...
tempat bukber di Solo
5-min read

Catat, 4 Rekomendasi Tempat Bukber di Solo yang Murah!

tempat bukber di Solo

Lagi cari rekomendasi tempat bukber di Solo? Yuk, intip beberapa informasi di bawah ini!

Ramadhan tiba Ramadhan tiba~ Siapa, nih, yang udah nggak sabar buat menyambut bulan Ramadhan? Tentunya, bulan Ramadhan ini merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam.

Selain dikenal sebagai bulan untuk mensucikan diri, bulan Ramadhan ini juga identik dengan menjalin silaturahmi, di mana banyak masyarakat yang saling bertemu untuk mempererat hubungan sosial, baik dengan sesama teman, keluarga, dll. Nah, pertemuan tersebut yang sering dikenal dengan istilah bukber atau buka bersama.

Kamu bisa melakukan bukber dengan kerabat maupun keluarga kamu di berbagai tempat. Ada banyak pilihan tempat bukber buat kamu, lho! Salah satunya di Kota Solo yang terkenal dengan budaya Jawa dan kulinernya, mulai dari jajanan di Pasar Solo sampai resto dan kafenya.

Arti Kata Bukber

Source: NU Online.

Anak zaman sekarang pastinya udah nggak asing lagi dengan salah satu kata gaul ini. Tapi, kalian tau nggak sih asal-usul lahirnya kata bukber ini? Walaupun termasuk dari bahasa gaul, ternyata kata bukber ini juga telah masuk ke dalam daftar kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lho!

Secara bahasa, bukber merupakan kependekan dari kata buka bersama. Kata buka dalam “buka bersama” memiliki arti buka puasa yang biasanya dijalankan oleh umat Islam, yaitu membatalkan puasa dengan makan dan minum. Sedangkan, kata bersama artinya sekelompok orang yang melakukan aktivitas secara bersama atau berkelompok.

Biasanya, nih, bukber dapat dilakukan di berbagai tempat sesuai dengan keinginan, bisa di rumah sendiri atau di rumah-rumah makan. Yuk, simak beberapa rekomendasi tempat bukber berikut ini yang ada di Solo!

Info wajib baca: Jalan-Jalan ke Solo? Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Solo Murah Ini | Nikmati juga Kuliner Khasnya

4 Rekomendasi Tempat Bukber di Solo

Sebagai salah satu kota di Indonesia yang terkenal karena ragam kulinernya, di Solo juga banyak tempat makan yang cocok buat kumpul bukber.

rekomendasi tempat bukber di Solo
Source: Tokopedia

Berikut beberapa rekomendasi tempat bukber di Solo yang dapat kamu kunjungi!

1. Bale Padi Resto

bale padi resto
Source: 20Detik

Dengan nuansa pemandangan hijau di sekitarnya, suasana makan kamu akan makin sejuk ditambah dengan semilir angin. Bale Padi Resto ini berlokasi di Jalan Ovensari Raya, Kadilangu, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Rumah makan ini telah didirikan sejak tahun 2007 dengan konsep semi-outdoor sehingga kamu dapat melihat langsung pemandangan area sawah sambil menikmati sajian makanan di sana. Ketika kamu mengunjungi Bale Padi Resto, kamu akan disuguhi dua jenis sajian makanan yaitu masakan Jawa dan Tionghoa.

Makanan Jawa akan disajikan mulai dari pukul 07.00 -15.00 WIB, sedangkan jam-jam setelahnya akan disajikan menu seafood dan chinese food. Untuk jam operasionalnya sendiri, Bale Padi Resto buka dari pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB.

Bale Padi Resto menawarkan beberapa menu paket yang dapat disajikan oleh pengunjung, untuk paket 1 sendiri dibanderol dengan harga Rp25.000/kotak, paket 2 seharga Rp22.500/kotak dengan minimal 20 orang. Kamu juga bisa melakukan reservasi sebelum pergi ke sana dengan menghubungi nomor berikut 0888-5595-959 atau 0818-0258-8827.

2. Roemahkoe Resto

roemahkoe resto
Source: Pemerintah Kota Surakarta

Rekomendasi tempat bukber di Solo selanjutnya ialah Roemahkoe Resto atau yang biasa dikenal dengan Restoran Laras yang bernuansa Jawa. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Dr. Rajiman No.501, Bumi, Kec.amatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jam operasional untuk tempat makan ini dibuka mulai dari pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB. Resto ini memiliki konsep desain interior dengan nuansa budaya khas Jawa dan menyajikan makanan tradisional dengan menggunakan resep kerajaan.

Resto ini menyediakan berbagai macam menu, di antaranya nasi jemblung khas Solo yang terbuat dari lidah sapi, sosis solo, sosis Roemahkoe, koket, selat Solo, dan lain-lain. Untuk menu dalam Roemahkoe Resto sendiri dibanderol mulai dari harga Rp25.000/menu hingga Rp40.000/menu.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi kontak yang ada untuk melakukan reservasi atau pemesanan dengan sistem delivery yang diantar ke rumah. Kontak Roemahkoe Resto yang dapat kamu hubungi yaitu melalui WA 0812 2688 4598 atau telepon 0271 714 024.

3. Galabo Solo

galabo solo
Source: Solo

Nah, tempat yang satu ini merupakan salah satu tempat favorit anak muda di Solo buat ngabuburit. Pasar Malam Galabo atau yang juga disebut dengan Gladag Langen Bogan ini terletak di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Pada siang hari, pasar ini berfungsi sebagai jalan raya biasa. Namun, mulai dari pukul 17.00 – 05.00 WIB, tempat ini ditransformasi menjadi pasar malam yang menyediakan banyak kuliner dan juga hiburan.

Selain menyediakan beberapa bangku untuk duduk santai, pasar ini juga menyediakan akses Wi-Fi gratis dan pertunjukan musik untuk menghibur para pengunjung. Kamu juga bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Solo dengan harga yang murah seperti di antaranya tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde, dan lain-lain.

Info wajib baca: 4 Rekomendasi Nasi Uduk Kebon Kacang yang Enak dan Murah, Awas Ketagihan!

4. Maps

Source: Popmama.com

Buat kamu pencinta italian dan western foods, kamu bisa mengunjungi salah satu resto yang ada di Solo ini. Resto Maps ini terletak di Jalan RM. Said No.75, Banjarsari, Kota Solo.

Resto ini juga sangat cocok untuk tempat buka puasa bersama karena memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung banyak pengunjung. Di lantai pertama tersedia kapasitas 70-80 orang dan di lantai dua terdapat convention hall yang dapat dipakai dengan kapasitas 130-150 orang.

Meskipun resto ini menyediakan makanan khas Italia dan budaya Barat, namun menu yang disajikan tetap menyesuaikan selera lidah orang Indonesia. Salah satu menu makanan favorit atau best seller ialah Homemade Chicken Wings yang dibanderol dengan harga Rp25.000/porsi, resto Maps ini juga menyediakan aneka kue dengan penghias menu yang cantik mulai dari harga Rp15.000/pcs.

Untuk melakukan reservasi, resto Maps juga menyediakan nomor telepon yang dapat dihubungi. Kamu bisa menghubungi ke nomor telepon +62 271 632123 untuk menanyakan info lebih lanjut terkait pemesanan reservasi.


Nah, itu tadi gaes beberapa rekomendasi tempat bukber di Solo yang dapat kamu kunjungi. Untuk menyambut bulan Ramadhan yang semakin dekat ini, kira-kira kamu udah nentuin tempat buat bukber sama teman atau keluarga kamu, belum? Komentar di bawah, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Bekasi Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare