...
makanan khas sidoarjo
5-min read

Makanan Khas Sidoarjo yang Enak dan Wajib Coba!

makanan khas sidoarjo

Pergi ke pasar rebo, eh, ketemu Mbak Lala, kalau ke Sidoarjo, jangan lupa icip makanan khas Sidoarjo yang wajib coba!

Menyantap hidangan khas daerah merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan budaya suatu tempat. Ada banyak makanan yang khas dari setiap daerah, termasuk di Sidoarjo. Kota ini memiliki berbagai macam kuliner yang enak dan telah menjadi incaran wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Sidoarjo adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai macam kuliner khas yang lezat. Terdapat banyak makanan yang menjadi ciri khas kota ini, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan atau camilan.

Kali ini, Kostmin mau kasih rekomendasi makanan khas Sidoarjo yang enak dan wajib kamu coba, nih! Mau tau apa saja 7 makanan khas Sidoarjo yang wajib kamu coba? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Makanan Khas Sidoarjo?

Sidoarjo adalah sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan makanan khasnya. Makanan khas Sidoarjo merupakan sajian yang menggunakan bahan-bahan dari daerah sekitar, seperti ikan, udang, dan sayuran. Sidoarjo juga memiliki beberapa makanan khas yang hanya dapat ditemukan di sini, seperti nasi timbel dan lontong balap.

Namun, makanan khas Sidoarjo nggak hanya sebatas nasi timbel dan lontong balap, lho! Ada juga beberapa makanan lain khas Sidoarjo yang pastinya nggak kalah enak dan tentunya, wajib banget kamu coba kalau dateng ke daerah ini. Yuk, intip di bawah!

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Bogor Wajib Coba hingga Jajanan yang Legendaris

7 Makanan Khas Sidoarjo yang Enak dan Wajib Coba

Kalau jalan-jalan ke Sidoarjo, kamu jangan lupa buat icip-icip tujuh makanan khas Sidoarjo berikut ini. Dijamin enak dan nggak akan nyesel setelah nyobain! Kira-kira apa aja, ya? Berikut daftarnya buat kamu, yuk kita mulai intip satu-satu!

1. Sate Kerang Sidoarjo

makanan khas sidoarjo
Source: Selerasa.com

Kalau biasanya orang cuma tahu sate ayam, kambing, atau kelinci, Sidoarjo punya hidangan yang lumayan unik, yaitu sate kerang! Sate kerang Sidoarjo merupakan salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Sidoarjo.

Makanan ini terbuat dari kerang segar yang dilumuri dengan bumbu kecap dan juga kacang. Sate kerang Sidoarjo memiliki cita rasa yang berbeda dari sate lainnya, karena memang daging yang dipakai juga bukan yang seperti biasa kita ketahui, yaitu daging kerang.

Selain itu, sate ini seringkali disajikan bersama dengan kupang lontong sebagai hidangan pelengkap. Sate yang satu ini sendiri sudah lumayan terkenal dan kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di berbagai tempat di Sidoarjo.

2. Rawon Gajah Mada

makanan khas sidoarjo
Source: Tripadvisor

Rawon Gajah Mada adalah masakan khas yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas, yaitu kluwek. Masakan ini memiliki cita rasa kuah yang gurih dengan daging empal, sambal, dan topping kecambah.

Rasa yang kaya, yaitu gurih, manis, dan juga legit dari rawon ini sangat menggugah selera. Sayang kalau kamu lewatkan!

Makanan dengan kuah hitam pekat ini, sangat laris dan populer baik di kalangan warga lokal ataupun wisatawan luar kota. Nama Gajah Mada sendiri diambil dari letak rumah makan rawon yang berada di Jalan Gajah Mada atau Sidoarjo Kota.

3. Lontong Kupang Sidoarjo

makanan khas sidoarjo
Source: Suara.com

Lontong Kupang Sidoarjo adalah makanan khas yang terdiri dari lontong, kupang, lentho, dan ditambah dengan siraman kuah kupang. Lontong Kupang Sidoarjo sangat populer dan juga melegenda di Sidoarjo, sehingga mudah ditemukan di berbagai tempat di kota ini.

Cara penyajiannya pun unik, yaitu dengan memasukkan irisan kuah lontong dan juga lentho ke dalam piring. Setelah itu, lontong dan juga lentho akan disiram dengan kuah kupang yang sudah dibumbui dengan petis dan bawang putih.

Sebelum disajikan, bawang putih dan juga cabe dihaluskan terlebih dulu. Setelah itu, tambah dengan petis, biasanya juga akan ditambahkan dengan perasaan air jeruk nipis. Gimana, tertarik buat nyobain lontong kupang ini?

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Laksa Tangerang, Ada yang Legendaris!

4. Kue lumpur bakar

makanan khas sidoarjo
Source: Kompas.com

Pernah denger kue lumpur? Yakali nggak pernah denger! Tau nggak, sih, kalau ternyata di Sidoarjo ada kue lumpur yang jadi makanan khas di sana karena cara pembuatannya yang unik? Yap, betul, dibakar! Loh, kue lumpur kok dibakar, min?

Eitss, justru ini, nih yang bikin kue lumpur khas Sidoarjo yang satu ini enak! Kenikmatannya ada pada tekstur kuenya yang seakan meleleh pada gigitan pertama! Rasa manis dari adonan kue bercampur dengan gurihnya serutan kelapa membuat kue khas Sidoarjo ini sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Apalagi kalau kamu suka makan makanan manis!

5. Petis udang Sidoarjo

Petis udang Sidoarjo
Source: Wikipedia

Kalau denger kata ‘petis’ pasti yang muncul di kepala adalah campuran dari beragam buah-buahan yang dikasih bumbu campuran cabai, kacang, dan kecap yang disantap saat masih segar untuk menghilangkan rasa gerah.

Namun, petis khas Sidoarjo yang satu ini beda. Petis satu ini adalah petis udang! Hah, nggak salah, min? Nggak, dong! Makanan ini terbuat dari bahan baku udang yang telah direbus dan kemudian dicampurkan dengan gula merah sampai mengental dan berwarna kehitaman.

Rasa makanan yang ini sendiri lebih gurih dan lebih khas rasanya dibandingkan dengan petis pada umumnya. Biasanya, dijadikan sebagai campuran dalam sebuah makanan seperti misalnya lontong kupang, rujak cingur, dan jenis makanan lainnya.

6. Bakso Cak Pitung

Bakso Cak Pitung
Source: Meramuda

Para pecinta bakso wajib merapat! Bakso yang satu ini adalah salah satu makanan khas Sidoarjo yang wajib banget kamu coba! Nama Cak Pitung sendiri diambil dari nama warung bakso yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Ada beberapa pilihan menu bakso yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera kamu, seperti bakso keju, bakso jamur, bakso telur, dan menu andalannya, bakso mercon. Bakso yang satu ini tentunya cocok buat kamu para pecinta pedas, jangan sampai kelewatan icip makanan yang satu ini!

7. Ote-ote Porong

Ote-ote Porong
Source: IDN Times

Hah, apaan, tuh, min? Ote-ote sendiri merupakan sebutan untuk bakwan goreng. Kenapa namanya ote-ote? Karena biasanya makanan ini terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan berbagai macam isian, seperti misalnya cincangan daging ayam atau babi, tiram, dan juga rumput laut yang membuat kuliner yang satu ini semakin terasa istimewa.

Tekstur luarnya yang garing dari hasil menggoreng hingga kecoklatan dan adonan dalamnya yang lembut, cocok disantap saat masih hangat oleh kamu! Kamu juga bisa makan ote-ote ini sebagai lauk pelengkap nasi biar makin nikmat dan kenyang pastinya.


Nah, itu tadi tujuh rekomendasi makanan khas Sidoarjo yang enak, dan wajib banget kamu coba kalau sedang berkunjung ke kota yang satu ini! Di antara tujuh makanan di atas, mana, nih kira-kira makanan yang menurut kamu paling unik dan ingin kamu coba? Tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare