...
tempat wisata purwokerto
5-min read

Mau Berlibur ke Purwokerto? Simak Dulu 7 Rekomendasi Tempat Wisata Purwokerto Ini

tempat wisata purwokerto

Kamu lagi nyari tempat wisata di Purwokerto? Ada wisata alam hingga wisata sejarah, nih.

Purwokerto merupakan wilayah yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Keindahan alam yang dimilikinya membuat wilayah ini menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Terdapat sejumlah tempat wisata populer di Purwokerto yang memiliki panorama alam indah, lho.

Jika kamu berkunjung Purwokerto, tidak perlu khawatir dalam mencari tempat wisata yang ingin dikunjungi, karena aneka ragam tempat wisata yang ada di sini. Tempat-tempat wisata di Purwokerto tentunya bisa kamu kunjungi bersama pasangan, teman, dan juga keluarga.

Kamu makin penasaran sama tempat wisata apa saja yang ada di Purwokerto? Coba simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Info wajib baca: Healing sambil Belajar? Bisa Banget! Yuk, Kunjungi Desa Wisata Jambu Kediri saat Liburan

Sekilas tentang Purwokerto

Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa tengah. Orang-orang kerap tertukar dengan Kota Purwakarta di Jawa Barat ketika ngomongin wilayah ini. Padahal, Purwokerto merupakan sebutan untuk wilayah yang ada di pusat Kabupaten Banyumas.

Purwokerto memang unik, wilayah ini bukan merupakan kota administratif maupun kabupaten karena tidak ada kepala daerah di wilayah ini. Selain itu, pada daftar kota dan kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah, Purwokerto tidak ada di dalamnya.

Namun, jika menilik pada sejarah, Purwokerto dulunya berstatus Kota Administratif (kotif), di mana sebagian kotif lain sudah menyandang status kota dengan otonomi tersendiri. Tapi, saat ini Purwokerto tidak berstatus sebagai kotif lagi.

Purwokerto memiliki jumlah penduduk sebanyak 249.618 jiwa pada Oktober tahun 2020 menurut data BPS kabupaten Banyumas 2020. Meski bukan kota otonom, Purwokerto merupakan kawasan sentral dalam hal perekonomian hingga pendidikan di bagian Barat Jawa Tengah.

Julukan Purwokerto antara lain yaitu Kota Wisata, Kota Transit, Kota Keripik, Kota Pendidikan, sampai Kota Pensiunan karena begitu banyaknya pejabat-pejabat negara yang pensiun dan menetap dengan alasan kenyamanan dan kententeraman di sini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwokerto

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika liburan di Purwokerto. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang menyajikan makanan khas Purwokerto. Puas banget!

1. Lokawisata Baturraden

tempat wisata purwokerto
Source: Idnexplore.com

Tempat pertama yaitu Lokaswisata Baturraden. Berlokasi di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangmangu, kamu sekaligus bisa menikmati pemandangan alam yang begitu menarik dari hamparan Gunung Slamet. Untuk akses ke tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Di sini kamu bisa menikmati beraneka macam wisata, seperti kolam renang, pemandian air panas, terapi ikan, kolam luncur, sepeda air, dan kebun binatang mini. Terdapat juga museum dan teater yang nantinya akan diputar film tentang budaya dan pariwisata.

Tentunya kamu juga bisa berfoto-foto di tempat ini, banyaknya spot menarik dari berbagai wahana dapat membuat foto kamu makin Instagramable, lho.

  • Alamat Lokawisata Baturraden: Jln. Raya Baturaden No.174, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Senin-Jumat pukul 07.00-16.00, Sabtu & Minggu pukul 07.00-17.00
  • Harga tiket masuk: Kisaran Rp14.000 per orang

2. The Village Purwokerto

tempat wisata purwokerto
Source: Pinhome

Datanglah ke tempat ini kalau kamu ingin berlibur dalam suasana santai sekalian berfoto-foto dengan latar bangunan ala Eropa yang eye catching. Wisata yang populer di Purwokerto ini mengusung konsep khas Eropa, mulai dari bangunan, jalanan, sampai tamannya.

Terdapat beragam fasilitas yang tersedia di The Village Purwokerto ini, seperti kolam renang, area outbound, kafe, restoran, sampai ruang meeting. Terdapat juga beberapa aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan bersama teman atau keluarga seperti naik perahu, menunggangi kuda, memberi makan binatang, hingga memakai kostum khas negara-negara Eropa.

  • Alamat The Village Purwokerto: Jln. Raya Baturaden KM 7, Dusun I, Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Senin, Rabu-Jumat pukul 08.00-17.00, Sabtu & Minggu pukul 08.00-17.30, Selasa tutup
  • Harga tiket masuk: Rp20.000 hingga Rp25.000 per orang

3. Curug Gede

tempat wisata purwokerto
Source: Nativeindonesia.com

Jika ingin berlibur dengan bermain air sambil menikmati pemandangan hijau, Curug Gede dapat kamu jadikan pilihan saat ke Purwokerto. Curug ini memiliki ketinggian air terjun 50 meter. Tampak indah dan bisa kamu nikmati sambil mandi menggunakan air jernihnya.

Lokasi curug ini berada di lereng Gunung Slamet, masih dalam kawasan Baturaden. Sepanjang perjalanan, kamu akan menikmati keindahan pepohonan rindang, seperti pohon pinus, cemara gunung, dan sebagainya. Jika ingin menginap, terdapat losmen, hotel, atau vila yang berada di sekitar Curug Gede.

  • Alamat Curug Gede: Melung, Baturraden, Dusun II Ketenger, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Senin, Rabu-Jumat pukul 08.00-17.00, Sabtu & Minggu pukul 08.00-17.30, Selasa tutup
  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp5.000 per orang

Info wajib baca: 6 Rekomendasi Wisata Malam Semarang, Berani Kunjungi yang Terakhir?

4. Bukit Tranggulasih

tempat wisata purwokerto
Source: IDN Times

Ingin berlibur dengan menikmati pemandangan indah Purwokerto? Kamu dapat berkunjung ke Bukit Tranggulasih untuk melakukan hal itu. Bukit indah ini menjadi salah satu spot melihat sunrise terbaik, lho.

Kamu dapat berfoto-foto dengan latar pemandangan Purwokerto di sini. Selain itu, kamu juga bisa berkemah karena ada area camping yang tersedia di bukit ini.

  • Alamat. Bukit Tranggulasih: Dusun III, Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
  • Harga tiket masuk: Mulai Rp5.000 per orang

5. New Small World Purwokerto

tempat wisata purwokerto
Source: Nativeindonesia.com

Berkeliling dunia dalam satu tempat? Itu dapat kamu lakukan di sini! Di sini kamu akan disuguhi oleh bangunan-bangunan miniatur dari berbagai belahan dunia, lho.

Di New Small World Purwokerto atau disebut juga dengan Taman Miniatur Dunia ini kamu akan menemukan miniatur bangunan yang ikonis dari beberapa negara, seperti Menara Eiffel dari Perancis, Piramida dari Mesir, Menara Kembar Petronas dari Malaysia, Colosseum dari Italia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di tempat ini juga tersedia wahana menarik, seperti playground, small garden, dino zoo, kolam renang, dan wahana lainnya.

  • Alamat New Small World Purwokerto: Jln. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Senin-Jumat pukul 08.00-16.00, Sabtu & Minggu pukul 07.00-17.00
  • Harga tiket masuk: Rp20.000 per orang

6. Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman

tempat wisata purwokerto
Source: Pikiranrakyat.com

Kalau ingin berkunjung ke tempat wisata sejarah, museum ini dapat kamu masukkan ke bucket list tempat wisata di Purwokerto yang ingin dikunjungi. Kamu dapat menemukan patung dan monumen Jenderal Sudirman dengan tinggi 4,5 meter di tempat ini.

Lebih menariknya, kamu bisa melihat koleksi peninggalan zaman penjajahan, diorama, serta riwayat hidup sosok Jenderal Soedirman. Area halaman yang luas dan hijau, serta dilengkapi oleh taman bermain membuat tempat ini cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

  • Alamat Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman: Jln. Patimura No.240a, RW No.1, Dusun II, Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp3.000 per orang

7. Pancuran Pitu

tempat wisata purwokerto
Source: Idntrip.com

Masih berada di kawasan Baturaden, Pancuran Pitu menyuguhkan pemandangan yang indah. Di sini memiliki tujuh sumber air panas yang disebut mampu menghilangkan penyakit kulit, seperti gatal-gatal atau jerawat.

Di tempat wisata ini juga tersedia pemandian air panas dan pijat belerang yang dapat kamu nikmati dengan harga Rp5.000/15 menit.

  • Alamat Pancuran Pitu: Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-16.00
  • Harga tiket masuk: Rp25.000 per orang

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Purwokerto. Jadi, kamu tertarik berkunjung ke tempat wisata yang mana? Coba bagikan di kolom komentar, yuk.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare