...
5-min read

6 Makanan Khas Kebumen Untuk Menemani Liburanmu!

Pulang kampung atau jalan-jalan ke Kebumen? Pastikan kamu juga membawa makanan khas Kebumen sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta!

Apakah kamu berencana untuk pulang kampung maupun hanya sekadar berlibur ke Kebumen, Jawa Tengah? Kamu pasti tidak ingin melewatkan makanan khas Kebumen yang lezat dan memanjakan lidah. Beberapa hidangan ini merupakan hidangan yang wajib dicoba saat kamu ke Kebumen. Tak perlu khawatir, hidangan-hidangan ini mudah dicari di setiap sudut Kebumen serta harganya juga terjangkau.

Ingin tahu apa saja makanan-makanan itu? Pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis dan jangan lewatkan daftar ini satupun, ya! Mari kita mulai perjalanan kuliner di Kebumen untuk memanjakan lidah dan hati kita!

Rekomendasi Makanan Khas Kebumen

1. Nasi penggel

Seperti makanan pokok orang Indonesia pada umumnya, hidangan ini memiliki nasi sebagai bintang utamanya. Nama dari nasi penggel menggambarkan keseluruhan dari hidangan ini, yakni nasi yang dibentuk bulat seperti bola pingpong. Makanan ini merupakan makanan khas Kebumen yang biasanya disantap pada pagi hari.

Beberapa warung penjual nasi penggel akan membiarkan pembelinya mengambil nasi mereka sendiri yang telah ditata secara bertumpuk di dalam bakul. Umumnya pembeli mengambil 8 hingga 15 bulatan nasi. Setelah mengisi piring dengan nasi, pembeli menyodorkan piring tersebut untuk diberi lauk dan sayur.

Mengutip dari Visit Jawa Tengah, lauknya dapat berupa kulit dan jeroan sapi seperti babat, iso, kikil, ‘tetelan’, jantung, ginjal, paru, dan lain sebagainya. Sedangkan sayurnya adalah kuah lodeh yang memiliki rasa gurih dan kental. Dengan porsi yang mengenyangkan kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000. Sangat terjangkau bukan?

2. Sate Ambal

makanan khas kebumen
Source: Masak Apa Hari Ini?

Sate Ambal ini cukup berbeda dengan Sate Madura yang menggunakan daging dan kulit ayam serta dibumbui dengan saus kacang. Hal yang paling mencolok dari hidangan ini adalah sausnya. Bumbunya agak lebih encer daripada Sate Madura serta berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang.

Bumbu ini tidak terbuat dari bahan hewani, namun bumbu ini dibuat dari tempe yang dihancurkan hingga halus. Cita rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah yang menggugah selera. Meskipun begitu, tempenya tidak akan terasa lagi setelah dijadikan bumbu. Harga seporsi hidangan ini yakni Rp. 20.000 hingga Rp. 45.000.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba | Ada Nasi Grombyang hingga Kue Kamir

3. Soto Petahanan

Cocok dimakan saat hujan, hidangan ini sangat menghangatkan tubuh di kala badai menerpa. Tidak sama dengan soto yang berasal dari daerah lain, soto petanahan berisi ketupat, toge hijau, suwiran ayam kampung, dan kuah yang gurih. Meskipun begitu, soto ini belum setenar soto bandung maupun soto daerah lainnya.

Kuah soto ini tidak bewarna kuning, melainkan bening seperti kuah pada sayur sop. Apabila kamu berlibur ke Kebumen, cobalah menyempatkan diri mencoba kuliner yang satu ini. Pedagang soto petanahan banyak dijumpai di desa petanahannya sendiri dan daerah di sekitar Desa Petanahan. Harganya terjangkau, yakni hanya Rp. 3.000 hingga Rp. 25.000 saja.

4. Emping Mendem

makanan khas kebumen
Source: INFO1.ID

Ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga atau teman tersayang? Pastikan kamu tidak melewatkan makanan yang satu ini. Hidangan ini terbuat dari isi mlinjo, sehingga rasanya gurih dan lezat untuk dimakan bersama hidangan utama. Tidak sepenuhnya sama dengan emping yang biasa kamu dengar, jenis emping ini berbeda karena ukurannya lebih kecil dan lebih padat daripada emping biasanya.

Tak hanya rasa original, emping mendem tersedia dalam beberapa rasa seperti balado, asin, pedas, manis, dan keju. Hal ini membuat emping mendem tidak hanya enak jika dimakan dengan makanan berat, namun juga enak dijadikan camilan. Harga dari hidangan renyah dan gurih ini hanya Rp. 10.000 per 100 gramnya. Cocok untukmu yang memiliki budget terbatas, namun ingin membeli oleh-oleh.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Wajib Kamu Coba, Salah Satunya Sambal Ikan Roa

5. Yutuk Goreng

Renyah dan lezat, yutuk goreng merupakan camilan yang cocok untuk dimakan saat kamu melakukan aktivitas santai. Yutuk sendiri merupakan sejenis hewan laut yang sering ditemukan di pesisir pantai Kebumen.

Lebih mudahnya, yutuk goreng adalah bakwan atau rempeyek yutuk. Hidangan ini juga cocok untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harganya sangat murah, yakni hanya dengan Rp. 5.000, kamu sudah bisa membawa yutuk lezat ini ke rumah. Siap mencobanya?

6. Sagon Kelapa

Tidak lengkap rasanya jika tidak makan hidangan manis setelah makan hidangan asin. Sagon kelapa yang manis cocok untuk dimakan bersama kopi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tak hanya itu, kue yang satu ini juga cocok untuk kamu bawa sebagai buah tangan. Hidangan ini terbuat dari tepung ketan, namun bisa diganti dengan tepung sagu atau tepung kanji.

Bahan yang digunakan yakni tepung ketan dan gula pasir yang dibasahi dengan sedikit air. Kemudian adonan tersebut diaduk secara merata hingsampaiga gula mampu tercamput dengan baik bersama tepung ketan. Kemudian, adonan dicetak dan ditaruh di dalam loyang. Sagon dipanaskan di dalam suhu 150 derajat hingga matang selama kurang lebih 25 menit.


Jika kamu sudah pernah mencoba makanan khas Kebumen, yuk, coba share pengalaman kamu saat memakan makanan gurih dan lezat ini di kolom komentar!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare