...
makanan khas tegal
5-min read

7 Makanan Khas Tegal yang Wajib Kamu Coba | Ada Sate Kambing Muda!

makanan khas tegal

Tegal mempunyai sejumlah makanan khas yang kaya akan cita rasa. Intip pilihannya di sini!

Apakah kamu sedang berada di sekitar jalur pantai utara (Pantura)? Atau berencana untuk melewatinya? Kalau iya, jangan lupa untuk mampir ke salah satu kota yang kaya akan kuliner di dalamnya, yaitu Tegal.

Walau kota ini terkenal dengan Warung Tegal (Warteg) yang dapat ditemukan dengan mudah di banyak kota, namun Tegal mempunyai kuliner yang cukup kaya, lho. Penasaran ingin coba mencicipinya? Simak rekomendasi makanan khas Tegal berikut ini yang bisa kamu jadikan referensi saat mendatangi Kota Bahari ini!

Pilihan Makanan Khas Tegal Wajib Coba

Source: MenuKuliner.net

Lokasinya yang berbatasan langsung dari Jawa Barat membuat makanan khas Tegal cukup berbeda dengan kuliner khas Jawa Tengah kebanyakan. Berikut ini beberapa makanan khas Tegal yang populer:

1. Ketupat Glabed

Ketupat Glabed adalah salah satu makanan khas Tegal yang paling terkenal. Hidangan ini terbuat dari ketupat yang dimasak dalam kuah santan kental yang gurih. Ketupat Glabed memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sedangkan kuahnya kental dan gurih.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Makanan Khas Kalimantan Tengah | Berani Coba Makan Ulat Sagu?

Hidangan ini biasanya disajikan dengan irisan daging sapi yang lembut, telur rebus yang empuk, dan taburan bawang goreng yang memberikan sentuhan renyah. Ketupat Glabed tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan bagian penting dari perayaan hari besar seperti Lebaran, Idul Adha, dan Maulid Nabi.

2. Olos, makanan camilan khas Tegal

Olos adalah camilan khas Tegal yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung terigu yang dibentuk bulat-bulat. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta rasa gurih pedas yang membuatnya menjadi camilan sempurna.

Olos sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah didapat. Biasanya, olos berisi campuran kol, potongan cabe, atau daging ayam. Namun begitu, makanan ini juga sudah mengalami perkembangan sehingga isiannya lebih variatif.

3. Sate kambing batibul dan balibul

Senang dengan olahan daging kambing? Sate kambing khas Tegal menjadi salah satu makanan yang nggak boleh kamu lewatkan, nih.

Sate kambing khas Tegal ini biasanya menggunakan daging kambing muda. Umumnya menggunakan daging dari kambing berusia lima bulan atau tiga bulan. Maka dari itu, kamu pastikan akan menemukan kedai sate yang menulis Sate Kambing Batibul (bawah tiga bulan) dan Balibul (bawah lima bulan)

Kedua jenis sate ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta cita rasa yang gurih dan manis. Biasanya, sate ini disajikan dengan lontong, irisan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kuah kacang yang membuatnya semakin lezat.

4. Kupat Blengong, makanan khas Tegal dari daging angsa

makanan khas tegal
Source: Pinterest

Kupat Blengong adalah hidangan khas Tegal yang unik. Hidangan ini terbuat dari ketupat yang dimasak dalam kuah santan yang kental dengan campuran daging angsa. Kupat Blengong memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sementara kuahnya kental dan gurih.

Biasanya, hidangan ini disajikan dengan irisan daging angsa yang lezat, telur rebus yang mengenyangkan, dan taburan bawang goreng yang memberikan sentuhan renyah. Kupat Blengong merupakan hidangan istimewa yang seringkali disajikan saat perayaan besar seperti Lebaran, Idul Adha, dan Maulid Nabi.

5. Rujak Tlepak

Rujak Tlepak adalah hidangan khas Tegal yang menyajikan kombinasi unik antara buah-buahan dan sayuran segar yang diiris tipis dengan tambahan bumbu kacang yang khas. Hidangan ini memiliki tekstur yang segar dan gurih serta rasa yang memadukan manis dan pedas dengan sempurna.

Rujak Tlepak biasanya disajikan dengan taburan kerupuk rambak yang memberikan sentuhan gurih dan renyah. Hidangan ini adalah kuliner yang sangat populer di Tegal dan sering dijadikan pilihan saat makanan ringan atau camilan.

Info wajib baca: Pedas Menggoda! Ini 6 Makanan Khas Lombok yang Bikin Nagih

6. Glotak, makanan khas Tegal mirip oncom

Glotak adalah hidangan khas Tegal yang unik. Hidangan ini terbuat dari gembus, atau hasil sampingan dari proses pembuatan tahu. Gembus dimasak dalam kuah santan yang kental dan bumbu rempah-rempah yang membuatnya memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta kuah yang kental dan gurih.

Biasanya, Glotok disajikan dengan irisan cabai untuk menambah cita rasa pedas, telur rebus yang empuk, dan taburan bawang goreng yang memberikan sentuhan renyah. Seperti banyak hidangan khas Tegal lainnya, Glotok juga sering kali menjadi bagian dari hidangan perayaan besar.

7. Soto Tauco

Soto Tauco adalah makanan khas Tegal yang memadukan daging sapi atau ayam dengan kuah tauco lezat. Hidangan ini memiliki tekstur yang segar dan gurih, serta cita rasa yang menggabungkan manis dan pedas dengan sempurna.

Biasanya, Soto Tauco disajikan dengan nasi, tauge segar, bihun, irisan kol telur rebus, dan taburan bawang goreng yang memberikan sentuhan renyah. Hidangan ini adalah pilihan yang cocok untuk dinikmati dalam suasana sehari-hari.


Itulah sejumlah makanan khas Tegal yang wajib kamu coba jika datang ke daerah ini. Tertarik untuk mencoba salah satunya? Atau kamu punya rekomendasi makanan lainnya dari Kota Bahari ini? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare