...
tempat wisata di maros
5-min read

5 Tempat Wisata di Maros yang Menarik Buat Kamu Kunjungi!

tempat wisata di maros

Ini dia bocoran tempat-tempat wisata di Maros yang menarik dan bikin cuci mata.

Sulawesi Selatan, jadi salah satu provinsi di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh para turis. Di provinsi tersebut ada banyak kota dan kabupaten yang memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Kabupaten Maros. Apakah kamu sudah pernah dengar kabupaten yang satu ini?

Buat kamu yang belum pernah dengar, Maros adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan, yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. Di sini ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Simak rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Tempat Wisata Alam di Maros yang Terkenal

Pertama ada tiga rekomendasi destinasi wisata yang cukup terkenal dan wajib banget kamu kunjungi di daerah Maros, Sulawesi Selatan. Salah satunya juga wisata sejarah yang unik dan menarik, lho! Penasaran? Ini dia tiga tempat wisata di Maros yang populer:

1. Air Terjun Bantimurung

tempat wisata di maros
Source: Celebes ID

Air terjun yang berlokasi tepat di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian sekitar 15 m dan lebar 20 m dengan aliran debit air 500 l/s.

Yang membuat tempat wisata alam satu ini unik adala, Air Terjun Bantimurung tidak pernah kering. Air terjun satu ini juga menjadi tempat berdiamnya ratusan spesies kupu-kupu yang cantik. Bahkan seorang naturalis, penjelajah, geografer, antropolog sekaligus ahli biologi dari Britania Raya, Alfred Russel Wallace (1857) dalam bukunya berjudul “The Malay Archipelago”, menjuluki Bantimurung sebagai “The Kingdom of Butterfly“, alias kerajaan kupu-kupu.

Karena debit air yang besar dan tidak pernah kering, serta banyaknya kupu-kupu yang ada di sini, nggak heran kalau Air Terjun Batimurung jadi salah satu destinasi wisata yang sering banget dikunjungi orang-orang. Kamu wajib banget ke sini, deh.

2. Tempat wisata Maros: Rammang Rammang

tempat wisata di maros
Source: Kompasiana.com

Sekarang kita otw ke tempat wisata selanjutnya, yaitu gugusan karst Rammang Rammang. Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah kawasan bentang alam berupa gugusan pegunungan karst yang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Gugusan karst yang satu ini jadi gugusan karst terbesar ketiga di dunia, dengan luas sekitar 43.700 hektare dan memiliki 280 gua. Sekitar 16 gua di sini juga menjadi situs prasejarah dan juga terdapat telaga bidadari.

Di sini juga terdapat sebuahn desa wisata, di mana kita bisa berkeliling menuju tempat wisata di sekitaran gugusan karst ini dengan menggunakan perahu milik penduduk sekitar, atau hanya duduk-duduk menikmati keindahan alam gugusan karst Rammang Rammang.

Info wajib baca: Daftar Mudik Gratis 2023, Cek Syarat, Rute, dan Cara Daftarnya, Yuk!

3. Taman Prasejarah Leang Leang

tempat wisata di maros
Source: Wikipedia

Taman Prasejarah Leang Leang juga terletak pada deretan bukit kapur (karst)! Tepatnya berada di Kawasan Karst Maros-Pangkep, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Tempat yang satu ini juga jadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Taman Prasejarah Leang Leang sendiri menyajikan wisata edukasi tentang kepurbakalaan. Kata “Leang-Leang“ dalam bahasa setempat memilki makna “gua“. Dikatakan demikian karena di taman ini terdapat banyak gua prasejarah yang menyimpan bukti peninggalan sejarah.

Arkeolog berpendapat bahwa beberapa gua yang terdapat di sekitar kawasan tersebut 3.000-8.000 tahun SM. Keunikan lainnya adalah sungai yang berada tepat di depan gua Leang-Leang, singkapan batu kapur yang tersebar di areal persawahan penduduk, dan pemandangan puncak Bulusaraung dari atas gua. Seru banget kalo wisata sejarah ke sini!

Tempat Wisata di Maros yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Selain tiga destinasi wisata yang jadi andalan Kabupaten Maros, daerah ini sendiri kemungkinan menyimpan banyak objek wisata lainnya yang nggak kalah cakep! Di antaranya adalah dua tempat berikut yang mungkin belum kamu ketahui. Kira-kira apa aja, ya?

1. Air Terjun Pung Bunga

Air Terjun Pung Bunga
Source: Celebes ID

Hayoo, kamu udah pernah denger objek wisata alam yang satu ini belum? Pesona dari objek wisata Air Terjun Pung Bunga yang satu ini juga nggak kalah menarik dari objek-objek wisata sebelumnya. Pasalnya, Air terjun Pung Bunga menawarkan pemandangan alam nan hijau yang mengelilinginya serta diselimuti udara dingin.

Selain itu, pemandangan pegunungan dan suasana pedesaan yang masih terasa alami dan terjaga juga menjadikannya destinasi wisata satu ini menarik untuk kamu sambangi. Bahkan, keindahan dari air terjun yang berlokasi di  Dusun Baru, Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros ini sudah terdengar hingga ke mancanegara, lho!

Sejarah dari air terjun yang satu ini juga lumayan unik. Konon, air terjun ini jadi tempat favorit para bidadari yang turun dari langit untuk mandi, serta tempat berdiamnya seorang putri dari sebuah kerajaan di zaman dulu.

2. Pantai Kuri Caddi, Maros

pantai kuri caddi maros
Source: Abdhi Blog

Kamu yang suka mantai, kalau kebetulan sedang mengunjungi Maros, jangan sampai kelewat buat mengunjungi wisata bahari di Maros yang satu ini! Pantai yang terletak di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu ini memiliki keindahan panorama alam yang menakjubkan.

Di pantai ini, kamu bisa menemukan bentangan batu karang berjejer dengan indah. Dilengkapi oleh bukit batu, pasir putih, dan tanaman mangrove menambah keindahan saat pengunjung menikmati suasana matahari terbenam atau sunset.

Info wajib baca: Ciwalk, Destinasi Wisata Belanja di Bandung Wajib Kunjung | Bukan Hanya Toko Baju

Kabarnya, nih, Pantai Kuri Caddi dan Air Terjun Pung Bunga akan mulai dikelola oleh pemerintah setempat sebagai tempat wisata resmi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari tempat-tempat wisata yang kamu datangi, ya!


Maros sendiri masih menyimpan banyak banget destinasi wisata yang menarik untuk kamu datangi. Setiap tempat wisata pasti memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing, nggak terkecuali kelima tempat wisata di atas.

Kamu yang sedang berkunjung ke Sulawesi Selatan, jangan lupa singgah ke Maros, dan menyambangi tempat-tempat wisata yang direkomendasikan di atas! Kalau kamu ada rekomendasi tempat wisata lainnya yang masih jarang disambangi orang, boleh tulis di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare