...
makanan khas Bekasi
5-min read

12 Makanan Khas Bekasi yang Enak | Wajib Kamu Coba!

makanan khas Bekasi

Ternyata ini makanan khas Bekasi yang wajib kamu coba saat main ke sana.

Kota Bekasi adalah salah satu kota yang berada di Jawa Barat yang masuk ke kawasan Jabodetabek. Di sana ada berbagai kuliner yang menjadi makanan favorit warga Bekasi, maupun pendatang.

Bagi yang belum pernah sama sekali berkunjung ke Bekasi dan ingin mencoba makanan khasnya, Berikut daftar beberapa makanan khas Bekasi yang bisa kamu cicipi.

Info wajib baca: 10 Jenis Kue Tradisional Makassar yang Populer, Punya Cita Rasa Superenak

Makanan Khas Bekasi

Nah, di bawah ini Kostmin mau membahas beberapa makanan khas Bekasi yang rasanya enak dan wajib kamu coba, di antaranya:

1. Sayur gabus pucung

Makanan khas Bekasi
Source: orami

Yang pertama ada sayur gabus pucung. Sayur tersebut merupakan kuliner Betawi yang menjadi andalan. Fyi, kota Bekasi merupakan tempat budidaya ikan gabus, bahkan dulunya Bekasi mempunyai banyak rawa tempat ikan gabus hidup.

Nggak heran kalau sayur gabus pucung menjadi kuliner umum di masyarakat Bekasi. Buat yang belum tahu bentukannya, sayur ini terbuat dari ikan gabus goreng kemudian ditambahkan kuah hitam yang menjadi ciri khasnya.

Kuah hitam tersebut terbuat dari campuran kluwak yang rasanya sedikit pedas. Pemerintah Bekasi sampai meminta seluruh hotel di wilayah kota tersebut memasukkan menu gabus pucung ke dalam menu makanannya.

2. Oblok tongki

Source: Ayo Bekasi

Berikutnya ada oblok tongki yang mungkin namanya kurang familiar di telinga kamu atau masyarakat yang berada di luar Bekasi.

Oblok ini merupakan makanan khas Kota Bekasi yang asalnya dari Betawi. Oblok tongki terbuat dari olahan daging bebek yang dibumbui cabai dan rempah sangat kuat. Kalau dilihat, nih, sekilas mirip rendang.

3. Sop janda

Source: Pojok Bekasi

Eits, jangan berpikir macam-macam saat membaca namanya! Kata “janda” di sini merupakan singkatan dari “Jawa-Sunda”. Sop janda sendiri cukup terkenal di Kota Bekasi dengan cita rasa yang gurih dan pedas.

Isian dari sop janda, yaitu daging dan tulang sapi yang dipadukan dengan kuah panas. Terasa segar saat disantap!

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Kamu Coba, Salah Satunya Sambal Ikan Roa

4. Sayur asam Bekasi

makanan khas Bekasi
Source: Tokopedia

Makanan khas Bekasi yang tidak kalah populer adalah sayur asam. Sayur ini memiliki keistimewaan dibandingkan daerah lainnya yang terletak pada rasanya yang lebih asam dibanding sayur asam pada umumnya. Apakah kamu pernah mencobanya?

5. Soto tangkar

Source: Ayo Bogor

Kuliner khas Betawi yang menjadi makanan khas Kota Bekasi selanjutnya yaitu soto tangkar. Berbahan dasar iga sapi yang direbus dengan bumbu dan rempah sampai daging lunak. Fyi, makanan ini sudah lama dikenal karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

6. Kue dongkal

Source: Ketik News

Makanan ini terbuat dari beras yang digiling kasar, kelapa parut, gula pasir, gula merah, dan daun pandan. Rasa kue dongkal mirip dengan kue putu. Bedanya, sih, kue dongkal berbentuk seperti tumpeng yang disajikan di atas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa di atasnya.

7. Kue duit

makanan khas Bekasi
Source: Perpustakaan digital budaya Indonesia

Camilan ini memiliki penampilan yang serupa dengan koin logam, berbentuk pipih bulat dengan tekstur yang manis dan renyah. Kue ini umumnya dapat ditemui di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh.

8. Ketapang

Source: Ini Online

Kue ketapang merupakan hidangan khas Betawi yang telah menjadi kuliner khas Kota Bekasi. Bentuknya menyerupai biji ketapang dengan cita rasa manis yang renyah. Terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula, dan telur, kue ini populer sebagai oleh-oleh di Bekasi dan sekitarnya.

9. Jalabia

Source: Cookpad Indonesia

Merupakan salah satu jajanan khas Betawi yang sangat terkenal. Terbuat dari campuran tepung ketan, tepung beras, kelapa, santan, dan gula merah. Meskipun berbentuk bulat seperti donat dengan warna hitam, teksturnya menyerupai dodol yang lengket. Rasanya sangat manis dan lezat, menjadikannya makanan yang legendaris.

Info wajib baca: 14 November Memperingati Hari Apa Saja? Salah Satunya Hari Brimob

10. Kue sagon

makanan khas bekasi
Source: Pinterest

Salah satu kuliner khas Bekasi yang terkenal ialah kue sagon, yang terbuat dari tepung beras ketan. Tepung beras ketan tersebut umumnya disangrai sebelum digunakan sebagai bahan utama kue.

Kue sagon diberi taburan kelapa parut di atasnya yang memberikan sentuhan unik dan cita rasa gurih. Meskipun bentuknya umumnya bulat, beberapa varian mungkin memiliki bentuk pipih tergantung pada cetakan yang digunakan.

Keistimewaan bentuk dan cita rasa khasnya menjadikan kue sagon sebagai pilihan utama bagi para pencinta kuliner, terutama yang ingin mencoba kelezatan kuliner khas Bekasi.

11. Bandeng rorod

Source: Jakartapedia

Berbeda dari bandeng presto, bandeng rorod memiliki karakteristik tersendiri karena menggunakan ikan bandeng yang bebas tulang. Proses pembuatan bandeng rorod melibatkan penarikan tulang besar dari ikan bandeng secara paksa atau “dirorod” dalam bahasa Betawi.

Selanjutnya, daging ikan yang telah terpisah dari tulangnya dicampur dengan bumbu khas, kemudian dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan dan dikukus hingga empuk. Proses ini memastikan bahwa setiap potongan daging ikan, bebas dari tulang dan duri, serta menghasilkan tekstur bandeng yang lembut.

Info wajib baca: Ini Resep dan Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Khas Riau yang Segar

12. Wajik ketan

makanan khas bekasi
Source: Bekasi Media

Kuliner khas yang terakhir dari Kota Bekasi adalah wajik ketan. Camilan ini terbuat dari beras ketan dan gula merah yang cukup sering ada di berbagai acara sebagai simbol perekat silaturahmi di tengah masyarakat.


Nah, itulah dia beberapa makanan khas Bekasi yang bisa kamu coba ketika hendak berkunjung ke kota tersebut. Ada yang pernah kamu cobain?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare