...
wisata malam semarang
5-min read

8 Rekomendasi Wisata Malam Semarang, Berani Kunjungi yang Terakhir?

wisata malam semarang

Kalau kamu sedang ke Semarang, jangan lupa datang ke beberapa tempat wisata malam ini!

Semarang, menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang banyak diminati oleh para wisatawan luar daerah. Semarang merupakan kota metropolitan terbesar keenam di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Palembang.

FYI, secara etimologi, Semarang berasal dari kata “sem”, yang berarti “asam/pohon asam”, dan kata “arang”, yang berarti “jarang”, yang digabungkan menjadi “asam yang jarang-jarang. Kamu sudah tahu fakta ini belum?

Nah, di kota yang terkenal dengan lunpia dan bandeng ini terdapat banyak tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi, termasuk untuk kamu yang ingin menikmati wisata malam di Semarang.

Penasaran dengan wisata-wisata malam yang ada di Semarang? Intip daftarnya di bawah ini, yuk!

Pilihan Wisata Malam Terbaik di Semarang

Kata siapa Semarang tidak punya wisata malam yang menarik? Ada, kok! Tidak kalah dari kota-kota lainnya di Indonesia, kamu juga wajib menyambangi tempat-tempat wisata malam yang ada di Semarang berikut ini!

1. Simpang Lima

wisata malam semarang
Source: Pikiran-Rakyat.com

Simpang Lima jadi rekomendasi wisata malam Semarang yang dapat kamu sambangi jika berkunjung ke Jawa Tengah. Tempat ini sendiri terletak di tengah-tengah kota Semarang, tempat wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana keramaian kota Semarang.

Diberi nama simpang lima, karena memang merupakan persimpangan dari lima jalan. Tempat ini juga dijadikan sebagai pusat Alun-alun Semarang sejak zaman Presiden ke-1 Republik Indonesia Sukarno. Kamu dapat menaiki kendaraan berhias lampu neon atau menikmati jajanan kaki lima yang dijual di sekitar sini. Seru banget, deh!

Info wajib baca: 10 Tempat Wisata di Serang Wajib Mampir | Dari Wisata Alam hingga Sejarah

2. Kota Lama Semarang

wisata malam semarang
Source: Solopos.com

Kalau kamu ingin menikmati suasana Kota Semarang tempo dulu, kamu dapat mengunjungi wisata malam Semarang yang satu ini. Kota lama Semarang, adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang memiliki arstektur bangunan bergaya Eropa zaman dulu.

Kawasan kota tua Semarang juga memiliki banyak bangunan khas Belanda yang masih berdiri kokoh, dan suasana vintage juga masih sangat kental di sini. Kalau kamu mengincar tempat wisata malam Semarang yang Instagramable, tempat ini bisa jadi salah satu destinasi kamu!

3. Rawa Pening

wisata malam semarang
Source: tripadvisor.com

Sekilas jika mendengar kata “rawa” pasti tidak ada yang spesial, kan? Namjun, lain halnya rawa yang ada di kota Semarang ini. Rawa Pening menjadi salah satu spot wisata malam Semarang yang dapat kamu kunjungi jika ingin menikmati pemandangan danau seluas 2.670 hektare.

Di tempat ini juga terdapat spot-spot foto yang menarik dan Instagramable. Rawa Pening sendiri buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Untuk bisa masuk ke sini, kamu cukup merogoh kocek Rp5.000 untuk membayar tiket masuk.

Info wajib baca: 5 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Hits | Cocok Jadi Tempat Healing!

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Source: Surau.co

Masjid dengan arsitektur yang megah dan indah ini, dapat kamu jadikan salah satu pilihan destinasi wisata malam tema religi. Keindahan dan kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah ini, pasti bikin kamu terdiam dan betah untuk berlama-lama mengagumi keindahannya.

Di sini juga kamu dapat menemukan ‘payung’ besar yang menutupi halaman masjid seperti yang ada di Mekkah. Kalau penasaran ingin melihat payung-payung tersebut dibuka secara langsung, cus kamu bisa ke sini di siang hari, ya.

5. Pecinan Semarang

Pecinan Semarang
Source; IDN Times

Beberapa dari kamu pasti sudah tidak asing terhadap tempat yang satu ini. Pecinan Semarang adalah sebuah kampung di Kota Semarang yang kental akan budaya China. Tempat ini juga dapat menjadi salah satu kawasan yang kamu kunjungi sebagai wisata malam.

Di sini, kamu dapat berjalan-jalan sekaligus mencicipi makanan dan jajanan yang dijual di daerah tersebut. Jangan lewatkan untuk mengunjungi klenteng-klenteng dengan arsitektur khas Negeri Tiongkok. Menarik bukan?

Info wajib baca: 4 Wisata Sentul Rasa Bali Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Beli Tiket Pesawat!

6. Tugu Muda

Source: twitter.com/wisatasemarang

Selain beberapa tempat wisata malam Semarang di atas, kamu juga bisa mengunjungi tempat menarik satu ini. Tugu Muda adalah merupakan monumen sejarah yang dibangun pada tahun 1945 dalam rangka mengenang perjuangan masyarakat Indonesia di Pertempuran Lima Hari.

Tugu ini di bangun menyerupai lilin yang mana melambangakan semangat perjuangan yang tidak pernah padam dari masyarakat Indonesia. Apalagi, taman yang ada di sekitar tugu juga sudah dirapikan sehingga lebih enak dilihat.

7. Taman Indonesia Kaya

wisata malam semarang
Source: dlh.semarangkota.go.id

Wisata malam Semarang yang satu ini memiliki konsep ruang terbuka dan cocok untuk kamu kunjungi saat malam hari. Lokasinya ada di Jalan Menteri Supeno No. 11 A, Semarang, Jawa Tengah.

Saat berkeliling tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan air mancur dengan lampu warna-warni serta hiasan taman bunga. Selain itu, kamu juga akan melihat berbagai figur karakter wayang dan dinding mural yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang.

8. Lawang Sewu

Tempat Wisata Angker Semarang
Source: Travelingyuk.com

Kalau mendengar atau melihat kata-kata ‘wisata angker Semarang’, yang terpikirkan oleh sebagian besar orang pecinta wisata mistis pasti Lawang Sewu. Lawang Sewu adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda yang sangat megah.

Dulunya, bangunan berbentuk huruf ‘L’ ini adalah kantor pusat perusahaan kereta api Belanda, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Disebut ‘lawang sewu’ karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak.

Apa yang horor dari Lawang Sewu? Ternyata ruang bawah tanahnya! Ya, Lawang Sewu memiliki ruang bawah tanah yang sering kali menjadi spot wisata mistis, bahkan pernah menjadi tempat uji nyali bagi beberapa orang.

Dulu tempat bawah tanah ini adalah penjara yang dibangun untuk menyekap tahanan perang dan konon sering terjadi peristiwa horor di sana. Untuk kamu yang ingin menguji nyali dengan berkunjung ke ruang bawah tanah, dapat merogoh kocek Rp30.000. Tapi, kalau kamu hanya ingin menikmati kemegahan kantor peninggalan Belanda ini, maka kamu cukup membayar Rp10.000.

Updated by Faniditya R.


Banyaknya tempat wisata malam di Semarang yang membuat kamu tidak akan bosan berkeliling kota ini. Begitu pun kalau kamu sedang mencari hunian yang punya fasilitas lengkap, beberapa kost Semarang ini juga layak untuk dipilih, lho.

Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata malam di atas? Atau kamu sudah pernah mengunjunginya? Share di kolom komentar, yuk!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog! Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid!

Dapatkan Info Kost di Wilayah Terdekatmu:

Kost Dekat UI Depok

Info Kost Dekat ITB Bandung

Info Kost Dekat UNBRAW Malang

Kost Dekat UNPAD Bandung

Kost Dekat Unesa Surabaya

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare