...
kalori soto ayam
5-min read

Mengenal Berapa Kalori yang Terkandung dalam Soto Ayam untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

kalori soto ayam

Kira-kira berapa banyak kalori soto ayam setiap kali kita konsumsi? Cari tahu di sini!

Siapa yang tidak suka dengan soto ayam? Nasi putih, irisan daging ayam lezat, potongan tomat hijau segar dan taburan bawang goreng gurih, di atas semangkuk kuah santan yang digoreng rempah-rempah. Tapi masalahnya adalah berapa banyak kalori dalam seporsi soto ayam yang kita konsumsi?

Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberi tahu kamu secara rinci tentang jumlah kalori dalam satu porsinya, sehingga kamu bisa menikmati soto ayam yang enak tanpa merusak program diet kamu!

Apa yang Dimaksud dengan Kalori?

Apa yang Dimaksud dengan Kalori?
Source: GGL

Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi dalam makanan dan minuman. Secara teknis, kalori (dalam konteks nutrisi) mengacu pada kalori makanan atau kalori dietetik, yang setara dengan jumlah energi yang diperoleh dari makanan saat dikonsumsi oleh tubuh.

Dalam ilmu nutrisi, kalori biasanya digunakan untuk menggambarkan jumlah energi yang terkandung dalam makanan atau yang digunakan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Ketika kita makan makanan, tubuh kita mengubahnya menjadi energi yang digunakan untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti mempertahankan suhu tubuh, menggerakkan otot, dan menjaga organ-organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Jika asupan kalori kita melebihi kebutuhan energi tubuh, kelebihan energi tersebut akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan lemak. Namun, jika asupan kalori kurang dari kebutuhan energi tubuh, tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk memenuhi kekurangan energi.

Info wajib baca: 7 Makanan yang Mengandung Purin Tinggi, Hati-hati Mengonsumsinya

Jumlah Kalori Soto Ayam Berdasarkan Isiannya

Berapa banyak kalori yang terkandung dalam soto ayam? Soto ayam umumnya mengandung sekitar 150-200 kalori per porsi (terserah ukuran porsi).

Angka ini relatif rendah dibandingkan dengan makanan lain, seperti nasi goreng yang mengandung sekitar 500 kalori per porsi. Oleh karena itu, soto ayam dapat dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Berikut ini adalah kalori masing-masing bahan dasar dalam membuat soto ayam:

1. Daging ayam

Daging ayam
Source: The Healthy Belly

Dalam soto ayam, daging ayam merupakan salah satu bahan utama yang digunakan. Daging ayam sering dipotong menjadi potongan-potongan kecil atau diungkep terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam kuah soto.

Daging ayam memberikan rasa dan tekstur yang lezat pada soto ayam. Sayangnya, kalori setiap bagian ayam tidaklah sama. Berikut beberapa bagian daging ayam dan kalorinya:

  • Satu paha ayam tanpa tulang dan kulit dengan berat 52 gram: 109 
  • Satu sayap ayam tanpa tulang dan kulit dengan berat 21 gram: 43 
  • Satu paha bawah ayam tanpa tulang dan kulit dengan berat 44 gram: 76 
  • Satu dada ayam tanpa kulit dengan berat 50 gram: 55 

2. Jumlah kalori soto ayam berdasarkan isinya: Bumbu halus

Jumlah kalori soto ayam berdasarkan isinya: Bumbu halus
Source: Kobaran

Tentunya, bumbu halus juga merupakan salah satu bahan wajib dalam memasak soto ayam. Berikut ini beberapa bumbu dasar yang dihaluskan untuk membuat soto ayam satu porsi beserta kalorinya:

  • 2 siung bawang dengan berat total 6 gram: sekitar 4,32 
  • 2 siung bawang putih dengan berat total 6 gram: sekitar 8,84 
  • 1 butir kemiri dengan berat 2,5 gram: sekitar 17,5
  • 1 ruas kunyit dengan berat 3 gram: sekitar 9 
  • 1 ruas jahe dengan berat 2 gram: sekitar 1,6

Dari 5 bumbu tersebut, total jumlah kalori yaitu sekitar 41,26. Penting untuk diingat bahwa kalori dari bumbu halus akan bergantung pada jumlah siung dan potongan yang digiling atau di-blend.

Apabila kamu memasukkan bumbu dan penyedap rasa lain, kalorinya mungkin juga akan sedikit bertambah. Karena cenderung kecil, kalori bumbu halus mungkin tak begitu dikhawatirkan banyak orang. 

3. Minyak goreng

3. Minyak goreng
Source: Zerolim

Dalam membuat soto ayam, minyak goreng akan digunakan untuk menumis bumbu halus. Biasanya, 1 sendok makan minyak goreng akan cukup untuk menumis bumbu yang sedikit. Berikut perkiraan kalori minyak goreng dalam memasak soto ayam:

  • Satu sendok makan minyak kelapa sawit: 120
  • Satu sendok makan minyak zaitun: 119

Info wajib baca: Pantangan Gula Darah Rendah, Hindari Makanan Ini!

4. Jumlah kalori soto ayam berdasarkan isinya: Telur rebus

Jumlah kalori soto ayam berdasarkan isinya: Telur rebus
Source: Fimela

Beberapa orang juga suka menambahkan telur rebus dalam memasak soto ayam. Telur rebus memang tidak pernah salah untuk menjadi menu tambahan dalam sebuah makanan.

Namun, selain menambah kenikmatan, telur rebus juga akan menambah kalori pada soto ayam. Satu telur rebus sendiri mengandung sekitar 77,5 kalori.

5. Nasi putih

5. Nasi putih
Source: Liputan6.com

Sebagai orang Indonesia, nggak afdol tentunya kalau tidak menambah nasi putih dalam menikmati berbagai kuliner khas Indonesia.

Pastinya, jika menikmati soto ayam dengan nasi putih, maka kalorinya pun juga akan bertambah. Dalam setengah cangkir nasi putih, kalori yang kamu masukkan yakni sekitar 102 kalori. 


Nah, itulah penjelasan terkait jumlah kalori soto ayam berdasarkan isian-isiannya. Untuk kamu yang sedang melakukan diet atau memiliki pantangan makanan, perlu diingat untuk selalu memperhatikan makanan-makanan yang akan kamu konsumsi salah satunya seperti cemilan yang bikin gemuk.

Kamu juga bisa mengetahui cara tepat menghitung kalori harian agar dapat mengetahui asupan kalorimu juga, lho! Yuk mulai hidup sehat dari sekarang!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare