...
makanan khas Kendari
5-min read

Mencicipi Kenikmatan Kuliner Kendari: Makanan Khas yang Wajib Dicoba!

makanan khas Kendari

Simak rekomendasi makanan khas Kendari yang wajib kamu coba berikut ini, yuk!

Halo, gaes! Siapa yang suka dengan kuliner khas daerah? Kalau kamu sedang berada di Kendari, Sulawesi Tenggara, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang wajib di-coba.

Mulai dari ikan bakar khas Kendari hingga menu yang memukau lidah seperti bubur kendari dan nale kharee, semua bisa kamu temukan di sini. Yuk kita jelajahi kenikmatan kuliner Kendari bersama-sama!

Tempat Wisata yang Menarik di Kendari

Tidak hanya kaya akan kuliner, Kendari juga memiliki ragam tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi.

1. Kebun Raya Kendari

Kebun Raya Kendari
Source: Celebes ID

Kebun Raya Kendari merupakan sebuah taman botani yang terletak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Tempat ini memiliki luas sekitar 12 hektar dan memiliki berbagai jenis tumbuhan dari Indonesia dan luar negeri yang dijadikan koleksi.

Tempat wisata ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas seperti ruang pameran, ruang serba guna, lapangan olahraga, dan fasilitas pendukung lainnya untuk kegiatan edukasi, penelitian, dan rekreasi. Selain itu, Kebun Raya Kendari juga memiliki program-program pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati serta menjadi tempat tujuan wisata edukasi yang menarik bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kendari.

Untuk mengunjungi Kebun Raya ini, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp10.000 untuk tiket masuknya. Tempat ini juga dibuka untuk umum mulai dari pukul 07.00-17.30 WITA.

Info wajib baca: Cobain 5 Makanan Khas Wonosobo Berikut Ini, Murah dan Ikonis!

2. Bukit Alebo

Bukit Alebo
Source: Wisato.id

Wisata alam selanjutnya di Kendari ialah Bukit Alebo. Bukit ini terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia dan memiliki ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan indah dari atas bukit yang menakjubkan.

Di Bukit Alebo, pengunjung dapat menikmati panorama Kota Kendari yang menakjubkan, hamparan perkebunan kelapa yang hijau, dan panorama laut Kendari yang eksotis. Untuk mencapai puncak Bukit Alebo, pengunjung harus melewati beberapa jalur pendakian yang menantang.

Namun, setelah mencapai puncak, perjuangan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain menikmati pemandangan indah, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti camping, hiking, dan berburu foto di Bukit Alebo. Kamu juga nggak perlu keluar biaya tiket masuk di tempat ini alias gratis, lho!

3. Puncak Saiful Tamburaka

Puncak Saiful Tamburaka
Source: Wisato.id

Puncak Saiful Tamburaka adalah sebuah bukit yang terletak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 450 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan menawarkan pemandangan indah dari atas bukit yang memukau.

Puncak Saiful Tamburaka juga menjadi tempat yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam di Kendari. Untuk mencapai puncak Saiful Tamburaka, pengunjung harus melewati beberapa jalur pendakian yang menantang dan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam lamanya perjalanan.

Selain pendakian, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti camping, hiking, dan berburu foto di Puncak Saiful Tamburaka. Puncak Saiful Tamburaka menjadi salah satu destinasi wisata yang populer bagi para pecinta alam di Kendari.

Kamu juga hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000/tiket untuk tiket masuknya. Dengan biaya semurah itu, kamu benar-benar bisa menikmati pemandangan alam dari Bukit Saiful Tamburaka ini.

4. Pantai Toronipa

Pantai Toronipa
Source: KSMTour.com

Selain pemandangan alam seperti bukit, Pantai Toronipa juga merupakan salah satu pantai yang terletak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pantai ini memiliki pasir putih dan laut biru yang jernih, serta panorama alam yang menakjubkan.

Pantai Toronipa juga menjadi tempat yang populer bagi para wisatawan dan masyarakat lokal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam di Kendari. Beberapa fasilitas yang disediakan seperti tempat parkir, warung makan, kamar mandi, dan tempat penyewaan perahu.

Pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di Pantai Toronipa, seperti berenang, berjemur, bermain pasir, snorkeling, atau berkeliling pantai dengan perahu. Selain keindahan alamnya, Pantai Toronipa juga dikenal dengan atraksi seni tari Kolosal Kandindi yang sering ditampilkan di sekitar pantai sebagai tari tradisional asal Sulawesi Tenggara.

Untuk biaya tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar Rp10.000/tiket. Murah banget, kan?

Rekomendasi Makanan Khas Kendari

Setelah mengunjungi tempat wisata, tidak lengkap kalau kamu belum mencoba makanan-makanan khas Kendari berikut ini.

1. Lapa Lapa Khas Kendari

Lapa Lapa Khas Kendari
Source: Orami

Lapa-lapa adalah makanan khas Kendari yang terbuat dari bahan dasar beras dan santan kelapa. Makanan satu ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu ikan atau daging yang kaya rempah, seperti bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk.

Lapa-lapa juga sering disajikan dengan irisan ketupat, sayur nangka, dan sambal. Lapa-lapa memiliki rasa yang kenyal dan lezat, serta menjadi hidangan yang populer di Kendari dan Sulawesi Tenggara.

2. Sinonggi

Sinonggi
Source: Detik.com

Makanan Sinonggi adalah hidangan khas dari daerah Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Makanan ini terbuat dari saripagu sagu dan dioleh dengan rempah-rempah yang khas.

Kuliner satu ini juga bisa dihidangkan dengan sayur kangkung, sambal terasi, dan irisan jeruk nipis. Makanan Sinonggi biasanya disajikan dalam porsi besar dan bisa dimakan bersama-sama dengan keluarga atau teman-teman. Hidangan ini sangat populer di Kendari dan dianggap sebagai salah satu makanan khas daerah tersebut.

3. Kapusu Nosu

Kapusu Nosu
Source: Fimela

Kuliner khas daerah Kendari selanjutnya ialah Kapusu Nosu. Kapusu Nosu merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang berbahan dasar jagung dan kacang merah.

Cara membuat Kapusu Nosu pun tidak susah. Hanya perlu direbus dengan santan kelapa dan garam. Kapusu nosu juga akan terasa lebih nikmat kalau disantap bersama ikan kering dan sambal terasi.

4. Sate Pokea

Sate Pokea
Source: IDN Times Sulsel

Buat kamu penyuka makanan laut, kamu juga bisa menemukan kuliner satu ini di Kendari. Sate Pokea merupakan sate yang terbuat dari kerang.

Untuk membuatnya, kadang memerlukan bacem yang terbuat dari gula merah. Oleh karena itu, Sate Pokea ini memiliki citra rasa pedas dan manis yang cocok buat kamu yang menyukainya.

5. Ikan Dole

Ikan Dole
Source: JADESTA

Saat kamu berkunjung ke Kendari, Sulawesi Selatan, kamu wajib juga cobain makanan satu ini, nih! Namanya Ikan Dole. Ikan ini merupakan ikan jenis Tenggiri yang cara penyajiannya dilumat dan dicampur dengan kelapa muda parut.

Ikan ini juga diolah menjadi bentuk segitiga dan digoreng hingga warnanya kecokelatan. Kamu akan merasakan gurihnya santan yang digoreng renyah dengan aroma bawang yang khas. Kebayang nggak sih seenak apa?

Info wajib baca: Makanan Khas Sidoarjo yang Enak dan Wajib Coba!


Itu dia, gaes, beberapa tempat wisata dan makanan khas Kendari yang wajib kamu coba kalau kamu berkunjung ke sana. Pastinya, kamu makin tertarik buat berlibur ke Kendari setelah baca artikel ini kan? Kira-kira, makanan khas Kendari apa nih yang masuk ke wishlist kamu paling atas dari daftar tersebut? Boleh banget komen di bawah, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare