...
universitas di cirebon
5-min read

4 Universitas di Cirebon Terpopuler | Ada Incaranmu?

universitas di cirebon

Tertarik melanjutkan pendidikan di Cirebon? Cek beberapa informasi universitas di Cirebon berikut.

Kuliah di zaman sekarang jadi salah satu patokan yang penting bagi kebanyakan orang, terutama untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Semakin tinggi tingkatan perkuliahan yang diambil, semakin besar peluang untuk cepat mendapat tawaran kerja. Berbagai universitas tersebar luas di Indonesia, salah satunya di Cirebon.

Saat ini, banyak sekali pilihan universitas di Cirebon baik negeri maupun swasta yang siap menuntunmu untuk meraih cita-cita dan impianmu secara akademis. Namun, sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi ke salah satu perguruan tinggi di kota ini, kamu harus mengenal terlebih dulu beberapa universitas negeri dan swasta di Cirebon. Simak informasi selengkapnya dalam artikel kali ini!

Beda Universitas Negeri dan Swasta

Walaupun sama-sama tempat belajar dan menuntut ilmu, tapi ada beberapa hal yang membedakan antara universitas negeri dengan swasta, lho. Yang paling mencolok tentu mengenai kepemilikan. Universitas negeri atau PTN biasanya dikelola oleh pemerintah, sedangkan universitas swasta atau PTS dikelola oleh perorangan atau yayasan.

Soal biaya, universitas negeri cenderung lebih murah daripada universitas swasta. Fasilitas yang ditawarkan, sih, sebenarnya kurang lebih sama antara keduanya.

Untuk masuk ke PTN sendiri ada beberapa jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri, sedangkan untuk masuk ke PTS, ada dua jalur, yaitu jalur kinerja dengan sertifikat atau prestasi non-akademik, dan ujian mandiri.

Setelah tahu sedikit mengenai perbedaan antara universitas negeri atau PTN dan universitas swasta atau PTS, sekarang saatnya kita mengintip beberapa universitas negeri dan swasta yang ada di Cirebon berikut ini!

Perguruan Tinggi Kementerian Agama RI di Cirebon

Selain punya banyak pilihan makanan kuliner khas, di Kota Cirebon juga sudah banyak tersebar universitas, termasuk perguruan tinggi di di bawah Kementerian Agama maupun universitas swasta. Keduanya tentu memiliki peminatnya masing-masing. Apakah kamu juga berminat untuk masuk ke salah satu dari beberapa universitas yang akan Kostmin bahas kali ini?

1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

universitas di cirebon
Source: syekhnurjati.ac.id

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu perguruan tinggi negeri bergengsi yang ada di Kota Cirebon. Selain menjadi Smart Campus, kampus ini juga selalu memegang komitmen yang berorientasi pada ilmu, keislaman, dan akhlak karimah dalam berbagai pelaksanaan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kampus yang sudah berdiri sejak 1965 ini memiliki tiga fakultas dengan beberapa jurusan, di antaranya:

  • Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dengan jurusan Ilmu Hukum, Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah;
  • Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah dengan jurusan Sejarah, Sastra Arab, Filsafat, Ilmu Agama Islam, Ilmu Komunikasi, dan Bimbingan dan Konseling;
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan jurusan Ilmu Agama Islam, Keguruan dan Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Sastra Arab, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Manajemen Pendidikan.

Info wajib baca: Ini Rekomendasi Kost Dekat UNS yang Murah Buat Kamu!

Universitas Swasta di Cirebon

Setelah tadi kita mengetahui informasi singkat mengenai perguruan tinggi negeri di Cirebon, kali ini kita beralih ke universitas swastanya, yuk!

1. Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon

universitas di cirebon
Source: humas.publikasi-untagcirebon.ac.id

Sejarahnya, Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon (UNTAG Cirebon) didirikan pada tanggal 2 September 1962 sebagai cabang dari UNTAG Jakarta. Pendirian UNTAG Cirebon tidak terlepas dari perjuangan tokoh-tokoh yang semula mendirikan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Cirebon pada tahun 1961 yang dipimpin oleh D. Usman Imam sebagai Direktur APP Cirebon.

Karena APP Cirebon tidak berhasil mempertahankan eksistensinya, maka perwakilian mahasiswa akademi tersebut memutuskan untuk berangkat ke Jakarta dan menemui Prof. Dr. Prajudi Atmosudirdjo yang saat itu menjadi Rektor Magnificus.

Berdasarkan saran beliau, maka dibentuklah UNTAG Cirebon yang dilengkapi oleh susunan Pimpinan Yayasan dan Universitas. Sejak tahun 1975, UNTAG Cirebon resmi melepaskan diri dari induknya di Jakarta dan berdiri di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Cirebon.

Kampus bersejarah yang satu ini, memiliki 7 fakultas dan 12 jurusan yang bisa kamu pilih di kampus berikut ini.

2. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (UGJ)

universitas di cirebon
Source: Kompas.id

Universitas Swadaya Gunung Jati disingkat Unswagati atau UGJ adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Cirebon Jawa Barat. Nama universitas ini diilhami dari nama salah seorang tokoh penyebaran Agama Islam di pulau Jawa yaitu Sunan Gunung Jati yang dimakamkan di Cirebon.

Ada 7 fakultas yang dapat kamu pilih dan satu sekolah pascasarjana untuk kamu yang mau melanjutkan pendidikan di sini.

Info wajib baca: Rekomendasi Kost Tembalang Dekat UNDIP, Murah dan Strategis!

3. Universitas Muhammadiyah Cirebon

Muhammadiyah Cirebon
Source: Tribun Cirebon

Universitas Muhammadiyah Cirebon merupakan salah satu universitas swasta yang ada di Cirebon. Sebelum menjadi universitas seperti saat ini, universitas ini telah melalui jalan yang panjang. Bermula dari sebuah FKIP Hukum dan Ekonomi pada 1962, universitas ini berkembang menjadi Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) pada 8 Desember 1999.

Setelah 23 tahun menyelenggarakan pendidikan tinggi, kampus yang memiliki visi Menjadi “Universitas Unggulan yang Islami, Profesional, dan Mandiri” ini telah berkembang menjadi salah satu universitas swasta yang berkualitas. Beberapa perkembangan tersebut dapat dilihat dari jumlah fakultas dan jurusan yang disediakan, yaitu 8 fakultas dan 27 jurusan. Selain itu, UMC telah mendapat predikat Baik oleh BAN-PT.


Itu beberapa informasi singkat terkait universitas negeri dan swasta yang ada di Cirebon. Masih ada banyak lagi universitas swasta yang berada di Cirebon, dan kamu bisa pilih mau kuliah di perguruan tinggi mana sesuai minat.

Nggak perlu mementingkan negeri atau swasta, kalau tujuan kamu kuliah adalah menuntut ilmu, di manapun kampus pilihanmu pasti bisa jadi orang yang sukses! Kira-kira, kamu berminat masuk ke kampus yang mana, nih?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, ikuti akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat. Nggak percaya? Langsung cek aja!

DAPATKAN INFO KOST DI DAERAH FAVORITMU:

Kost Dekat UNDIP Semarang

Info Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat UIN Jakarta

Info Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare