...
hukum sikat gigi saat puasa
5-min read

Hukum Sikat Gigi saat Puasa, Bikin Batal Nggak?

hukum sikat gigi saat puasa

Sikat gigi bisa menghindarkan kita dari bau mulut, tapi kira-kira apa hukum sikat gigi saat puasa, ya?

Bau mulut jadi salah satu hal yang diwaspadai oleh banyak orang. Terutama bagi orang-orang yang pekerjaannya menuntut untuk selalu berkomunikasi dan tatap muka dengan klien, pasti bau mulut jadi pantangan!

Di bulan Ramadan, tuh, kita juga harus lebih hati-hati terhadap bau mulut akibat menjalankan ibadah puasa. Betul, ketika puasa, nih, mulut kita cenderung lebih mudah untuk bau, lho! Kira-kira kenapa bisa gitu, ya?

Kenapa Sering Bau Mulut saat Puasa?

hukum sikat gigi saat puasa
Source: boyettfamilydentistry.com

Kebanyakan dari kamu pasti bertanya-tanya, “Kok, kalau puasa mulut kita jadi lebih sering bau, min?”, ternyata ada beberapa penyebab yang membuat mulut kita jadi lebih sering bau saat berpuasa. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pembakaran lemak

Sebelum menjalankan ibadah puasa pastinya kita semua harus makan di waktu sahur, dong. Tujuannya biar kita bsa menahan lapar lebih lama saat berpuasa. Selain itu, sahur juga berfungsi untuk menambah energi selagi kita tidak makan atau minum seharian. Otomatis, makanan yang kita makan akan diubah jadi energi oleh tubuh.

Selama kita nggak makan, nih, pasti bahan pembakaran energi kita semakin menipis. Oleh karena itu, tubuh akan membakar lemak sebagai cadangan energi selama kita berpuasa. Nah, pembakaran lemak inilah, yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Ya, proses pembakaran lemak ini melibatkan pelepasan keton yang menghasilkan bau busuk. Aroma yang kurang sedap ini biasanya dikeluarkan dari tubuh melalui napas. Ini bisa terjadi ketika tubuh kekurangan makanan. Makanya pas puasa, wajar kalau aroma napas kita jadi kurang sedap.

Makanan yang tertinggal

Masih berhubungan dengan makanan, ya, hal ini juga jadi salah satu penyebab mulut kita bau saat bulan puasa. Sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut yang tertinggal dan mengendap seharian ini bikin mulut kita jadi bau.

Makanan yang tertinggal juga membuat bakteri yang ada di dalam mulut jadi banyak dan tentunya bakteri yang muncul karena sisa makanan di mulut kita juga berperan pada bau napas kita. Ada satu hal lagi yang memengaruhi bau mulut, yaitu…

Mulut kering

Ini, nih, masalah yang paling berpengaruh saat bulan puasa! Mulut kering jadi masalah utama kenapa mulut kita jadi bau selama puasa. Mulut kita jadi kering karena kurangnya produksi air liur akibat berpuasa seharian.

Air liur di mulut berfungsi untuk membantu mengendalikan napas dengan beberapa konsistensi cairan dan pH. Air liur juga berperan untuk membersihkan partikel makanan, menjaga senyawa belerang di bawah kendali, dan juga bekerja sebagai agen alami untuk melawan bau mulut.

Yang membuat produksi air liur meningkat tentu saja makanan dan minuman, padahal selama puasa, tuh, kita nggak makan ataupun minum seharian, otomatis, hal ini bikin mulut kamu jadi kering. Semakin kering, semakin bau pula mulut kamu.

Jaga Kebersihan Mulut saat Puasa

Salah satu cara agar mulut kita tetap terjaga berih dan tidak bau selama bulan puasa adalah dengan menggosok gigi. Kamu bisa menggosok gigi kamu setelah menunaikan sahur dan setelah berbuka, agar membersihkan sisa makanan yang tertinggal di mulut, serta mengembalikan kesegaran napas.

Tapi, apakah menggosok gigi saat puasa boleh? Gimana, ya, hukumnya kalau kita menggosok gigi saat berpuasa? Kira-kira kalau sikat gigi di siang hari saat puasa bikin batal nggak, sih?

Info wajib baca: Persiapan Bulan Ramadhan Apa Saja? Cek 6 Kewajiban Ini Biar Nggak Bolong Puasanya!

Hukum Sikat Gigi saat Puasa

hukum sikat gigi saat puasa
Source: Detik.com

Mungkin banyak dari kita sering lupa untuk menyikat gigi setelah makan sahur, bahkan memutuskan untuk menyikat gigi setelah melewati waktu imsak atau saat siang hari. Hal ini juga sering jadi kekhawatiran, karena banyak orang takut kalau puasanya batal jika menyikat gigi saat berpuasa di siang hari. Tenang, cek dulu penjelasannya berikut ini.

Makruh

Sebenarnya, gimana, sih, hukum menyikat gigi saat berpuasa? Apakah mubah, makruh, atau haram? Apa menyikat gigi saat berpuasa bikin puasa kita batal? Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zain, menjelaskan kalau berkumur dan sikat gigi ketika puasa hukumnya itu makruh.

Di mana beliau menulis, “Hal yang makruh dalam puasa ada tiga belas. Salah satunya bersiwak setelah zhuhur.” (Nihayatuz Zein fi Irsyadil Mubtadi’in, Cetakan Al-Maarif, Bandung, Halaman 195).

Artinya boleh saja menyikat gigi atau berkumur saat puasa, tapi sebaiknya jangan dilakukan, atau ketika dilakukan kita harus berhati-hati.

Info wajib baca: 6 Cara Bikin Es Buah yang Segar dan Enak!

Yang harus diperhatikan

Saat menyikat gigi atau berkumur di bulan puasa, ada hal yang harus diperhatikan agar tidak membatalkan puasa. Yaitu, jika ada material yang masuk ke tenggorokan, baik air, pasta gigi, atau bulu dari sikat gigi, maka puasanya batal, meskipun dilakukan tanpa sengaja. Hal ini disampaikan oleh Imam Nawawi dalam al-Majmu’, syarah al-Muhadzdzab.

Beliau menyampaikan, “Jika ada orang yang memakai siwak basah. Kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya.” (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343).

Jadi, kita lebih baik menyikat gigi atau berkumur sebelum waktu imsak tiba, untuk menghindari kalau-kalau kita berkumur dengan berlebihan, karena dikhawatirkan akan membatalkan puasa. Tapi jika telanjur lupa dan sudah keburu siang, kamu dianjurkan untuk sikat gigi dengan kayu siwak (arok) atau menggunakan sikat gigi tanpa pasta gigi.


Kesimpulannya, nih, kita boleh menyikat gigi dan berkumur saat berpuasa karena nggak akan membatalkan puasa. Cuma, kita harus ekstra hati-hati, karena jika ada sedikit partikel yang masuk ke tenggorokan entah itu air, pasta gigi, atau, bulu dari sikat gigi–baik disengaja atau tidak–maka puasa kita akan otomatis batal.

Semoga info terkait hukum sikat gigi saat puasa ini bermanfaat, ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare