...
cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri
5-min read

6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Penyebabnya

cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri

Apakah kamu tahu cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri? Yuk, cari tahu di sini!

Gangguan dalam aktivitas sehari-hari pasti akan muncul ketika kamu mengalami sakit kepala di sebelah kiri. Penting bagi penderita untuk mengetahui penyebab dan cara yang efektif untuk meredakan sakit kepala tersebut.

Ada berbagai faktor penyebab sakit kepala sebelah kiri dan gejalanya biasanya akan mereda dalam beberapa jam. Namun, jika rasa sakit tidak segera menghilang, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang lebih optimal.

Lalu, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri? Yuk temukan jawabannya di bawah ini!

Info wajib baca: 6 Penyebab Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri
Source: alodokter

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab sakit kepala di sisi kiri, dan sering kali mungkin tidak terdeteksi dengan mudah. Berikut adalah beberapa kemungkinan pemicu yang sebaiknya kamu kenali:

1. Alergi

Infeksi umum seperti flu atau sinusitis dapat menjadi pemicu sakit kepala yang tak tertahankan. Kondisi ini terjadi karena saluran sinus menyempit akibat infeksi atau reaksi alergi, menyebabkan rasa sakit di bagian kepala.

Bahkan, infeksi yang lebih serius, seperti ensefalitis dan meningitis. Selain itu juga dapat mengakibatkan sakit kepala hebat yang bisa muncul di kepala sebelah kiri.

2. Faktor gaya hidup

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari dapat menjadi penyebab munculnya sakit kepala pada sisi kiri. Misalnya, kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres kortisol yang dapat memicu sakit kepala tegang.

Orang yang mengalami gangguan tidur cenderung lebih rentan terhadap sakit kepala di sisi kiri. Selain itu, pola makan yang mengandung terlalu banyak garam dan tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan ketegangan otot dan mengurangi sirkulasi darah.

3. Terlalu sering minum obat pereda nyeri

Meskipun awalnya digunakan untuk meredakan sakit kepala, konsumsi obat pereda nyeri. Seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan paracetamol dapat memperparah gejala sakit kepala.

Terutama jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan dan secara rutin lebih dari 2-3 hari per minggu, penggunaan obat pereda nyeri tersebut sebaiknya dikurangi. Karena konsumsi obat berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kiri.

Info wajib baca: 10 Cara Mengatasi Kekenyangan yang Ampuh, Apa Saja?

4. Migrain

Sakit kepala sebelah kiri dapat dipicu oleh migrain. Kondisi tersebut ditandai dengan serangan sakit kepala atau denyutan di satu sisi kepala.

Migrain di sisi kiri kepala dapat diawali atau disertai dengan migran aura. Migran aura sendiri merupakan gangguan penglihatan atau sensasi mati rasa pada salah satu sisi tubuh.

5. Gangguan saraf

Dalam banyak kasus, sakit kepala di sisi kiri juga dapat disebabkan oleh masalah pada sistem saraf. Beberapa masalah saraf yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri antara lain neuralgia occipital, giant cell arteritis dan trigeminal neuralgia.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Source: halodoc

Penanganan sakit kepala sebelah kiri perlu disesuaikan dengan akar penyebabnya. Meskipun demikian, untuk mengurangi gejala yang timbul, ada beberapa cara sederhana yang bisa coba di rumah, antara lain:

1. Menggunakan kompres dingin atau panas

Mengompres area yang sakit dengan panas atau dingin juga dapat mengurangi sensasi sakit di kepala, baik di sisi kiri atau kanan. Caranya cukup sederhana, rendam handuk dalam air panas atau dingin, kemudian tempelkan pada bagian kepala yang terasa sakit selama 15–20 menit.

2. Tidur yang cukup

Salah satu langkah simpel untuk meredakan sakit kepala sebelah kiri adalah dengan istirahat yang cukup dan memastikan kamu tidur dengan waktu yang memadai. Kurang tidur dapat menjadi pemicu dan memperparah sakit kepala sebelah.

Oleh karena itu, pastikan untuk tidur selama 7–9 jam setiap hari. Hal tersebut berguna untuk mengurangi risiko dan mengatasi kondisi tersebut.

3. Mandi dengan air hangat

Cara ini juga bisa menjadi cara untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Mandi atau berendam dalam air hangat dapat membantu mengurangi ketegangan otot kepala, sehingga sakit kepala dapat berkurang.

4. Cukupi asupan cairan tubuh

Dehidrasi dapat menjadi pemicu sakit kepala sebelah kiri. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini, penting untuk menjaga kecukupan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

5. Lakukan gerakan relaksasi

Teknik-teknik relaksasi dapat membantu mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan oleh stres. Beberapa pilihan termasuk meditasi, latihan pernapasan, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

6. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga rutin tidak hanya membantu meredakan stres, yang sering kali menjadi pemicu sakit kepala sebelah kiri, tetapi juga meningkatkan mood dan kualitas tidur.


Jika berbagai cara di atas tidak memberikan hasil, kamu dapat mencoba obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol. Apabila sakit kepala sebelah kiri semakin parah atau disertai dengan gejala tambahan seperti demam selama lebih dari 3 hari, diare, atau muntah berkelanjutan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare