...
skincare hamil
5-min read

Skincare Hamil: Tips dan Produk yang Aman Biar Tetap Glowing Selama Kehamilan

skincare hamil

Kehamilan nggak harus jadi penghalang buat tampil cantik! Ini dia skincare hamil dan tips serta produk yang aman buat bumil!

Hamil memang menjadi momen yang penuh kebahagiaan bagi setiap ibu. Namun, selama masa kehamilan, kulit ibu hamil jadi lebih sensitif. Nggak cuma harus memperhatikan pantangan ibu hamil 14 minggu, penting juga dalam memilih skincare hamil yang cocok.

Pada kesempatan kali ini, Kostmin bakal kasih tips dan rekomendasi produk skincare yang aman untuk ibu hamil biar tetap cantik dan sehat selama masa kehamilan. Yuk kita simak!

Apa itu Skincare?

Selain terkadang suka ada yang mencari makanan ngidam teraneh di dunia, yang namanya perempuan walaupun lagi hamil pasti pengen tetep keliatan cantik, dong. Makanya pasti para bumil masih menyukai memakai skincare.

Buat kebanyakan orang pasti udah nggak asing lagi sama kata berikut. Skincare sendiri merujuk kepada rangkaian perawatan kulit yang dilakukan dengan tujuan menjaga dan meningkatkan kesehatan serta penampilan kulit.

Skincare melibatkan penggunaan berbagai produk dan praktik yang dirancang untuk membersihkan, melembapkan, melindungi, dan memperbaiki kondisi kulit, yang melibatkan langkah-langkah rutin.

Langkah-langkahnya dimulai dari pembersihan, eksfoliasi, penggunaan toner, penggunaan serum atau perawatan khusus, penggunaan pelembap, dan perlindungan terhadap sinar matahari. Produk skincare yang umum meliputi pembersih wajah, scrub, toner, serum, krim pelembap, masker, serta tabir surya.

Tips Memilih Skincare Hamil yang Aman

skincare hamil
Source: Farmaku

Dalam masa kehamilan, perempuan harus cermat dalam memilih skincare yang aman. Karena ternyata, nggak semua bahan-bahan yang terkandung dalam skincare itu aman buat ibu hamil! Selama kehamilan kulit juga cenderung jadi lebih sensitif.

Nah, Kostmin punya beberapa tips dalam memilih skincare hamil buat para bumil, nih! Simak sampai habis dan dicatat, ya!

1. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kehamilan

Sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter atau ahli kehamilan sebelum menggunakan produk skincare baru. Mereka dapat memberikan rekomendasi dan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil.

2. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk

Hindari produk skincare yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti retinoid, salisilat, benzoyl peroxide, hidrokuinon, dan hormon. Perhatikan label produk dan pastikan bahan-bahannya aman untuk digunakan selama kehamilan.

3. Pilih produk skincare hamil yang lembut dan bebas pewangi

Kulit ibu hamil cenderung lebih sensitif selama kehamilan, jadi pilihlah produk yang lembut dan bebas pewangi. Hindari produk yang mengandung parfum atau pewangi buatan yang dapat memicu reaksi alergi atau iritasi kulit.

4. Cermati label “hypoallergenic” dan “non-comedogenic”

Produk yang diberi label “hypoallergenic” diklaim lebih tidak menimbulkan alergi, sedangkan produk yang diberi label “non-comedogenic” tidak akan menyumbat pori-pori. Ini dapat membantu dalam memilih produk yang cocok untuk kulit ibu hamil.

5. Gunakan produk dengan kelembapan yang cukup

Kehamilan dapat mengakibatkan perubahan kulit seperti kekeringan atau perubahan kadar minyak. Pilih produk skincare yang dapat memberikan kelembapan cukup untuk menjaga keseimbangan kulit.

6. Lakukan uji coba produk terlebih dahulu

Sebelum menggunakan produk secara penuh, lakukan uji coba kecil pada area kecil di kulit untuk memastikan tidak ada reaksi negatif atau iritasi yang muncul.

7. Hindari penggunaan produk skincare yang mengandung bahan pemutih atau pengelupasan kulit

Selama kehamilan, kulit ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap perubahan hormonal. Hindari penggunaan produk skincare yang mengandung bahan pemutih atau pengelupasan kulit, karena mereka dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

Selalu ingat bahwa setiap ibu hamil memiliki kebutuhan dan sensitivitas kulit yang berbeda. Penting untuk mendengarkan tubuh dan mencari saran dari profesional kesehatan saat memilih produk skincare yang aman dan sesuai selama masa kehamilan.

Info wajib baca: 5 Cara Mengetahui Orang Hamil dari Leher, Apa Saja?

Rekomendasi Produk Skincare Hamil

skincare hamil
Source: Merdeka

Ketika hamil, kulit calon ibu berubah. Kondisi kulit yang buruk dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan dapat memengaruhi hasil akhirnya.

Agar tetap tampak sehat dan terawat saat hamil, perlu untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Produk perawatan kulit apa saja yang dianjurkan untuk ibu hamil?

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk skincare terbaik untuk ibu hamil agar tetap tampak sehat dan terawat:

1. Mama’s Choice

Buat sebagian orang, merek skincare ini mungkin masih belum familier. Nah, merek skincare hamil satu ini bisa jadi salah satu pilihan buat para ibu hamil yang mau tetep glowing di masa-masa kehamilan tanpa khawatir ada efek samping.

Produk dari Mama’s Choice sendiri diformulasikan khusus buat para ibu hamil sehingga produk perawatan kulit satu ini bersahabat dengan kulit ibu hamil yang cenderung sensitif dan kering.

Produk yang satu ini jadi skincare hamil yang dapat menghidrasi kulit dengan maksimal, dan bikin kulit jadi lembut serta kenyal. Kandungan SPF 24+++ di tabir suryanya juga membuat kulit bumil terlindungi dari sinar matahari dengan baik.

2. Skincare hamil: The Body Shop

Merek produk perawatan kulit yang udah lumayan terkenal dan banyak penggunanya ini, ternyata bisa dipakai buat ibu hamil juga, lho.

The Body Shop sendiri masuk dalam daftar skincare hamil, karena produk-produknya terbuat dari bahan-bahan alami. Merek rangkaian perawatan kulit yang satu ini juga nggak mengandung bahan-bahan berbahaya, jadi aman banget buat dipakai bumil.

Produk ini terkenal lewat pelembap kulitnya yang bagus, skincare hamil ini bisa digunakan para bumil ketika kulit terasa kering dan gatal karena perubahan hormon. Selain itu, aroma yang menenangkan juga bisa mengembalikan mood.

3. Wardah

Skincare hamil yang udah pasti halal? Ada, dong, nih, Wardah! Produk perawatan kulit sampai makeup dari merek ini pasti udah nggak asing lagi dan banyak dipakai cewek-cewek. Wardah Beauty sendiri merupakan produk lokal, loh.

Produk-produk Wardah nggak kalah bagus dari skincare lainnya, karena lolos uji ketat dan uji klinis dan terbukti tidak mengandung bahan yang berbahaya. Selain itu, pastinya produk ini sudah memiliki sertifikasi BPOM jadinya aman buat digunakan karena nggak mengandung zat berbahaya.

4. Skincare hamil: Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum

Masalah hiperpigmentasi pada kulit ibu hamil pastinya bikin nggak pede, tapi kebanyakan produk perawatan kulit yang dapat menghilangkan vlek pasti mengandung bahan-bahan yang nggak dianjurkan untuk dipakai bumil.

Nggak usah bingung, serum ini bisa jadi skincare hamil yang bantu para bumil menghilangkan hiperpigmentasi atau noda hitam di wajah.

Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum sendiri mengandung Vitamin C dan ekstrak buah yang dapat membantu untuk memudarkan hiperpigmentasi di wajah dengan lembut dan pastinya aman buat ibu hamil.

5. Cetaphil

Nah, buat ibu hamil yang punya masalah sama jerawat, bisa pakai Cetaphil sebagai skincare hamil. Sabun wajahnya sendiri sudah banyak digunakan oleh orang-orang dengan kulit yang kering dan cenderung sensitif berjerawat.

Tenang, kalau udah masuk ke daftar ini, pastinya Cetaphil juga jadi salah satu produk skincare hamil yang aman digunakan para ibu hamil!

Info wajib baca: Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Simak Hukumnya Berikut Ini!

Mengapa Penting Berhati-hati dengan Produk Kecantikan Selama Kehamilan?

Selama kehamilan, tubuh mengalami berbagai perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi kulit calon ibu. Beberapa perempuan mengalami perubahan kulit seperti kemerahan, jerawat, hiperpigmentasi, atau peningkatan sensitivitas kulit.

Oleh karena itu, memilih produk perawatan kulit yang tepat selama masa kehamilan sangat penting, karena beberapa bahan kimia dalam produk perawatan kulit tidak aman untuk dikonsumsi atau digunakan selama kehamilan dapat menembus plasenta dan memengaruhi perkembangan janin.

Beberapa bahan kimia yang umum ditemukan dalam produk perawatan kulit, seperti retinoid, salisilat, dan hidroquinon, dapat berpotensi berbahaya bagi perkembangan janin. Selain itu, beberapa pewangi dan pewarna buatan juga dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah pernapasan.


Penting untuk berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit selama masa kehamilan. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau ahli kecantikan yang berpengalaman untuk mendapatkan rekomendasi produk yang aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit selama kehamilan.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare