...
hukum pacaran di bulan ramadhan
5-min read

Bagaimana Hukum Pacaran di Bulan Ramadhan? Cari Tahu Selengkapnya di Sini

hukum pacaran di bulan ramadhan

Kamu bertanya-tanya soal hukum pacaran di bulan Ramadhan? Ketahui jawabannya langsung di sini.

Hukum pacaran di bulan Ramadhan banyak ditanyakan saat menjalankan ibadah puasa, nih, gaes. Memang di bulan Ramadhan setiap umat Islam yang menjalankannya tidak hanya dilatih untuk dapat menahan lapar dan haus. Hal lain yang nggak kalah penting yaitu menahan hawa nafsu.

Mengapa demikian? Karena hawa nafsu dapat menjadi salah satu hal yang mengurangi pahala puasa, bahkan dapat membatalkan puasa. Lalu, bagaimana dengan pacaran?

Pacaran merupakan suatu kegiatan orang yang berduaan antara lawan jenis yang bukan mahramnya. Dalam Islam, tentu hal tersebut dilarang karena dapat menghadirkan rayuan setan yang memicu hawa nafsu sehingga mendekati perbuatan zina.

Lalu bagaimana, sih, hukumnya pacaran di bulan puasa Ramadhan? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Hukum Pacaran dalam Islam

Sebelum mengetahui hukum pacaran di bulan Ramadhan, ketahui dulu, yuk, bagaimana hukum pacaran dalam agama Islam.

1. Dalil yang menerangkan larangan pacaran

Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari telah membahas tentang larangan hubungan laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya dalam hal ini pacaran.

Dalam hadis tersebut dijelaskan, jika pacaran dianggap sebagai kegiatan atau kesempatan untuk berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya, maka hal ini diharamkan.

Seperti dalil berikut ini:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِي اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ وَلاَ تُسَافِرَنَّ امْرَأَةٌ إِلاَّ وَمَعَهَا مَحْرَمٌ ( رواه البخاري)

“Dari Ibnu Abbas ra. Ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW berkhutbah, ia berkata:

Jangan sekali-kali seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang perempuan kecuali beserta ada mahramnya, dan janganlah seorang perempuan melakukan musafir kecuali bersamanya ada mahramnya.”

Jika dimaknai lebih mendalam, hadis ini berisi tentang penjelasan bagi laki-laki yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, dilarang berduaan dengan perempuan yang bukan mahramnya.

Maka, dalam hadis tersebut Rasulullah SAW secara tidak langsung telah memberikan peringatan, segala hubungan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya sangat dilarang. Sebab, hal itu untuk menghindarkan seseorang terjerumus dalam perzinaan.

Info wajib baca: 5 Kisah Para Nabi dan Rasul yang Dapat Kamu Teladani | Pas Dibaca di Bulan Ramadan

2. Ayat Al-Qur’an menerangkan tentang larangan zina dan hukumannya

Pacaran pada umumnya yaitu hubungan percintaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya. Hubungan tersebut dilarang dalam Islam, karena belum sah secara agama. Seharusnya hubungan tersebut dilakukan oleh suami dan istri yang telah diikat oleh pernikahan.

Maka, pacaran justru dapat menjerumuskan manusia untuk mendekati perbuatan dosa besar, yakni zina. Dalam Al-Qur’an terdapat ayat yang menerangkan larangan untuk mendekati zina, yaitu:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāḥisyah, wa sā`a sabīlā

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk,” (QS. Al-Isra’: 32).

Bahkan orang yang melakukan zina akan mendapatkan hukuman yang begitu pilu baik di dunia maupun akhirat. Seperti yang diterangkan dalam ayat berikut:

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Az-zāniyatu waz-zānī fajlidụ kulla wāḥidim min-humā mi`ata jaldatiw wa lā ta`khużkum bihimā ra`fatun fī dīnillāhi ing kuntum tu`minụna billāhi wal-yaumil-ākhir, walyasy-had ‘ażābahumā ṭā`ifatum minal-mu`minīn

Artinya: “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap satu dari keduanya dengan seratus kali deraan.

Dan janganlah kamu belas kasihan kepada keduanya di dalam menjalankan (ketentuan) agama Allah yaitu jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir.

Dan hendaklah (dalam melaksanakan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman,” (QS. An-Nur: 2).

Info wajib baca: Persiapan Bulan Ramadhan Apa Saja? Cek 6 Kewajiban Ini Biar Nggak Bolong Puasanya!

Hukum Pacaran di Bulan Ramadhan

hukum pacaran di bulan ramadhan
Source: Fimela

Pacaran memang tidak membatalkan ibadah puasa ramadhan, tetapi jika dapat menimbulkan syahwat antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya dan berujung keluarnya air mani ini dapat membatalkan puasa.

Misalnya, ada seorang laki-laki yang memandang pasangannya kemudian menimbulkan syahwat hingga mengeluarkan air mani, maka puasa tersebut dianggap batal.

Karena salah satu hal yang dapat membatalkan puasa adalah keluarnya air mani. Maka, sebaiknya untuk menghindari berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya termasuk berpacaran selama puasa Ramadhan untuk menghindari adanya hawa nafsu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pacaran merupakan perbuatan maksiat. Sementara itu, maksiat yang dilakukan seseorang bisa mengurangi bahkan menghapus pahala puasa yang sedang dikerjakan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda sebagai berikut.

“Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, Allah SWT tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan” (H.R. Bukhari).

Jadi, bagi kamu yang sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan sebaiknya menghindari hal-hal yang dilarang agama dan fokus untuk beribadah, agar mendapatkan pahala puasa seutuhnya dengan penuh ketakwaan kepada Allah SWT.

Sstt, kalau kamu penasaran apakah boleh puasa tapi pacaran lewat chat? Infoblog juga punya artikelnya, lho.


Dengan memahami hukum pacaran di bulan Ramadhan tersebut, semoga dapat memberi kamu pencerahan, gaes. Dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare