...
daftar mudik gratis
5-min read

Daftar Mudik Gratis 2023, Cek Syarat, Rute, dan Cara Daftarnya, Yuk!

daftar mudik gratis

Ada kabar baik, nih, kamu bisa daftar mudik gratis 2023!

Selain buka puasa, hal paling ditunggu setelah menjalani bulan Ramadan adalah momen Lebaran! Siapa, sih, yang nggak mau pulang kampung, atau istilahnya, mudik? Pasti kebanyakan dari kamu juga mau cepet-cepet Lebaran dan pulang ke kampung halaman, terutama anak rantau, pasti kangen banget sama rumah!

Ada kabar baik buat kamu yang berdomisili di Semarang serta Purworejo, karena Kementerian Perhubungan mengadakan program mudik gratis 2023! Tahun ini, kamu bisa daftar mudik gratis dengan salah satu dari dua moda transportasi berikut, yaitu kapal laut dan kereta api.

Waktu pendaftarannya sendiri dimulai pada 1 Maret – 3 Mei 2023 untuk kereta, dan 23 Maret – 7 April 2023 untuk kapal laut. Nah, buat kamu yang udah nggak sabar dan penasaran buat daftar mudik gratis di tahun 2023 ini, yuk, kita simak dulu syarat dan ketentuan, rute, dan cara daftarnya berikut ini!

Syarat dan Ketentuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

mudik gratis 2023
Source: NCR Sport

Untu bisa ikut dan daftar mudik gratis tahun 2023 ini udah pasti ada syarat dan ketentuannya ya, gaes. Syarat dan ketentuan ini juga agak berbeda antara moda transportasi kapal laut dan kereta api. Sebelum daftar, simak masing-masing syarat dan ketentuan daftarnya berikut ini!

Syarat dan ketentuan mudik kereta api 2023

Buat kamu yang mau daftar mudik dengan naik kereta api, berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan:

  1. Para peserta diwajibkan sudah vaksin boster.
  2. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C.
  3. WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar.
  4. Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc.
  5. Satu motor dapat difasilitasi pembelian dua tiket penumpang dengan syarat dan ketentuan: pembelian tiket kereta api untuk peserta Motis (program pengangkutan motor gratis) adalah sesuai dengan nama peserta yang terdaftar, penumpang kedua tercantum dalam Kartu Keluarga peserta yang terdaftar. Tiket yang dibeli tidak dapat dibatalkan, diubah jadwal, dan diubah nama penumpangnya. 

Syarat dan ketentuan mudik kapal laut 2023

Kamu yang lebih memilih untuk pergi mudik dengan transportasi kapal laut, ini dia syarat dan ketentuan yang harus kamu ketahui:

  1. Wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.
  2. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK.
  3. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.
  4. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

Info wajib baca: Praktikkan 6 Tips Persiapan Mudik Naik Motor dan Mobil Ini agar Perjalanan Aman dan Selamat

Rute Perjalanan Mudik 2023

mudik gratis 2023
Source: Tribun Batam

Setelah mengetahui syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin daftar mudik dengan masing-masing moda transportasi, sekarang kamu harus tahu stasiun mana saja yang dilalui oleh kereta mudik gratis kali ini, jangan sampai salah naik atau turun!

Mudik gratis kereta api lintas Utara

Untuk rute Cilegon, Jakarta Gudang, Semarang Tawang di lintas utara, kereta akan berangkat dari Stasiun Cilegon dengan pemberhentian terakhir Stasiun Semarang Tawang. Stasiun yang akan dilewati dari Cilegon di antaranya Stasiun Jakarta Gudang, Pasar Senen, Cirebon Prujakan, dan Pekalongan, sebelum sampai di stasiun pemberhentian akhir.

Mudik gratis kereta api lintas Tengah

Untuk rute Jakarta Gudang – Purwosari di lintas tengah, stasiun keberangkatan adalah Stasiun Cilegon, dengan pemberhentian terakhirnya Stasiun Purwosari. Di mana kereta akan melewati Stasiun Jakarta Gudang, Pasar Senen, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, dan Lempuyangan, sebelum sampai di stasiun akhir tujuan.

Mudik gratis kereta api lintas Selatan

Yang terakhir ada rute Kiaracondong – Purwosari di lintas selatan. Di mana stasiun keberangkatannya adalah Stasiun Kiaracondong dengan pemberhentian terakhir adalah Stasiun Purwosari. Adapun rute stasiun yang akan dilewati di antaranya Stasiun Tasikmalaya, Sidareja, Kroya, Gombong, Semarang Tawang, Kutoarjo, dan Lempuyangan, sebelum sampai di stasiun terakhir.

Arus mudik untuk moda transportasi kereta sendiri diperkirakan akan terjadi pada 11 – 20 April 2023, sedangkan untuk arus baliknya sendiri diperkirakan akan terjadi pada 25 April – 4 Mei 2023. Jadikan tanggal-tanggal berikut sebagai patokan kamu untuk bersiap-siap, ya!

Mudik gratis dengan kapal laut

Untuk kapal laut sendiri, karena tidak singgah di pelabuhan manapun, hanya ada satu titik rute mudik keberangkatan kapal laut, yaitu dari Jakarta ke Semarang, dan juga sebaliknya. Untuk moda transportasi berikut ini, arus mudik diperkirakan terjadi pada 15 dan 17 April 2023 pukul 16.00 WIB, sedangkan untuk arus balik pada 25 dan 28 April 2023 pukul 16.00 WIB.

Info wajib baca: 6 Rekomendasi Wisata Malam Semarang, Berani Kunjungi yang Terakhir?

Cara Daftar Mudik Gratis 2023

daftar mudik gratis
Source: Kompas.com

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan serta rute baik kereta maupun kapal laut, sekarang saatnya kamu mengetahui cara untuk daftar mudik! Biar nggak salah dan mudik jadi lebih tenang, yuk, cek cara daftar mudik dengan masing-masing transportasi berikut ini!

Cara daftar mudik gratis kereta api 2023

Kamu yang mau mudik dengan menggunakan kereta api, simak cara daftar dan keterangannya lebih lanjut berikut ini:

  1. Buka situs https://mudikgratis.dephub.go.id/.
  2. Pilih menu “Daftar Kereta Api”.
  3. Daftar atau masuk akun.
  4. Klik pada menu “Pendaftaran”.
  5. Isi Form Pendaftaran Peserta dengan mengikuti beberapa data berikut:
    • Cek kuota perjalanan dengan mengisi asal dan tujuan serta tanggal mudik/balik
    • Isi informasi data diri peserta serta dokumen pendukung
    • Isi informasi data kendaraan beserta dokumen pendukung
  6. Selanjutnya informasi tiket akan ditampilkan dan peserta bisa review data pendaftaran.
  7. Resume pendaftaran berhasil tersimpan dan bisa melakukan verifikasi pendaftaran.

Keterangan:

  • Bagi peserta yang sudah berhasil mendaftar secara online WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar, untuk menghindari terjadinya penghapusan pendaftaran secara otomatis.
  • Bagi peserta yang hanya mendaftarkan sepeda motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti mudik moda transportasi lainnya.
  • Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor.
  • Pada saat penyerahan sepeda motor, peserta wajib menunjukkan KTP asli pendaftar dan bukti pendaftaran.
  • Sepeda motor yang masuk di stasiun penyerahan maupun yang keluar di stasiun tujuan, akan dikenakan biaya parkir oleh pengelola Parkir Resmi Stasiun.
  • Tidak diperkenankan menitipkan helm dan kaca spion.
  • BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan
  • Kode Booking Tiket KA akan diberikan pada saat penyerahan sepeda motor.
  • Peserta DILARANG memberikan tip bagi Petugas Motis 2023.
  • Para peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.
  • Para peserta diwajibkan sudah vaksin booster.

Cara daftar mudik gratis kapal laut 2023

Buat kamu yang mau mudik dengan moda transportasi kapal laut, simak cara daftar serta keterangan lebih lanjutnya di bawah ini:

  1. Buka situs https://mudikgratis.dephub.go.id/.
  2. Pilih menu “Daftar Untuk Laut”.
  3. Pada menu “Pendaftaran Baru” silahkan isi data yang diperlukan.
  4. Kemudian isi “Form Pendaftar” beserta dokumen pendukung.
  5. Lalu klik “Simpan” dan “Ajukan Pendaftaran”.
  6. Selanjutnya informasi tiket akan ditampilkan dan perseta bisa review data pendaftaran.
  7. Resume pendaftaran berhasil tersimpan dan bisa melakukan verifikasi pendaftaran.

Keterangan:

  • Calon peserta yang melakukan pendaftaran online wajib melakukan proses verifikasi untuk mengkonfirmasi keikutsertaan dalam program mudik gratis sesuai tanggal yang telah dipilih. Proses verifikasi dapat diwakilkan dengan syarat yang bersangkutan membawa kelengkapan dokumen sebagaimana dibutuhkan.
  • Proses verifikasi dilaksanakan pada lokasi dan jadwal yang telah ditentukan.
  • Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 23 Maret-7 April 2023, setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB di lokasi berikut:
    • Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jln. Panaitan No.105, Tanjung Priok, Jakarta Utara
    • Lobby Gedung Cipta, Kantor Kementerian Perhubungan Jln. Medan Merdeka Barat No.8, Jakarta Pusat
  • Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja), mulai 25 Maret-15 April 2023, setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB di lokasi berikut:
    • Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jln. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang
  • Pada saat proses verifikasi calon peserta/perwakilan wajib membawa:
    • Dokumen Cetak Bukti Pendaftaran Online
    • STNK Asli
    • KTP Asli
    • SIM C Asli
    • Kartu Keluarga untuk calon peserta anak-anak.
  • Jika calon pemudik tidak melakukan verifikasi data selambat-lambatnya 3 hari setelah melakukan pendaftaran, maka data booking kuota yang bersangkutan akan kedaluwarsa dan kuota terkait akan kembali tersedia untuk digunakan oleh calon pendaftar mudik gratis lainnya. Apabila kuota yang tersedia habis digunakan oleh calon peserta baru, maka calon peserta dengan data booking kuota yang kedaluwarsa tidak akan lagi dapat melakukan proses verifikasi.


Nah, itu dia beberapa informasi mengenai pendaftaran program mudik gratis di tahun 2023 ini. Gimana, kamu udah siap buat mudik? Atau malah udah daftar dari jauh-jauh hari? Semoga informasi di atas membantu kamu yang ingin melaksanakan mudik gratis di tahun ini, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare