...
pasar takjil rawamangun
5-min read

Temukan Kelezatan Tradisional Indonesia di Pasar Takjil Rawamangun!

pasar takjil rawamangun

Cari makanan lezat dengan harga terjangkau untuk buka puasa di pasar takjil Rawamangun!

Bulan puasa pastinya kurang lengkap kalau nggak berburu takjil, nih. Selain mempersiapkan diri untuk berbuka puasa dengan cari hidangan, berburu takjil juga bisa menjadi salah satu cara untuk menunggu waktu berbuka, lho.

Kalau kamu tinggal di Jakarta Timur dan sudah berencana untuk mencari takjil, Kostmin punya rekomendasinya, nih. Kamu bisa mendatangi salah satu pasar takjil populer dan legendaris kawasan Rawamangun.

Ada banyak pilihan takjil yang bisa kamu pilih sebagai santapan berbuka puasa. Nah, apa kamu penasaran jajanan apa saja yang tersedia di pasar takjil Rawamangun? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini, yuk!

Pilihan Takjil Tradisional di Rawamangun

Ada banyak pilihan jajanan populer untuk menemani waktu buka bersama kamu. Berikut beberapa pilihan takjil tradisional yang dapat kamu temukan di daerah Rawamangun.

Pilihan Takjil Tradisional di Rawamangun
Source: Beritajakarta.id

1. Kolak

Kolak adalah salah satu jenis makanan ringan yang paling umuim disajikan selama bulan Ramadan sebagai hidangan pembuka berbuka puasa. Makanan berkuah ini terbuat dari pisang, ubi, kacang hijau, atau bahan lainnya yang dimasak dengan santan dan gula merah, kemudian disajikan dalam keadaan hangat atau dingin.

Rasa manis dan kaya akan rempah-rempah seperti kayu manis dan pandan memberikan cita rasa yang khas pada kolak. Takjil kolak sangat populer di Indonesia dan dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional, warung makan, hingga restoran. Kolak juga sering dihidangkan dalam acara-acara spesial atau upacara keagamaan di Indonesia.

2. Es buah

Selain kolak, kamu juga dapat menemukan takjil es buah untuk buka puasa di daerah Rawamangun. Es buah terdiri atas campuran buah-buahan segar yang dicampur dengan sirop manis, es serut, dan kadang-kadang ditambahkan susu kental manis atau yoghurt.

Buah-buahan yang umumnya digunakan untuk es buah antara lain melon, semangka, nangka, alpukat, kiwi, dan lain-lain. Takjil es buah sering dijual di pasar-pasar tradisional dan dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan di Indonesia.

3. Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam adalah hidangan ringan yang biasanya disajikan selama bulan Ramadan sebagai hidangan pembuka berbuka puasa di Indonesia. Makanan ringan ini terbuat dari ketan hitam yang dimasak dengan air, gula merah, dan santan, kemudian disajikan dalam keadaan hangat atau dingin.

Makanan ini juga biasanya diberi tambahan kelapa parut atau kacang hijau sebagai pelengkap, memberikan cita rasa dan tekstur yang lezat. Selain rasanya yang nikmat, bubur ketan hitam juga mengandung serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh, sehingga sangat cocok sebagai takjil setelah berpuasa.

4. Dadar gulung

Salah satu takjil tradisional yang dapat kamu temukan di daerah Rawamangun lainnya yaitu dadar gulung. Dadar gulung terbuat dari adonan tepung terigu, telur, air, gula, garam, dan pasta pandan yang dicampur hingga merata dan diaduk sampai mengental.

Kemudian adonan tersebut dipanggang tipis-tipis dan diisi campuran kelapa parut dan gula merah cair, lalu digulung seperti pipa kecil. Takjil dadar gulung memiliki cita rasa manis dan gurih, serta memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sehingga makanan ini juga cocok untuk disantap saat buka puasa.

Info wajib baca: Aneka Pilihan Takjil di Benhil yang Siap Menemani Puasa Ramadhan Kamu, Yakin Nggak Ngiler?

Pasar Takjil Murah dan Populer di Rawamangun
Source: Liputan6.com

Kalau ingin berbuka puasa di daerah Rawamangun, kamu bisa mengunjungi pasar takjil yang lokasinya tepat berada di seberang Terminal Rawamangun. Pasar takjil ini menyediakan berbagai macam takjil tradisional yang populer dan harganya terjangkau, lho!

Adapun beberapa menu takjil yang dapat kamu temukan di antaranya yaitu aneka es, kue, gorengan, dan menu takjil lainnya.

Harganya pun dibanderol mulai dari Rp2.500 hingga Rp10.000 per porsi. Selain makanan ringan seperti takjil, pasar ini juga menyediakan aneka makanan khas Indonesia lainnya seperti gado-gado padang, soto padang, dan lain-lain.

Info wajib baca: 8 Resep Olahan Pisang Enak dan Praktis, Cocok untuk Takjil di Bulan Ramadan!

Cara ke Pasar Takjil Rawamangun

Cara ke Pasar Takjil Rawamangun
Source: KlikDokter

Kamu berminat mengunjungi pasar takjil Rawamangun tapi nggak tahu rute jalannya? Jangan khawatir! ada ringkasan cara dan rute perjalanan ke takjil Rawamangun. Berikut adalah beberapa opsi rute perjalanan yang bisa kamu tempuh:

1. Kendaraan pribadi atau taksi

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi atau taksi, kamu dapat menuju ke Jalan Balai Pustaka Timur di Rawamangun, Jakarta Timur. Pasar Terminal Rawamangun ini berada tepat di seberang Terminal Rawamangun, lebih tepatnya lagi di sebelah KFC. Kamu dapat menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk membantu menentukan rute terbaik dan menghindari kemacetan.

2. Menggunakan angkutan umum

Kamu dapat menggunakan angkutan umum seperti TransJakarta atau bus umum yang memiliki rute ke Rawamangun. Setelah turun di Terminal Rawamangun, kamu tinggal menyeberang jalan ke arah untuk mencapai pasar seberang Terminal Rawamangun ini.

3. Menggunakan jasa ojek online

Selain menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, kamu juga dapat menggunakan jasa ojek online untuk dapat ke pasar dekat Terminal Rawamangun ini. Kamu hanya perlu memasukkan alamat tujuan dan aplikasi akan menunjukkan rute terbaik untuk mencapai lokasi tersebut.

Tips Aman Beli Takjil di Pasar Rawamangun

Source: IDN Times

Walau harganya murah dan mudah ditemukan, namun jangan sembarangan pilih jajanan sebagai takjil buka puasa, ya. Ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatuikan sebelum beli takjil. Berikut di antaranya:

1. Hindari warna takjil yang mencolok

Warna makanan yang mencolok bisa menjadi indikasi mengandung pewarna yang berlebihan. Jika dibiarkan, hal ini tentunya nggak baik untuk kesehatan tubuh kamu dalam jangka panjang.

Nah, jika saat membeli kamu melihat makanan dengan warna tidak wajar, maka sudah sebaiknya berhati-hati. Jangan langsung tergoda membelinya sekalipun tampilannya menarik.

2. Perhatikan tekstur dan bau makanan takjil

Selain warna, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan tekstur dan bau makanan. Jika makanan tersebut mempunyai aroma aneh atau tekstur yang tidak wajar, bisa jadi makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Selain itu, makanan atau minuman yang menggunakan bahan kimia tidak wajar juga biasanya menghasilkan aroma dan tekstur tertentu.

3. Perhatikan kemasan takjil di pasar Rawamangun

Selanjutnya, penting juga bagi kamu untuk memperhatikan kemasan makanan. Sebab, makanan yang tidak dibungkus dengan baik bisa mempengaruhi kebersihan makanan yang berdampak pada kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Pastikan kamu membeli makanan yang sudah dibungkus secara rapat.


Demikian rangkuman singkat terkait pasar takjil Rawamangun yang populer di masyarakat dengan harga yang murah. Kamu dapat menemukan berbagai jenis takjil serta aneka makanan Indonesia untuk berbuka puasa di sana.

Gimana? apakah kamu tertarik buat mengunjungi langsung pasar takjil di seberang Terminal Rawamangun tersebut?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare