freepik

Prospek kerja manajemen berikutnya yaitu konsultan bisnis. Konsultan bisnis adalah suatu profesi yang bekerja dengan kliennya untuk membantu meningkatkan, mengembangkan, dan mempertahankan perusahaan dari berbagai lini.

Jika kamu adalah lulusan manajemen peminatan manajemen bisnis, maka profesi ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan karier. Tugas yang akan dilakukan oleh konsultan bisnis di antaranya yaitu, membuat rencana bisnis, melakukan identifikasi masalah, mengembangkan strategi pemasaran, menyediakan jasa konsultasi, dan lain-lain.

3. Prospek kerja manajemen, Marketer

Marketer
Source: Freepik

Ilmu Marketing juga dipelajari saat berkuliah di program studi Manajemen. Maka tak jarang banyak lulusan Manajemen yang berprofesi menjadi marketer atau di dunia marketing.

Profesi ini bertugas dalam memasarkan produk, mengatur iklan, menentukan target pasar, memanfaatkan pemasaran dalam bentuk digital (digital marketing), dan lain-lain. Kemampuan-kemampuan yang mesti dimiliki untuk terjun di profesi ini yaitu komunikasi, kreativitas, negosiasi, berpikir analitis, public speaking, dan lain-lain.

4. Prospek kerja Manajemen: Akuntan

Akuntan
Source: Freepik

Profesi selanjutnya yaitu akuntan, ini cocok bagi kamu yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan menghitung angka-angka dan lain sebagainya.

Profesi ini dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan dan tentunya sangat menjanjikan untuk dimasuki oleh lulusan Manajemen. Terlebih lagi saat berkuliah di Manajemen terdapat beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan keuangan atau akuntansi, serta ada peminatan Manajemen Keuangan yang membuat peluang kamu diterima bekerja lebih besar.

Info wajib baca: 7 Tips Wawancara Kerja Agar Cepat Disodori Kontrak | Jobseeker Harus Tahu!

5. Prospek kerja manajemen, Rekruter

rekruter
Source: Freepik

Profesi rekruter ini tidak hanya bisa diisi oleh lulusan Psikologi, bagi kamu yang merupakan lulusan Manajemen juga bisa berkarier di profesi ini. Program peminatan Manajemen SDM yang terdapat pada beberapa perguruan tinggi dapat kamu ambil jika ingin berkarir di dunia rekruter.

6. Staf HRD

staf HRD
Source: Detik.com

Tidak hanya rekruter yang merupakan prospek kerja lulusan Manajemen peminatan Manajemen SDM, lho, ternyata lulusan Manajemen bisa juga menjadi staf HRD.

Jika rekruter tugas utamanya yaitu pencarian SDM baru untuk perusahaan, agak berbeda dari staf HRD. HRD juga fokus kepada hal yang menyangkut karyawan seperti pelatihan, penggajian, dan lain-lain.

7. Prospek kerja manajemen, Risk manager

prospek kerja manajemen
Source: Freepik

Lulusan Manajemen tentunya sangat cocok untuk menempati posisi managerial di suatu perusahaan, terutama manager. Dari sekian banyak jenis profesi manager, posisi risk manager merupakan salah satu prospek kerja yang menarik bagi lulusan Manajemen.

Tugas utama dalam profesi ini adalah untuk menganalisis jenis risiko yang bisa menghambat jalannya proses bisnis perusahaan. Selain itu, kamu juga perlu membuat rencana dan inisiatif untuk mencegah terjadinya suatu risiko tersebut.

8. Business manager

business manager
Source: Freepik

Profesi managerial lainnya yaitu business manager, prospek kerja ini biasanya menjadi incaran utama lulusan studi Manajemen.

Jika kamu menempati profesi ini, tugas kamu adalah mengawasi dan mengelola kinerja karyawan di dalam divisi bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk melakukan beberapa tugas seperti memastikan produktivitas dan kualitas strategi bisnis perusahaan.

9. Tenaga pengajar

tenaga pengajar
Source: Freepik

Apabila kamu menggemari dunia pendidikan akademik, menjadi tenaga pengajar seperti dosen atau guru merupakan suatu prospek kerja yang dapat dicoba oleh lulusan Manajemen.

Kamu bisa mendaftar sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi atau menjadi Guru Ekonomi SMA dan SMP.

10. Prospek kerja manajemen, Pengusaha

prospek kerja manajemen
Souce: Freepik

Prospek kerja Manajemen yang satu ini sebenarnya bisa dilakukan oleh berbagai lulusan program studi, atau tidak sebatas hanya lulusan Manajemen. Keunggulan lulusan Manajemen apabila bekerja sebagai pengusaha adalah sudah mendapatkan ilmu yang selaras dengan dunia pengusaha dan bisnis.

Sebab, kamu sudah belajar mengenai manajemen risiko, keuangan, bisnis, perilaku konsumen, bahkan belajar soal operasional. Cucok!

11. Berkarir di bidang hukum? Mungkin saja!

Source: Unsplash.com

Jika kamu tertarik dengan dunia hukum, prospek karir lulusan manajemen bisa memilih untuk menjadi seorang cost lawyer, yaitu seorang pengacara spesialis yang teregulasi untuk menangani semua bidang terkait keuangan dalam pekerjaan hukum.

Profesi ini memiliki pengertian sebagai ahli yang memiliki kualifikasi, teregulasi, dan berspesialisasi dalam hukum dan pelaksanaan biaya bisnis.
Dalam tugasnya, tanggung jawab seorang cost lawyer adalah memastikan hubungan perusahaan dengan klien terjalin dengan baik sehingga biaya hukum dihitung dengan benar.

Cost lawyer juga memperkirakan anggaran dan memberikan saran mengenai batasan jumlah pengeluaran untuk suatu perusahan.

12. Berkarir sebagai ASN atau pegawai BUMN

Source: Unsplash.com

Umumnya, BUMN yang berhubungan dengan perbankan dan keuangan dapat menjadi prospek karir bagi lulusan manajemen. Kamu bisa memilih bank-bank BUMN seperti Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Bank Syariah Indonesia sebagai bankir.

Sementara itu, jika ingin berkarir sebagai ASN, kamu bisa mengincar Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Keuangan, Direktorat Pajak, dan lain-lain.

Diperbarui oleh Velin


Itulah prospek kerja manajemen yang dapat kamu pilih, terutama bagi kamu lulusan program studi manajemen. Kalau kamu tertarik berkarir di bidang apa? Coba tulis di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare