...
minuman gedang klutuk
5-min read

Kenali Asal Usul Minuman Gedang Klutuk di Indonesia

minuman gedang klutuk

Yuk, simak asal-usul minuman Gedang Klutuk selengkapnya di sini!

Halo, gaes! Kali ini, Kostmin akan membahas tentang minuman tradisional dari buah gedang klutuk. Hah, apa itu? Ya, mungkin belum banyak yang tahu tentang buah pisang tanduk ini yang bisa diolah jadi minuman maupun soal asal-usulnya.

Yuk, jangan lewatkan artikel kali ini karena ada banyak hal menarik dan informasi penting seputar minuman tradisional yang satu ini. Siap-siap untuk terpukau oleh kekayaan budaya Indonesia, ya.

Asal-Usul Minuman Gedang Klutuk

Asal-Usul Minuman Gedang Klutuk
Source: Orami

Minuman gedang klutuk berasal dari daerah Jawa Tengah, Indonesia, terutama daerah Klaten dan sekitarnya. Kata “gedang” adalah bahasa Jawa yang berarti pisang tanduk.

Sementara “klutuk” adalah istilah dalam bahasa Jawa yang merujuk pada suara gemeretak atau suara remukan, seperti suara ketika kamu mengunyah makanan bertekstur keras.

Minuman ini terbuat dari campuran pisang tanduk yang telah dijemur, kemudian diparut dan direndam dalam air hangat selama beberapa jam. Setelah itu, air rendaman tersebut dicampur dengan gula dan air matang, kemudian diaduk hingga rata.

Beberapa versi juga menambahkan daun pandan atau daun suji untuk memberikan aroma yang lebih harum. Menurut cerita dari masyarakat setempat, minuman ini berasal dari masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Saat itu, para pekerja Indonesia yang bekerja di perkebunan Belanda sering kali menggunakan pisang tanduk sebagai bahan makanan, karena murah dan mudah ditemukan. Namun, pisang tanduk yang keras membuat para pekerja kesulitan untuk mengunyahnya.

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menjemur pisang tersebut terlebih dahulu, kemudian merendamnya dalam air hangat untuk membuatnya lebih lunak dan mudah dikonsumsi.

Namun, sekarang ini sayangnya banyak orang yang mengolah minuman gedang klutuk menjadi minuman yang memabukkan dengan cara menambahkan kadar alkohol di dalamnya.

Manfaat Minuman Gedang Klutuk

Apa saja manfaat minuman gedang klutuk? Simak beberapa di antaranya di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan
Source: The IBS and Gut Health Clinic

Minuman ini mengandung serat dari pisang, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat merupakan komponen makanan yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan dan meningkatkan kualitas tinja, sehingga mengurangi risiko sembelit.

Hal ini juga membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, yang penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Selain mengandung serat, minuman pisang klutuk juga mengandung prebiotik alami, yaitu inulin.

Inulin sendiri merupakan jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia, tetapi dapat diolah oleh bakteri baik di usus untuk memproduksi asam lemak rantai pendek yang penting untuk menjaga kesehatan usus. Sstt, bisa sekaligus jadi minuman diet, nih.

2. Manfaat minuman gedang klutuk: Meningkatkan energi

 Manfaat minuman Gedang Klutuk: Meningkatkan energi
Source: Popular Science

Sering mengalami tubuh lemas? Minuman pisang klutuk dapat meningkatkan energi karena kandungan karbohidrat yang terdapat pada pisang. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia, dan pisang mengandung jenis karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, pisang yang digunakan sebagai bahan utama minuman pisang klutuk juga mengandung gula alami, seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang dapat memberikan tambahan energi pada tubuh.

Tidak hanya kandungan karbohidrat dan gula alami, minuman pisang klutuk juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan kalium, dapat terjadi dehidrasi atau penurunan energi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung
Source: Universitas Gadjah Mada

Potasium yang terdapat pada minuman gedang klutuk dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, termasuk elektrolit yang penting untuk kesehatan jantung, seperti natrium dan kalsium.

Dengan menjaga keseimbangan elektrolit, minuman gedang klutuk dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dan mencegah risiko penyakit jantung.

Info wajib baca: Minuman Pelancar Haid yang Ampuh untuk Mengatasi Masalah Haid

4. Manfaat minuman gedang klutuk: Menenangkan sistem saraf

Manfaat minuman Gedang Klutuk: Menenangkan sistem saraf
Source: Halodoc

Minuman gedang klutuk dapat menenangkan sistem saraf karena kandungan magnesium yang terdapat pada pisang klutuk. Magnesium memiliki peran penting dalam menjaga fungsi sistem saraf yang sehat dan mengurangi risiko terjadinya gangguan saraf, seperti stres, kecemasan, dan insomnia.

Magnesium membantu mengatur aktivitas neurotransmitter dalam otak, termasuk neurotransmitter yang berperan dalam mengatur mood dan kualitas tidur, seperti serotonin dan melatonin.

Oleh karena itu, dengan kandungan magnesium yang terdapat pada pisang klutuk, minuman pisang klutuk dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mempromosikan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

Info wajib baca: Pantangan Makanan untuk Sakit Tumit, Hindari Makanan Ini!

Cara Mengolah Minuman Gedang Klutuk

Cara Mengolah Minuman Pisang Klutuk
Source: TheAsianParent

Bahan

  • 500 gram pisang klutuk yang sudah matang
  • 1 liter air
  • Gula atau gula merah secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas pisang klutuk, kemudian potong-potong menjadi bagian kecil.
  2. Rebus pisang klutuk dengan air hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan air rebusan tetap menggelegak dengan terus diaduk selama 10-15 menit.
  4. Angkat dan dinginkan air rebusan pisang klutuk hingga suhu ruang.
  5. Setelah dingin, saring air rebusan pisang klutuk dan ambil airnya saja. Buang ampasnya.
  6. Tambahkan gula atau gula merah secukupnya ke dalam air rebusan pisang klutuk, aduk hingga gula larut.
  7. Sajikan minuman gedang klutuk dalam gelas dengan tambahan es batu.

Demikian penjelasan terkait minuman gedang klutuk beserta manfaat dan cara mengolahnya. Sekarang, kamu jadi semakin tahu tentang kekayaan budaya Indonesia yang juga mengandung ragam manfaat yang berguna untuk kesehatan, kan?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare