...
tempat wisata di jakarta utara
5-min read

10 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Wajib Kamu Kunjungi

tempat wisata di jakarta utara

Inilah rekomendasi tempat wisata di Jakarta Utara bisa kamu jadikan list tempat yang akan dikunjungi pada libur akhir tahun nanti.

Jakarta menyediakan beragam lokasi wisata yang dapat dieksplorasi, mulai dari keindahan alam, wisata air, hingga destinasi ramah anak dan bersejarah. Warga ibu kota dapat dengan mudah menemukan tempat untuk berjalan-jalan atau menambah koleksi foto di media sosial tanpa harus berpergian jauh.

Di bagian Jakarta Utara, terdapat banyak destinasi yang cocok sebagai tempat penyembuhan atau sekadar rekreasi, beberapa di antaranya menawarkan banyak spot foto estetik. Keistimewaan lainnya adalah sebagian besar tempat wisata ini dapat diakses tanpa biaya masuk yang besar.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara

Jika kamu ingin liburan di Jakarta Utara tidak perlu bingung lagi mau ke mana, karena ada beberapa rekomendasi yang telah dirangkum oleh Kostmin di bawah ini. Berikut tempat wisata di Jakarta Utara yang menarik untuk kamu kunjungi pada liburan nanti.

1. Tempat wisata di Jakarta Utara: Pantai Ancol

tempat wisata di jakarta utara
Source: ancol.com

Suasana pantai yang sejuk dengan berbagai fasilitas dan wahana di dalamnya menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai Ancol memang menyuguhkan keindahan pantai yang bisa memanjakan mata pengunjung.

Di tempat wisata ini terdapat beberapa pantai yang menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Jakarta untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Tempat wisata tersebut seperti Pantai Indah, Festival, Ria, Elok dan Carnival.

Di kawasan ini juga terdapat area Beach Park dan dilengkapi oleh berbagai macam permainan watersport di dalamnya. Seperti Swan Pedal Boat, Donut Boat, Kayak, Banana Boat hingga Aqua Fun.

Alamat: Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta

2. Museum Bahari

tempat wisata di jakarta utara
Source: bobobox.com

Museum ini adalah destinasi wisata yang berada di Jakarta Utara dan wajib kamu kunjungi. Letak museum ini sekitar 2,8 km dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kawasan museum tersebut merupakan wilayah yang sudah dialihfungsikan. Gedung yang dijadikan museum dulunya merupakan gudang rempah-rempah VOC, kamu bisa mempelajari koleksi berbagai peninggalan bersejarah, terutama yang berhubungan dengan laut.

Alamat: Museum Bahari Jln. Pasar Ikan No.1, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

Info wajib baca: 9 Destinasi Wisata Ponorogo yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Tempat wisata di Jakarta Utara: Dunia Fantasi (Dufan)

tempat wisata di jakarta utara
Source: ancol.com

Lokasi wisata di Jakarta Utara ini dikenal dengan nama Dufan dan merupakan pusat hiburan serta area rekreasi terbuka terbesar di Indonesia. Selain menyajikan berbagai wahana permainan yang menarik, tempat ini juga memiliki unsur edukatif.

Beberapa atraksi yang dapat dijajal mencakup Rumah Misteri, Paralayang, Baling-Baling, Zig Zag, Turbo Drop, Karavel, Kolibri, Poci Poci, Kora-Kora, Rumah Miring dan Istana Boneka. Selain itu, juga ada Hysteria yang menantang adrenalin.

Alamat: Dufan Jln. Lodan Timur No.7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara

4. Rumah Si Pitung

tempat wisata di jakarta utara
Source: bobobox.com

Si Pitung, figur legendaris Betawi yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Bangunan tersebut memiliki rumah panggung yang diakui sebagai Cagar Budaya Betawi untuk mengenang perjuangan pahlawan tersebut.

Untuk mempelajari adat Betawi dan melihat koleksi peralatan yang digunakan dalam perlawanan terhadap Belanda, pengunjung hanya perlu membayar Rp5.000 (dewasa) dan Rp1.500 (pelajar).

Alamat: Rumah Si Pitung Jln. Kampung Marunda Pulo, Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara

5. Tempat wisata di Jakarta Utara: Mangrove Angke Kapuk

tempat wisata di jakarta utara
Source: kompas.com

Jika kamu mencari lokasi yang teduh dan damai di tengah kawasan Jakarta Utara, Mangrove Angke Kapuk bisa menjadi opsi yang sangat tepat. Di sepanjang pandangan mata, kamu akan disuguhkan pemandangan hijau dari deretan pohon bakau.

Untuk menarik minat pengunjung, destinasi wisata di Jakarta Utara ini bahkan menyediakan fasilitas penginapan berupa pondok kemah dan vila-vila pondok alam. Selain itu, wisata ini juga dilengkapi dengan jembatan gantung yang menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Untuk urusan bersantap, tersedia sebuah kantin lesehan yang merupakan satu-satunya tempat makan di kawasan Mangrove Angke Kapuk.

Alamat: Mangrove Angke Kapuk Jln. Garden House, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

6. Alive Museum Ancol

tempat wisata di jakarta utara
Source: tempat.org

Ciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan dengan mengunjungi Alive Museum. Mengapa memilih Alive Museum?

Mirip dengan Madame Tussaud, Alive Museum menampilkan zona Alive Star yang menampilkan patung lilin dari tokoh-tokoh legendaris dunia. Seperti Michael Jackson, Elvis Presley, hingga bintang-bintang Korea yang populer di kalangan kaum muda.

Selain itu, terdapat Spot Foto 3D yang cocok bagi Anda yang suka ber-selfie dan membagikan foto di media sosial. Lukisan dan seni rupa di zona ini terlihat hidup karena menggunakan trik ilusi 3D.

Alamat: Alive Museum @ Ancol Beach City Mall 3rd Floor Jln. Ancol Beach City Pademangan, Ancol, Kecamatang Pademangan, Jakarta Utara

7. Sea World Ancol

sea world
Source: traveloka

Destinasi wisata di Jakarta Utara ini bisa menjadi opsi menarik untuk keluarga yang ingin berkunjung bersama. Sea World Ancol menawarkan paket liburan yang lengkap dengan konsep edukasi, hiburan, dan konservasi.

Pengunjung akan diajak untuk mengenal berbagai jenis biota laut dan air tawar dengan karakteristik dan keunikan masing-masing di tempat wisata ini. Dengan 19 akuarium dan kolam terbuka, pengunjung dapat menyaksikan keberagaman biota air tawar dan laut.

Setiap akuarium di tempat ini memiliki konsep dan tema yang berbeda, menciptakan suasana yang membuat pengunjung betah untuk menjelajahinya. Mulai dari Interactive Aquarium, Shark Aquarium, Antasena Tunnel, Main Aquarium, Touch Pool, Car Aquarium, Jellyfish Sphere, hingga Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam.

Alamat: Sea World Ancol Jln. Lodan Timur No.7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara

Info wajib baca: 5 Wisata Petik Apel Malang: Harga Tiket sampai Lokasinya

8. Tempat wisata di Jakarta Utara: Atlantis Ancol

atlantis
source: ancol.com

Setelah menghabiskan waktu sepanjang hari mempelajari biota laut, mungkin kamu juga ingin menikmati kesegaran air melalui berbagai aktivitas air yang menyenangkan. Kamu bisa menikmati aktivitas air tersebut di Atlantis Ancol.

Atlantis Ancol adalah taman bermain air yang menyajikan berbagai slide dengan tingkat kecepatan dan tingkat kesulitan yang berbeda. Di sana juga terdapat kolam ombak yang memberikan sensasi seolah-olah Anda berada di tepi pantai.

Alamat: Atlantis Ancol Jln. Lodan Timur, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara

9. Pantjoran PIK

pantjoran pik
Source: Instagram/@pantjoranpik

Ingin menikmati suasana Pecinan sambil wisata kuliner? Nah, di Pantjoran PIK kamu bisa menemukan berbagai jajanan lezat mulai dari bakmi, kopi, bakpao, nasi hainan, dimsum, dan berbagai dessert yang menggugah selera. Kamu pun bisa mampir ke resto ayce di PIK biar perut kenyang!

Tidak hanya mencari jajanan, di sini juga banyak pertunjukan yang siap menghibur kamu, mulai dari barongsai, tai chi, hingga tarian seribu tangan.

Alamat: Pantjoran PIK, Pantai Indah Kapuk 2, Kamal Muara, Jakarta Utara

10. Tempat wisata di Jakarta Utara: Pantai Maju PIK

Mencari pantai di sekitar Jakarta Utara? Ada, dong! Kamu bisa mampir ke Pantai Maju di Pantai Indah Kapuk (PIK). Di sini, kamu bisa piknik, bersantai, jogging, hingga olahraga.

Tidak hanya laut dan pasir, terdapat pula area rerumputan dan pepohonan dengan suasana sejuk, cocok untuk kamu bersantai atau piknik. Buka setiap hari 24 jam, tidak ada tiket masuk ke sini alias gratis!

Alamat: Pantai Maju PIK, Jln. Pulau Untung, Pantai Indah Kapuk

Updated by Aziza


Itulah informasi tentang tempat wisata di Jakarta Utara yang bisa kamu kunjungi saat kamu ke wilayah tersebut. Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, tentunya akan memberikan kita pengalaman yang tak terlupakan.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare