...
alun alun solo
5-min read

Ada Apa di Alun Alun Solo? Pencinta Wisata Sejarah Merapat, Yuk!

alun alun solo

Penasaran kenapa Alun Alun Solo selalu ramai? Cari tahu jawabannya di artikel ini.

Siapa yang pengen pake banget liburan ke Solo? Mungkin banyak dari kamu yang menjadikan Solo atau juga dikenal sebagai Surakarta menjadi salah satu kota destinasi liburan, baik untuk wisata kuliner maupun belanja batik.

Salah satu tempat yang terkenal dan ikonik adalah Alun Alun Solo. Alun alun Solo terletak di Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang biasa disebut sebagai Keraton Kasunanan Surakarta. Ternyata alun-alun di keraton ini ada dua buah, yaitu Alun Alun Lor (utara) dan Alun Alun Kidul (selatan).

Dan… alun-alun tidak selalu identik dengan taman berumput hijau untuk kegiatan bersantai atau berjalan-jalan di sore hari. Alun Alun Solo sendiri dapat menjadi salah satu tempat wisata dengan berbagai kegiatan yang menarik, dari wisata sejarah, sampai wisata keluarga. Nggak heran, kan, kalau di malam Minggu tempat ini selalu ramai pengunjung.

Beda Alun-Alun Lor dan Alun-Alun Kidul

alun alun solo
Source: surakarta.go.id

Walaupun keduanya terletak di satu wilayah keraton yang sama, kedua Alun Alun Solo ini memiliki perbedaan, gaes! Alun-Alun Lor dekat dengan Pasar Klewer, dan dijadikan sebagai pintu masuk ke keraton sebelah utara. Nah, di sebelah utara alun-alun terdapat sebuah gapura yang bernama Gapura Gladag.

Sedangkan Alun-Alun Kidul dijadikan sebagai pintu masuk ke keraton melalui pintu sebelah selatan. Pada Alun-Alun Kidul ini terdapat benteng yang mengelilinginya yang disebut sebagai Gapura Gadhing.

Kesamaan dari kedua alun-alun tersebut adalah sama-sama mempunyai dua pohon beringin kembar di bagian tengahnya. Meskipun begitu, alun-alun yang sering kedatangan pengunjung adalah Alun-Alun Kidul. Biasanya, Alun-Alun Kidul ini ramai dikunjungi oleh orang-orang pada malam Minggu.

Info wajib baca: 6 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable, Pernah ke Sini?

Di Alun Alun Solo Bisa Ngapain Aja?

Kalau mendengar kata alun-alun yang kepikiran pasti jalan-jalan santai, atau duduk di bangku sambil menikmati pemandangan atau suasana di sekitar alun-alun. Tapi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ketika berkunjung ke Alun Alun Solo.

Asyiknya lagi, nih, untuk memasuki alun-alun ini kamu tidak perlu membayar tiket, alias gratis. Kamu bisa langsung datang dan menikmati suasana serta pemandangan di sekitar Alun Alun Solo sambil menikmati jajanan di sekitarnya. Dijamin seru!

1. Belajar sejarah Alun Alun Solo

alun alun solo
Source: infojateng.id

Siapa sangka dengan datang ke Alun Alun Solo kamu bisa belajar sejarah? Ya, Alun Alun Solo yang satu ini juga menyimpan sejarah yang cukup menarik. Berhubung tempatnya masih di kompleks keraton Surakarta, kamu bisa sekaligus berkunjung ke keraton, deh.

Dulunya, fungsi alun-alun adalah tempat bertemunya raja dan rakyat. Selain itu, bagi warga yang ingin bertemu raja bisa melakukan tapa pepe, yaitu kegiatan duduk bersila di bawah sinar matahari sebagai bentuk unjuk rasa atau aksi menyampaikan pendapat. Sampai akhirnya abdi keraton daang menjemput, barulah saat itu bisa bertemu dengan raja.

2. Mencoba peruntungan di pohon beringin kembar Alun Alun Solo

alun alun solo
Source: Hipwee

Kamu sudah dengar soal pohon beringin kembar yang ada di alun-alun ini, bukan? Banyak orang yang sering mencoba peruntungannya di sini, lho! Caranya mudah, kok, kamu cukup membuat keinginan, lalu kamu tinggal berjalan lurus ke arah pohon kembar tersebut dengan mata tertutup kain.

Konon, sih, kalau kamu berhasil melewati jalan di tengah pohon beringin kembar, maka keinginan kamu akan terwujud! Gimana, tertarik untuk mencoba?

3. Mencoba jajanan sekitar

alun alun solo
Source: Tribun

Kalau kamu datang ke sini, tidak perlu khawatir lapar karena di sekitar alun-alun Surakarta terdapat banyak penjual makanan kaki lima yang menawarkan makanan dengan harga murah dan enak. Wajib coba, lur!

Di sini juga biasanya terdapat penjual makanan tradisional khas Solo, salah satunya adalah sup matahari. Tapi, tenang, di sini juga ada para pedagang kaki lima yang menjual menu makanan kekinian. Tinggal pilih, deh, mau makan apa.

4. Memberi makan kerbau bule

alun alun solo
Source: Regional – KOMPAS.com

Di alun alun Solo sendiri terdapat tempat untuk merawat kebo bule Kyai Slamet yang biasa dikirab pada acara Gerebek Satu Suro. Kenapa namanya kebo bule atau kerbau bule? Karena kerbau-kerbau yang ada di sini berwarna putih, lucu, ya!

Selain dapat melihat kerbau-kerbau putih yang dikeramatkan oleh para penduduk, kamu juga dapat memberi makan kerbau-kerbau putih ini, lho. Nggak perlu jauh-jauh mencari sayur, kamu tinggal membeli sayuran yang dijual di dekat alun-alunnya untuk memberi makan kebo-kebo bule ini. Cocok untuk tempat wisata anak, kan?

Info wajib baca: 4 Wisata Sentul Rasa Bali Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Beli Tiket Pesawat!

5. Bermain di wahana hiburan malam

alun alun solo
Source: Solopos.com

Nggak cuma Dufan yang punya wahana permainan keluarga, Alun Alun Solo juga punya, dong! Kalau sedang berkunjung ke sini, kamu tidak perlu khawatir bosan karena ada wahana hiburan juga saat malam hari.

Di alun-alun ini, kamu dapat menemukan berbagai wahana keluarga yang menarik untuk disambangi, seperti komedi putar, becak hias warna warni, tempat permainan anak, bahkan kamu juga bisa naik andong!


Gimana, kamu yang punya rencana untuk liburan ke Solo, tertarik menjadikan Alun Alun Solo sebagai salah satu destinasi wisata untuk kamu sambangi bersama keluarga ataupun teman-teman? Tempat ini tidak kalah menarik dari tempat-tempat wisata lainnya di Solo. Kalau punya rekomendasi wisata sejarah di Solo lainnya berbagi di kolom komentar, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare