...
zero base one
5-min read

Kenali Profil Anggota ZEROBASEONE dan Fakta Menariknya

zero base one

Udah tau boygrup baru jebolan Boys Planet, ZEROBASEONE atau ZB1? Kenalan sama semua anggotanya, yuk!

Mnet baru saja menghasilkan jebolan boygrup baru dari survival show bertajuk “Boys Planet“. Boygrup bernama ZEROBASEONE atau disingkat ZB1 yang satu ini menarik perhatian dari lumayan banyak penggemar Kpop.

Siapa Itu ZEROBASEONE?

zero base one
Source: Dcard

ZEROBASEONE atau disingkat ZB1, adalah grup Kpop laki-laki besutan Mnet yang beranggotakan sembilan orang yang berhasil lolos tahap final, dan akan debut pada Juli 2023 mendatang.

Sembilan orang yang lolos tersebut sendiri adalah Kim Jiwoong, Zhang Hao, Sung Hanbin, Seok Matthew, Kim Taerae, Ricky, Kim Gyuvin, Park Gunwook, and Han Yujin. Di mana anggota tertuanya adalah Kim Jiwoong (1998) dan yang termuda adalah Han Yujin (2007).

Nama ZEROBASEONE sendiri adalah nama grup yang diberikan oleh Star Creator, yaitu para penggemar yang turut mendukung para kontestan pilihan mereka di acara “Boys Planet” ini. Dari sekian nama, nama berikutlah yang jadi pilihan Mnet untuk grup yang jadi adik dari Kep1er.

Kenapa adiknya Kep1er, min? Soalnya, ZB1 berada di bawah naungan agensi yang sama dengan Kep1er, yaitu Wakeone Entertainment, agensi sama yang juga berpartisipasi dalam menyelenggarakan acara Girls Planet, dan mendebutkan girlgrup Kep1er tahun lalu.

ZB1 sendiri akan menjalani kontrak dengan Wakeone Entertainment dan menjalani aktivitas grup selama kurang lebih 2 tahun 6 bulan.

Info wajib baca: 7 Film Korea Romantis Bikin Baper yang Wajib Ditonton

Kenalan dengan Anggota ZEROBASEONE, Yuk!

Nah, setelah tau sedikit tentang ZEROBASEONE atau ZB1, sekarang kita kenalan sama masing-masing anggotanya yang ganteng-ganteng ini, yuk! Siap-siap milih bias, nih! Kita mulai dari yang paling tua atau Madhyung, sampai yang paling muda atau Maknae, ya!

1. Madhyung ZEROBASEONE, Kim Jiwoong

zero base one
Source: Kpopmap

Jadi member tertua, Kim Ji Woong lahir pada 14 Desember, 1998, di Wonju, Gangwon-do, Korea Selatan. Uniknya, Ji Woong juga sudah pernah debut dalam grup INX pada 2 Agustus 2016 lalu, dimana ia menggunakan Jinam sebagai nama panggungnya.

Fakta menarik lainnya dari pemegang peringkat kedelapan ini, ia juga pandai berakting dan memulai karier aktingnya pada 2021 lalu dalam drama “The Sweet Blood”.

Ji Woong juga dekat dengan Yoon Seobin karena pernah jadi peran utama bersama di film “Kissable lips” (2022) dan “Roomates of Poongduck 304” (2022). Selain itu, ia juga dekat dengan Holland, dan diketahui pernah muncul dalam salah satu video musiknya.

Selain jadi mantan anggota INX, ia juga pernah masuk ke grup pre-debut bernama ATEEN di bawah nama King dan B.I.T. Total periodenya sebagai trainee adalah kurang lebih enam tahun, sebelum debut di ZEROBASEONE.

Ji Woong punya kemampuan untuk menahan rasa panas, selain itu, ia juga ternyata punya tato di pergelangan kaki atasnya. Walaupun terlihat serius dan dingin, anggota naungan Nest Entertainment ini ternyata senang bercanda dan dianggap imut oleh para fansnya.

Disebut lucu, selain karena suka bercanda dan terlihat imut, bahkan lagu kesukaannya pun adalah lagu tema dari seri animasi korea Pororo.

2. Zhang Hao

zerobaseone
Source: allkpop

Jadi trainee yang sempat bersaing dengan Sung Hanbin di babak penentuan peringkat, Zhang Hao akhirnya mendapatkan peringkat pertama di Boys Planet, dengan total vote sekitar 1,998,154.

Cowok Tiongkok yang lahir di Fujian pada 25 Juli 2000 ini, bisa berbicara bahasa Korea dan Inggris dengan lumayan fasih, loh! Selain itu, periode trainee nya pun terhitung singkat, yaitu hanya sekitar 1 tahun 3 bulan sebelum masuk “Boys Planet”.

Lebih mengesankan lagi, Zhang Hao juga bisa bermain biola dengan sangat baik. Ia bahkan berhasil membuat para master dan teman-temannya kagum dengan kemampuannya ini. Ia juga punya sertifikat pengajar, jadi seandainya tidak debut, ia akan menjadi guru les biola atau musik.

Cowok Yuehua ini juga berhasil jadi center pertama yang berasal dari negara lain di luar Korea Selatan. Dia juga punya nama panggilan Shark, karena giginya yang kecil, ketika tersenyum ia terlihat seperti hiu, bukan gara-gara serem, loh, ya!

Boygrup GOT7 juga jadi role model pemegang peringkat satu ini, bahkan lagu kesukaannya juga berasal dari grup ini, yang berjudul Lullaby.

3. Sung Han Bin

zero base one
Source: Wealthy Peeps

Cowok Gemini yang satu ini lahir di Chungcheongnam-do, Korea Selatan, pada 13 Juni 2001. Uniknya, walaupun berkebangsaan Korea, ia juga bisa sedikit berbicara bahasa China.

Hanbin sendiri menjalani periode trainee selama 1 tahun dan 8 bulan sebelum masuk ke “Boys Planet”. Ia juga adalah mantan trainee dari Cube Entertainment. Ia juga jadi salah satu member yang punya tato, yaitu di dada dan tangan kanannya.

Hanbin sendiri pernah jadi backdancer untuk boygrup Wannaone saat menampilkan Boomerang di “SBS Gayo Daejeon” 2018, dan juga jadi penari latar di penampilan BTS saat membawakan lagu “Dionysus” di acara “MMA” 2019.

Ia sendiri sangat dekat dengan Matthew dan sudah berkenalan sejak sebelum masuk ke Boys Planet dan jadi trainee bersama di Cube Entertainment.

Hanbin dikenal bisa melakukan gerakan waacking dan tutting dengan baik. Selain itu, ia juga pernah menjadi guru menari, dan mendapat sertifikat barista saat menjadi seorang trainee.

4. Seok Matthew

Source: BlogAnChoi

Nah, ini dia temennya Hanbin yang tadi kita bahas sedikit. Lahir pada 28 Mei 2002, Matthew memiliki nama Korea yaitu Seok Woo Hyun. Kenapa bisa jadi Matthew? Karena ia diketahui lahir di Vancouver, Kanada. Temennya Mark NCT, nih?

Kalau yang lain bisa bahasa Inggris dan China selain bahasa Korea, Matthew bisa berbahasa Perancis. Membuatnya lucu, ia bisa tidur di mana saja kurang dari dua menit. Kalo kata orang, sih, pelor alias nempel molor, sederhananya gampang ketiduran, lah.

Masa trainee sebelum masuk Boys Planet yang dijalaninya sekitar 1 tahun 6 bulan. Matthew juga jadi salah satu anggota yang punya tato, yaitu di tangan kanan dan juga di punggungnya. Role modelnya sendiri adalah solois Jay Park.

Info wajib baca: Menyimak Deretan Drama dan Film Terbaru dari Aktor Korea Ternama, Lee Seung-Gi!

5. Kim Taerae

zerobaseone
Source: Mnet

Cowok ganteng yang dapat peringkat keenam ini lahir di Chungcheongnam-do, Korea Selatan, pada 14 Juli 2002.

Sempat jadi trainee selama 2 tahun 1 bulan sebelum ikut Boys Planet, Taerae memiliki nama kelahiran yang sama dengan salah satu anggota Tempest yang juga bernama Taerae. Uniknya, Taerae yang satu ini suka memainkan alisnya ketika bernyanyi.

Satu hal yang membuat Taerae percaya diri adalah tangannya yang besar. Selain itu, ia juga hobi bermain gitar. Taerae juga jadi satu-satunya trainee naungan Wakeone Entertainment yang ada di ZEROBASEONE.

6. Ricky

Ricky
Source: Kpop Chart

Cowok spek Manhwa satu ini lahir di Shanghai, China, pada 20 Mei 2004. Ia juga pernah tinggal di Los Angeles dan California. Nggak heran kalau bahasa Inggrisnya jago banget.

Ricky atau yang punya nama lahir Shen Quanrui ini, jadi salah satu anggota yang punya tato, dan jadi ikon darinya. Tato ini bertuliskan “Rolemodel” dimana ia berharap bisa jadi rolemodel bagi orang lain. Hal ini disampaikan olehnya pada salah satu episode “Boys Planet”.

Jadi salah satu cowok ganteng yang menarik perhatian di ZEROBASEONE karena slogan “Young and rich, tall and handsome“, Ricky menjadikan G-Dragon dari Bigbang sebagai rolemodel-nya. Ia juga menyukai pizza dan baik dalam bermain basket. Pantesan tinggi!

7. Kim Gyu Vin

zerobaseone
Source: kpopping

Anggota yang sering disebut sebagai bokem atau “bocil kematian” oleh para fans Indonesianya ini, lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 30 Agustus 2004. Tingkah dan ekspresinya yang terkadang lucu dan mengundang gelak tawa, membuat banyak fans tertarik padanya.

Gyuvin sendiri punya hobi yang cukup unik, yaitu bermain game, makan makanan enak, dan mendengarkan tiruan suara Junseo. Selain itu, ia juga suka kalau Yujin memegang wajahnya dan suka sekali memanggil Seungeon. Bener-bener bokem, ya, ternyata!

Anggota yang menjadikan Hongjoong dari ATEEZ dan Kai EXO sebagai rolemodel nya ini, ternyata punya kelebihan yang bukan kelebihan. Loh, kok gitu? Iya, karena kelebihannya adalah menjaga keseimbangan dan, kalah main batu-gunting-kertas. Iya, kalah. Hehe.

8. Park Gun Wook

Park Gun Wook
Source: Mnet

Park Gunwook jadi salah satu anggota yang juga menjadikan Jay Park sebagai rolemodel-nya. Anggota yang juga masuk ke dalam maknae line ini, lahir di Gyeonggi-do, Korea Selatan, pada 10 Januari 2005.

Sebelum berpartisipasi di “Boys Planet”, Gun Wook sudah menjalani masa trainee selama 2 tahun 5 bulan. Selain itu, ia juga pernah berpasrtisipasi dalam survival show yang diadakan oleh MBC, yaitu “Extreme Debut: Wild Idol”.

Sayangnya, Gun Wook tereliminasi di episode terakhir yang membuatnya gagal debut bersama grup TAN. Walaupun begitu, di “Boys Planet” ia mendapat peringkat kelima dan berhasil debut bersama ZEROBASEONE.

Walaupun di akhir episode ia mengatakan kalau ia adalah anak yang nakal dan kurang menurut (iya, ini bercanda ya gaes, ya.), Gun Wook ternyata selalu menjadi ketua maupun wakil ketua kelas di sekolahnya sejak SD sampai lulus SMA, loh!

Jangan salah, Gun Wook juga sempat menjadi bagian dari tim dance, debat, serta football di SMP. Keren banget, kan? Hayo, kamu jadi tertarik buat biasin salah satu bokem yang jadi temennya Gyuvin ini, nggak?

9. Maknae ZEROBASEONE, Han Yujin

zerobaseone
Source: Kpop Chart

Han Yujin jadi member terakhir yang diumumkan debut, sekaligus jadi maknae di grupnya. Ia lahir di Gyeonggi-do, Korea Selatan, pada 20 Maret 2007. Adek gemes, nih!

Yujin sendiri jadi member keempat di bawah Yuehua Entertainment yang berhasil debut. Walaupun terlihat kalem, Yujin ternyata punya kebiasaan yang unik, tapi agak serem, ya. Dia bisa tidur dengan mata yang terbuka.

Selain itu, Yujin ternyata pintar, loh! Ia memiliki kelebihan di bidang sains, yaitu ia paham dan memiliki pengetahuan terkait sistem motorik. Hayo, adik-adik kelahiran 2005 ada yang paham juga nggak, nih?

Posisi Anggota ZEROBASEONE

Mengenai posisi ZB1, satu-satunya posisi resmi adalah pemimpin ZB1, yaitu Sung Han Bin. Meski nggak memiliki posisi resmi, Sung Han Bin, Zhang Hao, dan Kim Tae Rae dianggap sebagai bagian dari line vokal.

Banyak anggota yang juga dianggap sebagai anggota dengan kemampuan serba bisa. Mereka adalah Zhang Hao, Sung Han Bin, Park Gun Wook, Seok Matthew, dan Ricky. Park Gun Wook, Kim Ji Woong, Kim Gyu Vin, Seok Matthew, dan Han Yu Jin merupakan bagian dari line rap.

Fakta Menarik

ZEROBASEONE (ZB1) terdiri dari 9 anggota yang lahir antara tahun 1998 dan 2007. Usia mereka berkisar antara 16 hingga 24 tahun pada saat grup ini dibentuk pada tahun 2023. Anggota tertua adalah Kim Ji Woong (lahir 14 Desember 1998).

Dia berusia 24 tahun pada saat grup ini dibentuk. Anggota termuda adalah Han Yujin (lahir 20 Maret 2007). Ia berusia 16 tahun saat grup ini dibentuk pada tahun 2023. Ada jarak 8,5 tahun antara anggota tertua dan anggota termuda.

Dari segi kewarganegaraan, ada 3 anggota internasional dan 6 orang Korea. Sung Han Bin, Kim Ji Woong, Kim Tae Rae, Han Yu Jin, Park Gun Wook, dan Kim Gyu Vin lahir di Korea Selatan. Zhang Hao dan Ricky adalah orang Cina. Seok Matthew lahir di Kanada, dia adalah seorang Korea-Kanada.

Penasaran apa lagi fakta dari grup Kpop satu ini? Simak di bawah!

  • Semua anggota ZB1 memiliki kepribadian ekstrovert kecuali Zhang Hao yang introvert. Sekitar 4 dari 9 anggota adalah ENFJ, menjadikannya tipe MBTI yang paling umum dalam grup.
  • Semua anggota lahir pada tahun 2000-an, kecuali Kim Ji Woong, anggota tertua dalam grup.
  • Pada April 2023, usia rata-rata anggota grup ini adalah ± 20 tahun.
  • Anggota tertinggi ZB1 adalah Ricky dengan tinggi 184 cm (6’0”).
  • Anggota terpendek dari ZB1 adalah Seok Matthew dengan tinggi 170 cm (5’6”).

Nah, itu tadi sedikit profil serta fakta unik dari masing-masing anggota boygrup Zero Base One atau ZB1! Ada pick kamu yang debut di sini? Selamat, ya! Buat kamu yang baru mau jadi fans grup ini, udah semakin tertarik buat stan ZB1? Atau udah nentuin siapa biasmu di sini?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare