...
5-min read

9 Makanan Khas Suku Baduy, dari yang Manis Hingga Asin

Masih pakai cara tradisional, makanan khas Suku Baduy berikut masih memiliki cita rasa yang autentik.

Suku Baduy merupakan sebuah kelompok masyarakat yang mendiami daerah pegunungan Banten dan memiliki warisan budaya yang kaya, termasuk kuliner, lho. Makanan khas suku Baduy tidak hanya mencerminkan kekayaan alam sekitarnya, tetapi juga memperlihatkan kearifan lokal yang diwariskan secara turun-temurun.

Dalam artikel ini, Kostmin akan membawamu untuk menjelajahi beberapa hidangan khas suku Baduy yang mengundang selera dan merayakan keunikan budaya mereka. Tak hanya budayanya, ternyata makanan khas Suku Baduy juga unik serta masih banyak yang menggunakan cara masak yang tradisional, lho! Penasaran? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Makanan Khas Suku Baduy

Lantas, apa saja makanan khas Baduy yang menarik untuk dicoba? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kue balok menes, makanan khas suku Baduy mirip getuk

Source: Parboaboa

Kue balok menes merupakan makanan khas Suku Baduy yang terbuat dari singkong yang dimasak dengan cara direbus, lalu ditumbuk halus. Untuk menambah cita rasa manis, kue ini ditambahkan dengan gula aren serta taburan parutan kelapa.

Mengutip Badan Penghubung Daerah Provinsi Banten, balok menes yang mempunyai cita rasa manis gurih ini sama dengan getuk yang sudah biasa kita lihat di pasaran umum.

Kue balok menes dibanderol dengan harga Rp5 ribu per bungkus besar dan Rp3 ribu untuk satu bungkus kecilnya. Apakah kamu penasaran untuk mencobanya?

Info wajib baca: Liburan Unik Ala Eropa di Taman Wisata MBS Serang | Cek Tiket Masuk sampai Jam Operasional

2. Jojorong

Hidangan yang satu ini sangat terkenal di daerah Banten, meskipun begitu masih banyak yang belum tahu bahwa jojorong berasal dari Baduy. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, dan gula merah yang membuatnya memiliki cita rasa manis.

Wadah atau mangkuk kue ini terbuat dari daun pisang yang dibentuk persegi. Agar kuat, setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi.

3. Otak-otak labuan, makanan khas suku Baduy dengan bahan dasar ikan

Otak-otak labuan adalah makanan olahan ikan yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan tradisional ini menjadi kuliner khas bagi kawasan pesisir laut yang terkenal di kalangan para nelayan.

Hidangan ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama dengan campuran tepung tapioka. Rasa gurihnya berasal dari rempah-rempah seperti bawang, kaldu, dan cabai.

4. Kue pasung merah

makanan khas suku baduy
Source: Culasatu.com

Kue pasung merah merupakan hidangan yang terbuat dari bahan utama yaitu tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Dengan bahan-bahan tersebut terciptalah kue pasung merah dengan rasa manis dari gula, gurih dari kelapa, dan kenyal karena penggunaan tepung beras. Kue ini berbentuk kerucut dan biasanya dibungkus menggunakan daun pisang.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Daerah dari Bahan Nabati Murah dan Bergizi, Cocok untuk Anak Kost Vegetarian!

5. Gipang

Melansir dari Unej.ac.id, gipang merupakan salah satu makanan khas dari Suku Baduy, Provinsi Banten yang terbuat dari beras ketan dan sirup gula. Makanan ini memiliki bentuk persegi panjang, dan memiliki rasa yang manis.

Melimpahnya ketan di kawasan Baduy menjadikan gipang sebagai salah satu produk unggulan sekaligus menjadi oleh-oleh favorit masyarakat Baduy dan wilayah Banten. Peningkatan kandungan gizi gipang dapat dilakukan dengan menambahkan bahan pangan lain salah satunya tepung tulang ikan yang dapat meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor.

6. Apem putih

Apem putih merupakan salah satu makanan khas Suku Baduy yang terbuat dari beras yang digiling hingga menjadi tepung. Kemudian tepung tersebut dicampur dengan tape yang sudah difermentasi yang kemudian dibentuk menjadi apem yang berukuran kecil. Apem putih biasanya dikonsumsi bersamaan dengan gula merah yang dicairkan.

7. Angeun kotok

Angeun kotok merupakan olahan ayam khas Suku Baduy yang memiliki cita rasa gurih, tanpa terasa amis menciptakan sensasi rasa yang luar biasa. Daging ayam angeun kotok juga sangat empuk, sebab makanan ini melalui proses masak yang cukup rumit. Mula-mula, ayam diproses dengan cara dibakar adapun tujuannya untuk mengeluarkan kadar minyak di dalamnya dan menciptakan aroma khas bakaran.

Setelah dibakar, bumbu-bumbu halus yang terdiri dari bawang, kunyit, jahe dan honje dimasukkan ke dalam masakkan untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian ayam dimasukkan ke dalam santan serta ditambahkan tomat.

8. Lalap baduy, makanan sayuran khas suku Baduy

Lalap baduy merupakan hidangan yang terdiri dari sayur-sayuran. Hidangan ini memiliki isian yakni daun singkong, daun pepaya, dan kacang panjang yang disajikan dengan sambal terasi. Bukan makanan pokok, lalap baduy biasanya menjadi pelengkap dari hidangan utama.

9. Nasi baduy

Nasi putih suku Baduy memiliki tekstur agak keras atau pera dan memang punya cita rasa unik karena padi ditanam di ladang dan bukan di sawah. Hidangan ini umumnya dimasak secara tradisional, yakni dengan menggunakan tungku kayu. Adapun nasi ini disajikan dengan sayur mayur dan lauk pauk seperti ikan atau ayam.


Dalam setiap suapan, kita tidak hanya mencicipi makanan khas Suku Baduy yang memiliki rasa autentik, tetapi juga cerita panjang dan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh suku Baduy. Sudahkah kamu berkunjung ke Baduy maupun mencicipi makanannya? Bagaimana menurutmu? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare