...
pusat oleh oleh solo
5-min read

Bingung Memilih Pusat Oleh Oleh Solo? Simak Tips Belanja hingga Tempat Belinya di Sini

pusat oleh oleh solo

Mencari oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang setelah perjalanan dinas atau liburanmu di Solo? Nggak perlu pusing lagi! Kamu bisa menemukan pusat oleh-oleh terbaik, terunik, dan terjangkau sesuai bujet. Mulai dari batik hingga camilan lezat, semua ada!

Oleh-oleh untuk teman, keluarga, dan kolega di kantor tentunya harus spesial dan unik, dong. Yuk, cek panduan belanja hingga pilihan makanan di Solo, kain batik atau pakaian jadi bermotif batik, maupun pernak-pernik berdesain menawan pastinya akan meninggalkan kesan mendalam di hati dan pikiran penerima oleh-oleh. Jadi, baca artikel ini sampai habis kita!

Apa Saja Oleh Oleh Khas Solo?

pasar gede solo
Source: Tribun Jateng

Solo terkenal dengan cendera mata dan oleh-oleh tradisionalnya yang unik, jadi kamu tidak akan kekurangan pilihan saat mencari hadiah yang tepat untuk teman, keluarga, atau orang terdekat! Suvenir tradisional Solo meliputi kain batik, mainan dan kerajinan kayu, serta perhiasan dan aksesori tradisional.

Khususnya cendera mata batik, kamu akan menemukannya di banyak toko di pusat kota. Bisa juga mampir ke Pasar Klewer Solo yang menawarkan barang-barang buatan tangan, seperti kain batik meteran, celana pendek, atau kemeja batik. Ada pula gantungan kunci atau patung buatan sendiri yang bisa jadi oleh oleh Solo lebih personal.

Dari segi makanan, kamu juga bisa memilih buah paling terkenal di Solo dan Jogja, yaitu salak! Buah ini memiliki rasa manis atau asam dengan tekstur unik. Menjadikannya kudapan segar atau tambahan untuk keranjang oleh-olehmu. Selain itu, kamu juga bisa membeli beberapa camilan tradisional seperti bakwan renyah atau getuk goreng.

Nah, dengan adanya pusat oleh-oleh murah dan unik di Solo ini, kamu pasti bisa menemukan sesuatu yang istimewa untuk dibawa pulang, sekaligus jadi kenang-kenangan dari perjalananmu!

Info wajib baca: 5 Pusat Oleh Oleh Jogja, Menarik dan Murah!

Tempat Membeli Batik Solo untuk Oleh-Oleh

pusat oleh oleh solo
Source: Wisata Surakarta

Saat berkunjung ke Solo, tuh, kamu akan menemukan batik di mana-mana! Namanya juga Kota Batik, ya, Solo memang dikenal sebagai penghasil kain batik terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, batik adalah suvenir yang sempurna untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Baik untuk teman, pasangan, atau orang tua, batik pasti akan membuat mereka senang dan kagum.

Tempat terbaik untuk membeli batik Solo adalah di pasar tradisional. Pasar Klewer, yang terletak di sisi timur Solo, adalah salah satu yang paling populer. Namun, kamu juga bisa mampir ke Pasar Gede dan Pasar Legi, yang keduanya berada di pusat kota Solo.

Jika tidak punya banyak waktu atau tidak suka berbelanja di pasar, maka kamu bisa mengunjungi salah satu dari sekian banyak toko independen yang khusus menjual batik, seperti Batik Ansera atau Batik Nenek.

Selain itu mampir ke kampung batik yang kebetulan ada dua di Solo, lho. Kampung Batik Kauman merupakan pusat batik tertua di Kota Solo yang lokasinya tidak jauh dari jalan utama Slamet Riyadi dan Jalan Rajiman. Sementara Kampung Batik Laweyan berada di Kecamatan Laweyan yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pedagang ataupun pembuat batik.

Kamu nggak akan kekurangan tempat untuk berbelanja batik sebagai oleh oleh Solo! Terpenting pastikan untuk selalu mencari batik-batik unik dengan motif yang menarik serta berwarna cerah. Dijamin penerimanya happy, tuh!

Pusat Oleh Oleh Solo Termurah

pusat oleh oleh solo
Source: Kuliner Kota

Kamu mencari oleh-oleh termurah di Solo? Langsung mampir ke berbagai tempat berikut ini untuk menemukan oleh-oleh khas Solo yang murah dan unik:

1. Pasar tradisional

Kunjungi pasar tradisional seperti Pasar Klewer, Pasar Gede, dan Gadjah Mungkur untuk mendapatkan beragam suvenir yang murah dan unik. Mulai dari kain batik hingga kerajinan tangan yang terbuat dari kayu atau bambu. Bisa dipastikan kamu akan menemukan sesuatu yang terjangkau dan istimewa. Selain itu, kamu bisa mempraktikkan kemampuan tawar- menawar agar mendapatkan harga terbaik.

2. Makanan tradisional

Beberapa suvenir paling populer dari Solo berupa makanan. Memangnya ada yang khas? Banyak, kok. Kamu bisa mencari serabi solo, salah satu yang paling populer adalah Serabi Solo Notosuman, atau bakpia. Ya, bakpia juga ada, lho, di Solo, yaitu Bakpia Balong Sumber Rejeki. FYI, bakpia ini merupakan makanan khas peranakan Tionghoa-Jawa yang sudah cukup melegenda di Kota Solo.

3. Toko batik

Bagi kamu yang mencari cendera mata ‘mewah’, pergilah ke toko batik. Ada pakaian tradisional Solo yang indah buatan tangan seperti sarung dan kain panjang. Beberapa toko batik di Kampung Batik Laweyan maupun Kampung Batik Kauman bisa ditawar demi mendapatkan harga yang bagus dengan kualitas sepadan.

Info wajib baca: 6 Rekomendasi Wisata Malam Semarang, Berani Kunjungi yang Terakhir?

Tips Berbelanja di Pusat Oleh Oleh Solo

pusat oleh oleh solo
Source: Orami

Berbelanja di pusat oleh oleh Solo bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. Berikut ini beberapa tips untuk menemukan hadiah yang sempurna untuk teman, keluarga, dan orang tersayangmu.

1. Pilih suvenir yang personal

Solo terkenal dengan batik, angklung, keris, dan wayang kulit. Suvenir-suvenir unik ini bisa menjadi hadiah tepat untuk siapa saja sebagai oleh-oleh istimewa dari perjalananmu! Untuk teman, carilah barang seperti kaos dengan karya seni unik khas Solo atau alat musik tradisional seperti angklung. Untuk si dia atau ibumu, berikan perhiasan tradisional Jawa atau pakaian batik. Jangan lupa tanya ukuran penerima oleh-oleh agar tidak mubazir.

2. Makanan pilihan aman

Kalau kamu tidak sempat mencari suvenir yang personal, nih, makanan selalu jadi pilihan aman sebagai oleh-oleh. Aneka keripik atau camilan khas Solo seperti bakpia dan serabi tentu akan mereka terima dengan perut kosong (maksudnya pasti dimakan, ya). Selai, madu, dan saus sambal lokal juga bisa menjadi oleh-oleh yang lezat!

3. Tanya sebelum beli

Biasakan bertanya sebelum memilih dan membeli sesuatu. Jangan sampai kamu ‘ditembak’ untuk membayar harga yang terlalu tinggi, atau dirasa nggak sepadan dengan barang incaranmu. Kalau perlu kamu survei harga dulu untuk membandingkan antara toko A dan toko B, atau C, D, dan seterusnya. Kalau terlalu mahal, nih, selalu ada barang lain sebagai alternatifnya.


Itulah panduan untuk belanja di pusat oleh oleh Solo. Kamu bisa mencari barang-barang sesuai kebutuhan yang unik dan murah buat oleh-oleh orang tersayang. Apakah kamu punya rekomendasi untuk beli oleh-oleh khas Solo? Coba tinggalkan infonya di kolom komentar, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare