...
kuliner malam solo
5-min read

5 Kuliner Malam Solo Wajib Coba | Dari Gudeg Ceker hingga Susu Murni Hangat!

kuliner malam solo

Datang ke Solo jangan lupa coba kuliner malam yang ada di sini. Bikin perut kenyang!

Solo menjadi salah satu kota yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jawa Tengah. Nggak hanya terkenal dengan tradisi dan budayanya yang sangat kental, Solo juga mempunyai kuliner lezat, lho.

Jika datang ke Solo saat malam hari, kamu juga bisa menemukan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Nah, ada apa saja? Yuk, cari tahu ulasannya berikut ini:

Kuliner Malam Solo Wajib Coba

Kulineran di Solo pastinya nggak akan bikin kamu menyesal, deh. Ada banyak makanan yang bisa kamu coba dan menjadi pelipur lapar saat perut kosong. Nah, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Gudeg Ceker Bu Wiryo

Source: Kompas.com

Rekomendasi kuliner malam pertama yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Gudeg Ceker Bu Wiryo. Walaupun gudeg termasuk makanan khas Jogja, namun kuliner satu ini juga bisa kamu coba di Solo, lho.

Salah satu keunikan yang ada di gudeg ini adalah cekernya. Ada dua jenis ceker yang bisa kamu pilih di sini, yaitu ceker opor dan ceker asem.

Namun buat kamu yang nggak suka ceker jangan khawatir. Ada juga pilihan menu lainnya seperti gudeg ayam suwir, gudeg sambel plus ayam goreng yang pedasnya bikin nampol!

Nah, buat kamu yang ingin mencobanya, bisa datang ke Jalan Teuku Umar No.3, Banjarsari, Surakarta. Adapun jam operasional dari warung ini yaitu mulai pukul 00.00 – 04.00 WIB.

Info wajib baca: 8 Makanan Tradisional Jawa yang Punya Cita Rasa Autentik | Ada Gudeg hingga Rawon

2. Kuliner malam Solo: Sate Buntel Tambak Segaran

Source: Hipwee

Persatean duniawi menjadi tema kuliner malam selanjutnya yang wajib kamu coba saat ada di Solo. Ya, apalagi kalau bukan Sate Buntel Tambak Segaran yang terkenal di Solo ini.

Sate buntel merupakan makanan khas Solo yang menggunakan daging kambing sebagai bahan dasarnya. Sesuai namanya, sate ini dibuntel, atau dibungkus dengan usus yang diisi daging kambing di dalamnya.

Rasanya pun sangat khas karena berbeda dari sate kambing pada umumnya. Kalau datang ke sini, pastinya kamu akan ketagihan, deh!

Jangan lewatkan juga menu makanan lainnya yang ada di sini. Seperti misalnya nasi goreng sum sum, tongseng, dan nasi goreng kambing. Kamu bisa mendatangi tempat makan ini yang berada di Jalan Sultan Syahrir No.149 mulai pukul 12.00 – 22.00 WIB.

3. Cafe Tiga Tjeret

kuliner malam solo
Source: TripAdvisor

Datang ke Solo pastinya kurang lengkap kalau nggak mengunjungi angkringan terdekat. Walaupun saat ini sudah banyak ditemui di mana-mana, namun angkringan malam di Solo ini memberikan kamu pengalaman berbeda.

Selain menikmati berbagai camilan yang tersedia seperti sate-satean, gorengan, dan lainnya, kamu juga bisa ngobrol santai bersama teman. Apalagi, tempatnya juga cukup bagus dan cocok sebagai tempat singgah sambil menjelajah wisata malam di Solo.

Menu makanan yang tersedia di sini juga nggak akan bikin kamu auto miskin. Dengan Rp3 ribu saja, kamu sudah bisa mencoba berbagai menu yang ada di sini. Mau makan sampai kenyang juga boleh banget!

Lokasi wisata malam ini berada di Jalan Ronggowarsito No.97, kecamatan Banjarsari. Kamu bisa mulai mendatangi angkringan ini mulai pukul 11.00 – 23.30 WIB.

4. Kuliner malam di Solo: Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

kuliner malam solo
Source: IDN Times

Lapar dan ingin makan berat? Jangan makan truk! Datang saja ke Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Sebab, di sana ada nasi liwet yang lezat dan bisa membuatmu kenyang semalaman.

Nasi liwet merupakan nasi gurih dengan suwiran ayam di atasnya dan dilengkapi oleh sambal goreng jipang. Selain itu, ada pula telur rebus yang bisa kamu jadikan lauk tambahan saat makan di sini.

Apalagi, nih, porsi nasi liwet yang disediakan warung ini juga sangat besar. Harganya pun sangat terjangkau karena satu porsinya dipatok dengan harga Rp15 ribu saja. Puas banget, deh!

Nah, kamu bisa mendatangi warung nasi liwet ini yang beralamat di Jalan Teuku Umar. Kamu juga bisa mendatangi warung ini mulai pukul 16.00 – 01.00 WIB.

Info wajib baca: 5 Cara Membuat Cilok Kanji yang Enak, Resep Praktis Dicoba!

5. Susu Segar Shi Jack

kuliner malam solo
Source: garnesia.com

Menikmati kuliner malam di Solo bisa jadi lebih nikmat dengan menikmati segelas susu hangat. Lumayan banget, kan, untuk menghangatkan tubuh saat dihantam dinginnya angin malam.

Jika ingin menikmatinya, kamu bisa datang ke kedai Susu Segar Shi Jack yang beralamat di Jalan Dr. Rajiman No.313, Laweyan, Solo.

Menu yang tersedia di sini pun cukup lengkap mulai dari minuman hingga camilan. Misalnya saja susu segar yang memiliki cita rasa khas. Ada juga sate-satean mulai dari usus, ati, ampela, kulit ayam dan beragam lainnya.

Datang ke sini juga bisa membuat kamu pulang dengan perut terisi penuh. Sebab, harga menu makanan di sini sangat terjangkau. Bahkan menu susunya pun bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp10 ribu saja. Cocok banget, deh, untuk kamu yang senang kulineran!


Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner malam di Solo yang bisa kamu datangi. Tertarik untuk mendatangi salah satunya? Yuk, langsung saja gas ke sini!

Mau tahu tips hemat untuk biar cepat jadi sultan? Atau ingin cari referensi tempat seru buat nongkrong? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare